Home / Gaya Hidup Sehat / Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Agar Senantiasa Sehat

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Agar Senantiasa Sehat

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran

Manusia dibekali Tuhan untuk menunjang kehidupan sehari – harinya dengan lima indera, salah satunya adalah indera pendengaran. Tentunya kontribusi indera pendengaran dalam kehidupan sangat besar karena itu Anda harus menjaga indera pendengaran tersebut dengan sebaik mungkin.

Bayangkan saja bagaimana hidup Anda nantinya jika indera pendengaran tidak bisa berfungsi secara optimal! Tentunya dunia akan hampa karena riuh indah dari dunia ini tidak bisa Anda dengar. Selain itu suara alunan musik, juga tidak bisa menjadi penghias hidup Anda! Bahkan yang paling parah interaksi Anda dengan sesamanya juga akan terganggu hingga berakhir Anda akan merasa sangat sei hidup di dunia ini Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada hidup Anda bukan? Karena itu Anda harus senantiasa menjaga kesehatan indera pendengaran Anda. Dan disini kita akan sama – sama cari tahu seperti apa cara jitu dalam menjaga kesehatan pendengaran. Langsung saja yuk simak informasinya berikut ini!

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran

Ada beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pendengaran. Beberapa tips jitu menjaga kesehatan pendengaran tersebut diantaranya :

Gunakan Penyumbat Telinga

Semakin bising suara yang menerpa telinga Anda, maka kemungkinan ada suara yang merusak pendengaran juga akan semakin besar. Karena itu Anda harus berusaha melindunginya supaya potensi kerusakan telinga bisa teratasi. Upayakan Anda lindungi telinga menggunakan penyumbat atau penutup telinga dan upayakan Anda segera menjauh dari penyebab kebisingan tersebut supaya kesehatan telinga Anda akan terjaga.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Pilih Alat Terbaik

Anda ingin mendengarkan musik dengan earphone atau headphone? Jika memang Anda ingin menggunakan earphone atau headphone dalam mendengarkan musik, upayakan Anda pilih earphone dan juga headphone dengan kualitas terbaik. Pilih juga alat yang memiliki teknologi noise cancelling dan jangan pilih earphone dengan penutup karena ini akan menyebabkan Anda ingin meningkatkan volume yang jika kondisi ini dipaksakan terus menerus maka tentunya pendengaran akan rusak.

Biarkan Telinga Beristirahat

Mungkin Anda salah satu orang yang hobi sekali untuk mendengarkan musik dengan alat earphone atau headphone? Jika memang iya, Anda upayakan jangan lakukan ini terus menerus. Biarkan sekali waktu telinga Anda beristirahat dan gunakan earphone tersebut hanya ketika Anda butuhkan saja. Jadi dengan demikian istirahatnya telinga akan maksimal. Dan kalau mungkin Anda memang ingin mencoba mengecilkan volume MP3, jangan dengarkan musik MP3 dalam volume yang tinggi. Jangan sampai suara yang dikeluarkan oleh earphone terdengar keluar karena gendang telinga Anda akan mengalami kerusakan. Dan bagi Anda yang memang hobi mendengarkan musik dengan earphone, perhatikan kualitas earphone Anda. Jika memang earphone Anda sudah rusak maka upayakan langsung Anda ganti earphone Anda tersebut. Dan ketika suara yang dikeluarkan earphone terasa mengganggu telinga Anda, suara yang terlalu keras juga bisa merusak telinga Anda.

Gunakan Teknologi

Nah, ada satu trik lagi bagi Anda yang suka mendengarkan musik lewat MP3, kalau memang Anda ingin membeli sebuah MP3 yang harus Anda pilih adalah MP3 yang didalamnya memiliki fitur smart volume. Fitur smart volume unu nantinya akan mengingatkan Anda untuk menjaga ketinggian volume musik jika memang musik ini nantinya terlalu kencang.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara diet golongan darah O yang wajib kita ketahui

Jangan Lupa Bersihkan Telinga

Pada setiap beberapa hari, Anda jangan lupa bersihkan telinga. Bersihkan mulai daun telinga sampai kotoran yang ada di telinga. Tetapi ingat! Dalam membersihkan telinga jangan memasukkan benda keras ke dalam telinga. Gunakan cuttonbath lembut tetapi jangan bersihkan telinga terlalu dalam karena takutnya melukai komponen dalam organ telinga Anda.

Jangan Tunda!

Ketika Anda sudah mulai merasakan bahwa ada yang tidak beres dengan kemampuan pendengaran Anda, maka upayakan Anda langsung periksakan ke dokter. Jangan Anda menunggu sampai parah atau menunda – nunda lagi. Lebih cepat diketahui maka kelainan akan lebih cepat dirawat dan disembuhkan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan mengenai Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan jaga selalu kesehatan telinga Anda sedari sekarang!

Check Also

Cara ampuh menjalani pola hidup yang sehat dan benar

Pola hidup sehat dan benar yang akan mengubah Gaya Hidup Anda

Cara ampuh menjalani pola hidup sehat dan benar Pola hidup sehat dan benar – Setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *