Home / Gaya Hidup Sehat / Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan

Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan

Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan | Air seni yang keluar dari tubuh kita terkadang memang bermacam-macam warnanya, namun banyak dari kita yang kurang memperhatikannya, atau meskipun melihatnya namun hanya mengbaikannya. Padahal air seni yang kita keluarkan dapat menjadi pertanda adanya masalah di dalam tubuh kita. Mengapa air seni itu dapat berubah warna? Didalam tubuh kita setiap harinya terjadi proses penyaringan zat-zat yang berasal dari segala makanan yang kita konsumsi.

Setiap ada sejumlah makanan yang masuk kedalam tubuh, maka secara langsung tubuh akan menyerap kandungan yang ada didalamnya.

Zat yang berguna bagi tubuh akan di proses dan untuk zat yang dianggap tidak berguna akan dibuang dalam bentuk urine, feses dan juga keringat. Namun ada saatnya tubuh tidak melakukan hal demikian, dalam kasus tertentu, tubuh justru akan membuang zat baik yang terkandung oleh makanan seperti protein, zat besi dan sebagianya.

Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan

Jika sampai ini terjadi zat baik tersebut akan ikut terbuang bersama dengan feses atau urine. Dan dari situlah akhirnya yang membuat wana urine atau bentuk feses menjadi tidak seperti biasanya atau tidak normal. Hal ini menjadi pertanda bahwa sebenarnya tubuh sedang mengalami suatu gangguan. Berikut penjelasan mengenai kesehatan tubuh yang dilihat dari warna urine yang kita keluarkan, dapat disimpulkan Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan, sebagai berikut.

Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan

  1. Urine Berwarna Kuning.

Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan yang pertama adalah warna kuning di urine kita. Terkadang sering terjadi kesalahan dengan munculnya warna air seni kita yang kuning. Perlu diketahui bahwa warna kuning pada urine dapat mengartikan beberapa kondisi kesehatan tubuh kita.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Agar Senantiasa Sehat

– Jika air seni berwarna kuning pucat, hal ini menandakan adanya kondisi tubuh yang stabil atau sehat.

– Jika air seni berwarna kuning gelap.

Maka kita perlu untuk sedikit untuk memperhatikan asupan cairan di dalam tubuh kita. Warna urin yang terlihat kuning gelap itu menandakan adanya kondisi tubuh yang sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga untuk bisa mengembalikan warna air seni yang sehat bisa dilakukan dengan lebih banyak menkonsumsi air putih.

Air seni yang berwarna kuning gelap juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu :

Pengaruh Makanan

Tidak hanya suplemen yang dapat membuat air seni menjadi kuning pekat, namun pengaruh beberapa makanan yang kita konsumsi juga bisa menimbulkan hal yang serupa. Jenis makanan seperti asparagus yang kita konsumsi akan membuat air kencing berwarna kuning pekat ataupun hijau. Selain itu, makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin C dan juga karoten juga bisa membuat air seni berwarna kuning gelap. Maka dari itu, hindari mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan agar tidak berdampak kurang baik untuk tubuh.

Penyakit Kuning

Salah satu jenis penyakit yang dapat dilihat dari adanya warna kuning pekat pada air seni yang kita keluarkan adalah penyakit kuning. Hal ini diperjelas lagi dengan adanya gejala lain yang muncul, karena penyakit kuning akan membuat warna kulit, dan mata kitapun ikut berubah menjadi kuning juga. Penyakit kuning disebabkan adanya akumulasi dari bilirubin dalam darah. Bilirubin merupakan suatu zat yang sudah tidak berguna yang berasal dari pemecahan sel darah merah yang telah menua.

Jika kondisi tubuh sedang sehat organ hati kita akan berusaha menetralkan bilirubin tersebut, akan tetapi jika kondisinya sedang melemah maka bilirubin ini akan menyebar dan akhirnya mengakibatkan penyakit kuning.

Akibat Mengkonsumsi Obat

Jika kita sedang aktif dalam mengkonsumsi obat ataupun suplemen, maka bisa membuat warna urine menjadi kuning gelap. Suplemen yang mengandung vitamin B kompleks termasuk salah satu yang dapat membuat urine menjadi kuning gelap. Hal ini terjadi akibat vitamin B kompleks merupakan zat yang larut dalam air, sehingga jika tubuh mendapat asupan vitamin B kompleks yang berlebihan maka secara langsung akan diekskresikan dan akirnya membuat urine berwarna kuning gelap atau pekat.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

Gejala Penyakit

Selain dari pengonsumsian makanan atau suplemen, ternyata warna kuning gelap pada urine yang kita keluarkan dapat mengindikasikan hal lain yaitu mengenai gejala dari suatu penyakit.

Adapun penyakit yang dapat membuat air seni berubah warna menjadi kuning gelap atau kuning pekat adalah :

Penyakit Anemia Hemolitik

Penyakit anemia hemilotik juga bisa mempengaruhi air seni menjadi kuning pekat. Anemia hemolitik terjadi akibat adanya masalah kerusakan sel darah merah yang disebabkan oleh keterlambatan sumsum tulang belakang dalam mereproduksi  sel darah merah yang akhirnya menimbulkan penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

  1. Urine Berwarna Bening.

Warna Urine sebagai Indikasi Gangguan Kesehatan yang ke dua adalah Urine yang berwarna Bening. Warna urine yang bening dapat menjadi pertanda adanya pertanda :

– Tubuh yang Sehat.

Jika kita mendapati air seni yang kita keluarkan berwarna bening  itu bisa menjadi indikasi bahwa tubuh kita dalam kondisi yang sehat. Selain itu jika air seni yang dihasilkan berwarna bening, maka itu berarti tubuh mendapatkan cairan yang cukup.

– Keracunan Air.

Namun kita juga harus mengetahui hal lain dari keluarnya air seni yang berwarna bening. Hal ini dapat menandakan adanya tubuh terlalu banyak mendapat asupan cairan atau kita terlalu banyak minum. Hal ini dapat mengakibatkan masalah keracunan air. Untuk itu jangan berlebihan dalam mengkonsumsi air putih meskipun tidak ada efek berbahayanya, namun semua yag berlebihan itu tidaklah baik untuk tubuh.

  1. Urine Tidak Memiliki Warna.

Jika sampai hal ini terjadi, maka kita harus sangat waspada, karena dengan adanya air seni yang tidak memiliki warna sama sekali bisa menandakan kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit parah yaitu :

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional Tanpa Obat

– Diabetes.

Urine yang terlihat sangat bening atau sangat jernih bisa mengindikasikan bahwa tubuh sedang menghadapi masalah kelebihan kadar gula dalam darah atau disebut dengan diabetes. Hal ini disebabkan karena dalam kondisi tubuh yang terserang diabetes, biasanya akan sangat sering merasa kehausan, dan secara otomatis akan membuat kita akhirnya banyak minum dan juga sering untuk buang air kecil.

  1. Urine Berwarna Oranye.

Warna urine yang berubah menjadi oranye bisa dikarenakan oleh beberapa sebab yaitu :

– Adanya kemungkinan tubuh mengalami dehidarasi.

– Pengonsumsian obat antiinflamasi dan yang mengandung vitamin B kompleks.

– Mengkonsumsi jus wortel yang berebihan.

  1. Urine Berwarna Merah Atau Pink.

– Pengonsumsian buah semangka, buah naga atau buah arbei dalam jumlah yang cukup banyak.

– Mengkonsumsi obat antibiotik.

  1. Urine Berwarna Kuning Kecoklatan.

Urine yang berwarna kuning kecoklatan dapat terjadi karena beberapa hal yaitu :

– Makanan seperti kacang-kacangan.

– Obat-obatan seperti antibiotik dan obat malaria.

Itulah tadi penjelasan mengenai warna urine yang dapat menjadi adanya indikasi adanya gejala penyakit dan terkait langsung dengan masalah kesehatan tubuh kita.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Cara ampuh menjalani pola hidup yang sehat dan benar

Pola hidup sehat dan benar yang akan mengubah Gaya Hidup Anda

Cara ampuh menjalani pola hidup sehat dan benar Pola hidup sehat dan benar – Setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *