Home / Penyakit / Hepatitis / Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah Yang Betul-Betul Harus Diketahui Dan Diwaspadai

Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah Yang Betul-Betul Harus Diketahui Dan Diwaspadai

Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah Yang Betul-Betul Harus Diketahui Dan Diwaspadai

Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah tidak hanya wajib diketahui oleh si penderitanya namun juga oleh kita yang tidak terkena penyakit tersebut agar kita bisa melakukan antisipasi sedini mungkin dan juga supaya tidak timbul penyesalan di kemudian hari.

Sudah lama sekali kita mendengar tentang suatu penyakit yang bernama penyakit liver. Sebatas yang kita tahu penyakit liver ini termasuk ke dalam kategori penyakit yang sifatnya berat, yang sangat berbahaya. Penyakit yang begitu menakutkan. Harus diatasi dengan segera dan dengan cara yang paling tepat. Kalau terlambat dan salah penanganannya bisa menyebabkan kematian bagi si pasien.

Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli di bidang medis, penyakit liver ini merupakan deretan penyakit yang bisa membuat penderitanya menemui ajalnya. Jika bisa diurutkan maka penyakit liver adalah penyakit nomor tujuh yang menjadi penyebab penderitanya kehilangan nyawanya. Berada di nomor satu adalah penyakit jantung. Yang menempati urutan berikutnya adalah penyakit kanker.

Memang kenyataan yang ada membuktikan bahwa penyakit liver masuk ke dalam golongan penyakit yang harus mendapatkan penanganan secara serius, tidak bisa setengah-setengah dan juga tidak bisa dipandang remeh atau sebelah mata.

Sesuai dengan nama penyakitnya yakni penyakit liver maka organ tubuh yang diserang atau terkena masalah adalah bagian liver atau hati. Tidak seperti penyakit yang menyerang organ tubuh lainnya seperti penyakit hepatitis A atau penyakit hepatitis B yang masih bisa dicegah kedatangannya, penyakit liver ini muncul tanpa kita duga-duga. Tahu-tahu kita divonis oleh dokter menderita penyakit liver.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Diet Sehat Pasca Melahirkan Secara Alami Tanpa Obat

Ada beberapa hal atau faktor yang membuat seseorang bisa terserang penyakit liver. Faktor-faktor penyebabnya di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Karena menganut gaya hidup yang tidak baik. Seperti misalnya masih belum bisa meninggalkan kebiasaan buruknya menghisap rokok. Atau masih saja menenggak minuman yang mengandung alkohol.
  • Karena menganut pola makan yang tidak sehat. Masih suka dan kerap menyantap makanan yang tidak ada kandungan gizinya sama sekali serta jorok, contohnya seperti junk food.
  • Karena terlalu sering minum obat-obatan kimia yang pada akhirnya merusak organ tubuh livernya.
  • Karena masih belum bisa menerapkan pola makan secara teratur. Makanan yang masuk ke dalam tubuh terkadang merupakan makanan yang asal makan, tidak terkandung unsur vitamin di dalamnya. Tidak ada keseimbangan antara makanan yang sehat dengan junk food. Porsinya malah lebih banyak junk foodnya.

Penyakit liver sebenarnya sudah bisa dideteksi dari awal oleh orang awam sekalipun walaupun pada akhirnya tetap harus memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter ahli yang sangat berpengalaman di bidangnya. Gejala-gejala atau tanda-tanda yang ada di bawah ini bisa menjadi petunjuk awal seseorang terdeteksi penyakit liver :

  • Pada organ penglihatan dan organ peraba, yakni mata dan kulitnya akan timbul warna kekuningan. Secara mendadak kedua bagian tersebut berubah warnanya menjadi kekuning-kuningan.
  • Di bagian pencernaannya terutama sekali di organ perutnya akan terasa sakit serta akan mengalami pembengkakan.
  • Pembengkakan juga akan terjadi pada bagian kaki, yang sering terlihat sangat bengkak adalah bagian pergelangan kakinya.

Beberapa gejala yang ada di atas tadi baru merupakan sedikit dari banyaknya gejala yang ada namun sudah bisa menjadi pembuktian awal bahwa itu merupakan Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah yang harus kita cermati dengan seksama dan harus kita tindak lanjuti dengan sesegera mungkin.

Beberapa Tanda Yang Bisa Menjadi Petunjuk Dari Suatu Penyakit Liver Yang Sudah Parah

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis E Yang Wajib Anda Ketahui

Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah harus mendapatkan perhatian kita secara serius, bukan hanya wajib diketahui oleh penderitanya. Hal ini disebabkan karena seperti yang sudah diulas pada pembahasan sebelum ini bahwa penyakit liver merupakan salah satu jenis penyakit yang begitu mengerikan. Sewaktu-waktu, lambat laun penyakit liver ini bisa mengambil nyawa penderitanya.

Jadi mau tidak mau demi menyelamatkan jiwa si pasien penyakit liver harus mendapatkan penanganan dengan tepat, dengan cara yang paling ampuh, paling efektif dan sudah pasti juga diatasi dengan cara yang paling aman, yang tidak akan sampai mendatangkan efek samping yang lebih berbahaya lagi.

Karena penyakit liver tergolong ke dalam penyakit yang sangat mematikan maka kita yang masih sehat, yang masih belum terkena wajib mengetahui beberapa gejala yang bisa menjadi petunjuk seseorang terdeteksi menderita penyakit liver. Bisa menjadi pegangan bagi kita untuk lebih berhati-hati lagi dan meningkatkan kewaspadaan dalam hal menjaga kesehatan tubuh.

Di atas tadi sudah diperlihatkan beberapa gejala yang pada umumnya muncul pada seseorang yang terdeteksi terkena penyakit liver. Berikut ini kita bisa melihat gejala-gejala yang lain yang tidak kalah pentingnya yang wajib kita ketahui. Gejala-gejala lainnya tersebut antara lain :

  • Gatal-gatal akan dirasakan pada sekujur tubuh.
  • Merasakan keletihan teramat sangat, begitu lelah.
  • Kerap mengalami mual-mual, bahkan sering disertai dengan muntah secara terus-menerus.
  • Kotoran atau fesesnya secara tiba-tiba berubah warnanya, menjadi pucat, ada kalanya terdapat darah yang mengucur dari tempat dikeluarkannya tinja tersebut.
  • Tubuh seseorang yang kemungkinan terdeteksi menderita penyakit liver gampang sekali rapuh, memar-memar atau terlihat seperti memar sangat mudah dijumpai pada tubuhnya.
  • Selera makannya berkurang secara drastis sehingga dampak samping karena kehilangan nafsu makannya tersebut berakibat kepada bobot tubuhnya yang turun secara tajam.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Secara kasat mata gejala-gejala atau tanda-tanda di atas tersebut bisa dilihat oleh semua orang. Pada umumnya orang-orang hanya akan melihat bahwa orang yang terdeteksi terserang penyakit liver mengalami perubahan pada bentuk tubuhnya, pada organ-organ yang ada pada tubuhnya. Yang mengalaminya sendiri akan merasakan daya tahan tubuhnya yang terus mengalami penurunan.

Dengan melihat kenyataan di atas memang sudah terbukti bahwa penyakit liver merupakan penyakit  yang menjadi momok menakutkan bagi yang mengalaminya. Oleh karena itulah kita yang masih dikaruniai kesehatan ini harus berusaha semaksimal mungkin untuk menangkal datangnya penyakit liver tersebut. Cara-cara pencegahannya adalah :

  • Dengan selalu menjalankan gaya hidup yang sehat. Jauhi rokok dan janganlah menenggak minuman keras.
  • Pola makan harus diatur dengan lebih baik lagi. Perbanyaklah menyantap makanan yang bergizi dan hindari makanan yang kurang higienis dan kurang sehat.
  • Sebisa mungkin jangan terlalu sering minum obat-obatan kimia, kalau tidak sangat terpaksa. Jika perlu pakailah pengobatan herbal, pengobatan yang menggunakan cara alami, secara tradisional. Pemakaian obat-obatan kimia yang terlalu sering dan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan kerusakan pada liver.
  • Jangan sama sekali terpancing atau tergoda untuk menggunakan obat yang dilarang untuk dikonsumsi. Di samping ilegal juga sangat buruk efeknya bagi kesehatan organ tubuh liver kita.

Demikian tadi pembahasan mengenai penyakit liver serta Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah, yang bisa kita cermati dengan sungguh-sungguh supaya bisa diambil tindakan yang paling maksimal.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Penyakit Hepatitis Dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis Dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis Dan Pengobatannya – Penyakit hepatitis merupakan salah satu penyakit yang biasanya menyerang hati. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *