Home / Gaya Hidup Sehat / Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anda

Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anda

Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan – Merokok merupakan sebuah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok disatu sisi memberikan kenyamanan bagi perokok tapi berbanding terbalik dengan keuntungan yang didapat.

Kebiasaan merokok dapat membunuh kita bahkan secara perlahan loh! Selain itu, merokok dapat menambah budget bulanan untuk membeli rokok dan lebih cenderung pemborosan.

Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anda
Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anda

Efek lain yang anda dapat adalah kecanduan dan susah untuk berhenti merokok. Oleh karena itu, kebiasaan merokok harus anda hindari karena sangat buruk untuk kesehatan anda. Berbagai penyakit akibat merokok sudah mengintai saat anda pertama kali menghisap batang rokok. Penyakit-penyakit tersebut bisa dikatakan bukan penyakit ringan bahkan penyakit berbahaya dan sangat mematikan sehingga alasan itulah anda harus secepat mungkin untuk berhenti merokok.

Namun, anehnya jumlah perokok saat ini semakin lama semakin bertambah. Banyaknya orang yang masih menyepelekan efek buruk yang dihasilkan dari  kebiasaan buruk ini. Selain dapat merugikan diri sendiri, ternyata merokok dapat memberikan dampak buruk terhadap orang lain. Asap yang dikeluarkan dari perokok dapat memberikan dampak buruk juga untuk perokok pasif.

Walau bagaimanapun juga, efek paling buruk tetap diperoleh para perokok aktif.  Dikarenakan dia menghirup dari asap rokok sendiri dan asap rokok yang sudah dikeluarkan dari mulutnya. Oleh sebab itu, perokok aktif tetap lebih parah dibandingkan perokok pasif.

Perlu anda ketahui, asap rokok mempunyai kandungan berbagai macambahan kimia.  Menurut penelitian, kandungan tersebut lebih dari 4000 bahan kimia yang mana  terdapat zat-zat yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Salah satu zat yang paling sering kita dengar adalah tar, nikotin dan karbonmonoksida. Makanya Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan sebaiknya Anda waspadai

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ini Fakta dan Bahaya Kebiasaan Kerokan Saat Masuk Angin

Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan ini berasal dari Asap rokok yang memiliki unsur racun dan dapat dikatakan bersifat genotoxic yang mana dapat menyebabkan rusaknya sel-sel DNA. Sehingga hal ini dapat membuat sel-sel menjadi bermutasi kemudian tidak dapat dikendalikan lagi dan dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Gangguan kesehatan dapat menyerang baik sang perokok dan orang lain. akibat efek asap rokok. Nah, berikut ini dampak buruk dari Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan, antara lain :

1.  Penyakit bronchitis

Bronkitis merupakan penyakit pernapasan yang mengalami infeksi peradangan saluran pernapasan paru-paru. Bisa juga dikarenakan bronchus yang memicu muncul nya radang atau terjadinya inflamasi disaluran pernapasan.

2.  Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Salah satu penyakit paru-paru yang tertular akibat percikan ludah, batuk, udara, bersin hingga asap rokok dari penderita TBC.  Biasanya penderita TBC mengalami batuk ringan dan berdahak namun tidak kunjung sembuh hingga 3 minggu lebih.

3. Penyakit asma

Penyakit ini dapat menyebabkan sang penderita penyakit asma sulit untuk bernapas akibat penyempitan pada saluran pernapasan terutama pada bagian pembuluh tenggorokan. Penyakit asma disebabkan dari alergi debu, perubahan suhu dan faktor keturunan. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asma sebaiknya untuk menghindari merokok.

4 Penyakit Kanker paru-paru

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan dan termasuk penyumbang kematian terbesar. Penyebab utama adalah asap rokok yang mempunyai ribuan zat beracun yang merusak sel-sel aktif sehingga bermutasi menjadi sel-sel kanker. Presentasi terkena penyakit kanker paru-paru lebih besar perokok aktif dibandingkan perokok pasif. Oleh sebab itu, stop kebiasaan merokok sekarang juga.

5. Penyakit Emfisema

Penyebab utama penyakit Emfisema adalah  asap rokok dan kurangnya enzim Alfa-1 yang membuat alveolus kehilangan sifat elastisannya sehingga para penderita penyakit emfisema memiliki ukuran vokume paru-paru yang lebih besar dari ukuran orang normal.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
15 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Ampuh

6. Penyakit jantung

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, penyakit jantung merupakan penyebab kematian manusia nomer satu didunia. Salah satu penyebab utama nya adalah karena kebiasaan merokok. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, rokok mengandung ribuan zat-zat bahan kimia diantaranya karbon monoksida pada asap rokok serta nikotin. Zat-zat tersebut dapat memicu resiko penggumpalan darah sehingga jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Selain itu, asap rokok dapat memicu muncul nya penyempitan pada arteri jantung yang rusak.

7.  Mengganggu pertumbuhan janin

Banyak sekali kasus mengenai bayi lahir premature akibat asap rokok yang dihirup oleh ibu hamil. Padahal mereka tidak pernah merokok dan termasuk perokok pasif. Asap rokok sangat berbahaya untuk ibu hamil karena dapat mengganggu perkembangan janin.

8.  Sindrom kematian pada bayi dan anak

Semua asap rokok sangat berbahaya apabila dihirup oleh bayi dan balita karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti bronchitis, asma, infeksi saluran pernafasan dan sebagainya.

Bahaya asap rokok lainnya seringkali kita temui pada perokok adalah sakit mata, sakit kepala, nafas pendek dan sebagainya. Setelah anda mengetahui semua bahaya asap rokok, alangkah baiknya untuk segera mengurangi dan sebisa mungkin untuk berusaha berhenti merokok.

Bagi anda yang tidak merokok, sebaiknya tidak mencoba-coba untuk merokok dan berusaha menjauhi dari lingkungan perokok karena sehat itu mahal harganya. Dan ingatlah pepatah ini “Lebih baik mencegah daripada mengobati“.

 

Check Also

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Tradisional

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar – Buang air besar atau BAB merupakan salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *