Home / Cantik dan Sehat Alami / Penyebab Rambut Rontok Parah Secara Berlebihan Pada Wanita

Penyebab Rambut Rontok Parah Secara Berlebihan Pada Wanita

Penyebab Rambut RontokPenyebab rambut rontok harus diketahui sejak dini, karena kerontokan rambut merupakan masalah yang sangat mengganggu. Pemicu rambut rontok pada umumnya cukup beragam. Hampir setiap orang pernah mengalami hal ini. Baik orang dewasa maupun anak-anak, semuanya memiliki resiko yang sama. Pada dasarnya kerontokan rambut merupakan hal normal bila jumlahnya sedikit.

Akan tetapi, bila rambut yang rontok sudah berlebihan maka bisa mengakibatkan kebotakan. Kerontokan rambut yang berlebihan bisa menurunkan rasa percaya diri pada seseorang. Kerontokan rambut ini kerap dialami oleh para wanita. Anda harus segera mencari obat penumbuh rambut alami untuk mengatasi kerontokan rambut tersebut. Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat menjadi pemicu rontoknya helaian rambut anda.

Penyebab Rambut Rontok Parah Secara Berlebihan Pada Wanita

  1. Kehamilan Dan Persalinan

Dalam masa kehamilan atau sehabis melahirkan, banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut. Bahkan kerontokan ini terjadi dengan jumlah yang sangat banyak. Sehabis melahirkan, 3 bulan berikutnya akan nampak terlihat rontoknya helaian rambut yang cukup parah. Pemicu kerontokan rambut pada wanita ini merupakan proses alami, sampai beberapa bulan, dan setelah itu rambut akan pulih serta tidak akan rontok lagi. Bila masih ada yang rontok maka dalam jumlah yang tidak banyak.

  1. Masalah Emosional

Masalah stress atau emosional merupakan salah satu pemicu rontoknya rambut yang kerap dialami seseorang. Bila seorang yang mempunyai masalah emosional dapat mengalami tekanan atau stress. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu rontoknya rambut secara berlebihan.

  1. Obat-obatan

Pemicu lain rontoknya rambut yang cukup parah adalah karena pengaruh dari obat-obatan. Walaupun tak semua obat-obatan bisa memicu masalah ini. Tetapi, ada beberapa yang mempunyai efek samping yang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Rontoknya rambut akan terhenti bila konsumsi obat-obatan tersebut juga diberhentikan. Jenis obat-obatan yang dapat memicu kerontokan rambut seperti, obat yang terlalu banyak kandungan vitamin A, pengencer darah, obat asam urat, kontrasepsi, obat antidepresan, dan obat kemoterapi.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah Paling Mujarab Tanpa Efek Samping

 Pertumbuhan Rambut Tidak Seimbang

Pertumbuhan rambut dalam kondisi normal sekitar 1 inch tiap bulannya. Namun pertumbuhan rambut ini bisa berbeda, bergantung pada hormon orang tersebut. Salah satu pemicu parahnya kerontokan rambut yaitu karena hormon androgen. Karena proses pertumbuhan rambut yang tak normal, maka rambut bisa mengalami kerontokan dalam jumlah yang lumayan banyak.

  1. Gangguan Hormon

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa gangguan hormon androgen bisa memicu kerontokan rambut yang lumayan parah. Disamping masalah hormon androgen, gangguan hormon estrogen juga merupakan salah satu pemicu parahnya kerontokan rambut. Hal ini karena saat tiroid terlalu aktif atau sama sekali tidak aktif. Hal inilah yang memicu rontoknya rambut yang cukup parah.

  1. Infeksi

Infeksi pada kulit kepala bisa menjadikan rambut menjadi rontok. Untuk menghindari kerontokan rambut ini, Anda bisa memakai anti jamur kerontokan. Dengan memakai obat anti jamur ini maka kerontokan rambut anda dapat segera dihentikan.

  1. Penyakit

Ada berbagai macam penyakit yang bisa memicu rontoknya rambut yang cukup parah. Pemicu rambut rontok yang berlebihan ini salah satunya karena penyakit kronis. Diantaranya adalah penyakit diabetes dan penyakit lupus. Kedua jenis penyakit ini bisa menjadikan rambut Anda mengalami kerontokan dalam jumlah yang banyak.

  1. Kekurangan Gizi dan Vitamin

Pada umumnya ini terjadi pada orang yang melaksanakan program diet yang cukup ketat. Hal ini berimbas pada tubuh yang mengalami kekurangan vitamin dan gizi. Sehingga berdampak buruk pada kesehatan rambut. Rambut akan gampang rontok, dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk mengatasi hal ini tentu anda harus memenuhi asupan vitamin dan gizi anda sehari-hari, cukup asupan makanan sebagai obat penumbuh rambut alami untuk mengatasi kerontokan rambut.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ingin Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up? Ini Rahasianya

Demikianlah beberapa penyebab rambut rontok secara berlebihan, yang harus kita hindari. Pada dasarnya, kerontokan rambut hampir semua orang pasti mengalaminya. Hal ini dianggap wajar bila jumlahnya masih sedikit. Namun, bisa berdampak pada kebotakan bila sudah tergolong parah. Semoga kita dapat menghindari apa yang menjadi pemicu kerontokan rambut yang parah, dan semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

13 Cara Memutihkan Kulit secara Alami dengan Ampuh

Kulit yang berseri tidak lagi menjadi suatu keharusan bagi perempuan, namun juga bagi laki-laki. Banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *