Home / Penyakit / Anemia / Tanda-Tanda Kurang Darah Yang Kadang-kadang dianggap sepele

Tanda-Tanda Kurang Darah Yang Kadang-kadang dianggap sepele

Tanda-Tanda Kurang Darah – Kurang darah atau dalam ilmu medis disebut dengan anemia merupakan salah satu kondisi dimana seseorang kekurangan jumlah sel darah merah atau hemoglobin yang ada didalam tubuh. jenis anemia yang paling sering terjadi ialah anemia defisiensi besi yang terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Zat besi tersebut sangat diperlukan dalam membentuk hemoglobin untuk bisa membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tanda-Tanda Kurang Darah

Tanda-Tanda Kurang Darah Yang Kadang-kadang dianggap sepele

Kurang darah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor genetik atau keturunan, menstruasi pada wanita, kehamilan, kurangnya asupan makanan yang memiliki kandungan zat besi,  kekurangan darah yang disebabkan adanya pendarahan, kelelahan, stres serta pola hidup yang tidak sehat. Kurang darah atau anemia ini tidak bisa dianggap sepele karena selain dapat mengganggu kenyamanan dan menurunkan produktifitas penderitannya. Kurang darah juga bisa menjadi pertanda awal munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya seperti hepatitis, leukemia, gagal ginjal, thalasemia dan deman berdarah.

Meskipun begitu masih banyak sekali orang yang belum memahami tanda tanda kurang darah sehingga mereka tidak menyadari jika dirinya sedang berada didalam kondisi yang tidak bisa dikatakan baik. Hal ini jugalah yang menyebabkan produktifitas di dalam pekerjaan menjadi menurun tanpa anda sadari. Pada umunya gejala yang sering timbul akibat kekurangan darah ini ialah tubuh lelah dan terlihat pucat. Tubuh yang mengalami kelelahan ini merupakan salah satu tanda jika sedang terjadi kesulitan pada darah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, tubuh yang akan terasa lelah ini juga merupakan sebuah tanda pada umumnya jika anda sedang kekurangan zat besi.

Selain itu, jika kulit tampak pucat berbarti tubuh kekurangan hemoglobin. Hemoglobin merupakan zat yang dapat memberikan efek pada kulit sehingga berwarna kemerahan. Bagian kulit yang paling terlihat apabila anda kekurangan darah ialah di area sekitar kelopak mata bagian bawah. Sebuah hasil riset mengatakan jika penyakit anemia ini lebih sering diderita oleh kalangan wanita. Hal ini dikarenakan faktor hormonal pada saat wanita sedang hamil ataupun haid. Penyakit anemia ini memang tidak bisa dianggap sepela maka dari itu anda harus mengetahu tanda-tanda anemia ini sedini mungkin agar bisa segera mengatasinya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan dipaparkan beberapa hal mengenai Tanda-Tanda Kurang Darah yang jarang anda ketahui secara umum, yaitu :

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Penyakit Hepatitis Fulminan Yang Wajib Anda Ketahui

Sering Mengalami Infeksi

Di dalam tubuh terdapat salah satu organ yang disebut limpa yang berguna untuk membantu memerangi infeksi. Ketika tubuh kekurang sel darah merah maka akan menyebabkan tubuh mengurasi pasokan oksigen ke limpa sehingga mengakibatkan limpa tidak bisa bekerja secara baik ataupun optimal. Selain itu, juga ada organ tubuh lainnya yang juga berhubungan dengan infeksi yakni kelenjar getah bening. Kelenjar bentah bening merupakan sebuah tempat untuk sel darah putih yang digunakan sebagai tameng dalam memerangi infeksi. Maka dari itu, jika tubuh kekurang zat besi dapat mengakibatkan pasokan oksigen yang dibawa ke organ kelenjar getah bening menjadi tidak tercukupi. Hal inilah yang membuat kualitas sel darah putih tidak sempurnah meskipun sel darah putih tetap diproduksi. Apabila hal ini terjadi maka tubuh anda akan lebih mudah untuk terserang infeksi, oleh sebab itulah zat besi sangat diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Jantung Berdebar-Debar

Palpitasi atau jantung berdebar-debar merupakan salah satu tanda-tanda anda kekurangan darah. Hal inilah disebakan karena respon dari organ jantung untuk bisa meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sehingga membuat organ jantung akan berdetak lebih cepat dibandingkan biasanya dengan irama yang tidak teratur pula. Kondisi ini juga bisa menimbulkan getaran atau tremor pada penderitanya terutama sekali pada bagian tangan saat memegang sebuah benda.

Sering Sakit Kepala

Sakit kelapa diakibatkan karena bagian otak mengalami kekurangan oksigen. Kurangnya oksigen ini disebabkan karena kurangnya zat besi yang ada didalam tubuh. Kondisi ini memang sangat sering dirasakan oleh penderita anemia, terutama sekali pada saat bangun tidur. Selain itu, sakit kepala ini juga bisa terjadi secara tiba-tiba dan kapan saja, apalagi saat anda mengalami lelah atau capek dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Pada umumnya gejala sakit kepala ini akan bersamaan dengan mual dan muntah. Gejala anemia yang ini memang sangatlah mengganggu anda apalagi saat anda sedang menjalankan aktifitas sehari-hari.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Penyakit Hepatitis Fulminan Yang Wajib Anda Ketahui

Mengalami Sindrom Restless Leg

Kaki gelisah atau sindrom restless leg ini bisa dialami oleh sebagian orang yang kekurangan zat besi. Ketika orang mengalami sindrom ini maka akan menyebabkan adanya sebuah getaran yang menjalar di bagian kaki, getaran tersebut hampir menyerupai aliran listrik. Hal inilah yang membuat para penderita anemia memiliki dorongan untuk selalu menggerakkan kaki layaknya seperti orang yang tengah gelisah.

Lidah Menjadi Bengkak

Apabila tubuh kekurangan darah maka akan membuat organ-organ yang ada didalam tubuh mengalami kekurangan oksigen. Kondisi inilah yang bisa membuat otot-otot yang ada di di seluruh bagian tubuh mengalami pembesaran, termasuk otot lidah. Oleh sebab itulah, apabila hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan lidah mengalami pembengkakan sehingga menimbulkan rasa yang sangat sakit. Selain itu, jika tubuh kekurangan darah yang disebabkan kurangnya zat besi maka bisa menimbulkan retak-retak pada bagian mulut anda.

Mengalami Rambut Rontok

Pada umumnya rambut yang rontok sebanyak 100 helai per hari memang masih dianggap dalam kategori wajar. Akan tetapi jika rambut yang rontok sangat berlebihan dan tidak kunjung tumbuh kembali maka ada kemungkinan tubuh anda mengalami kurang zat besi. Karena ketika tubuh kekurangan zat besi akan menyebabkan oksigen yang menuju folikel rambut tidak tercukupi kebutuhannya yang baik. Oleh sebab itulah, rambut menjadi rontok dan tidak bisa tumbuh kembali. Meskipun begitu, anda tidak perlu terlalu khawatir karena jika zat besi yang ada di tubuh sudah tercukupi kembali maka anda bisa terbebas dari anemia sehingga rambut bisa tumbuh kembali.

Sesak Napas

Tanda-Tanda Kurang Darah selanjutnya ialah sesak napas. Apabila anda menderita anemia maka akan membuat anda mengalami sesak nafas. Kondisi ini bisa terjadi jika tubuh kekurangan zat besi sehingga dapat menurunkan konsentrasi oksigen pada seluruh jaringan dan organ didalam tubuh, termasuk organ paru-paru. Pada umumnya gejala yang terjadi pada anemia ini akan semakin parah apabila terlalu lama dibiarkan dan juga dapat berakibat fatal karena bisa mengancam nyawa penderitanya.  Maka dari itu, apabila anda mengalami gejala seperti ini sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter ataupun ke sarana pelayanan kesehatan terdekat untuk bisa memperoleh bantuan oksgen eksternal.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Penyakit Hepatitis Fulminan Yang Wajib Anda Ketahui

Itulah beberapa ulasan mengenai Tanda-Tanda Kurang Darah yang harus anda ketahui. Semoga apa yang telah dipaparkan diatas dapat menambah wawasan dan berguna bagi anda yang sedang mencari tahu mengenai Tanda-Tanda Kurang Darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *