Home / Penyakit / Hepatitis / Penyebab Dan Tanda – Tanda Orang yang Terserang Penyakit Liver

Penyebab Dan Tanda – Tanda Orang yang Terserang Penyakit Liver

Penyebab Dan Tanda – Tanda Orang yang Terserang Penyakit Liver – Didalam tubuh manusia terdapat banyak organ penting yang tentunya organ penting tersebut harus terjaga kesehatannya. Salah satu organ penting tersebut yang kesehatannya harus senantiasa terjaga yaitu hati.

Hati punya banyak fungsi salah satunya adalah menyaring racun – racun didalam tubuh yang bisa masuk karena makanan dan sebagainya. Karena itu jika hati mengalami masalah tentunya fungsi hati sebagai penyaring racun tidak akan bisa berfungsi optimal dan jika fungsi hati sebagai penyaring racun sudah tidak bisa berfungsi secara optimal bisa dipastikan bahwa akan menumpuk racun – racun didalam tubuh Anda yang nantinya membuat tubuh Anda terserang penyakit liver.

Tanda Orang yang Terserang Penyakit Liver

Penyakit liver ini merupakan salah satu penyakit yang begitu mematikan. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Karena itu Anda harus tahu penyebab dan Tanda – Tanda Orang yang Terserang Penyakit Liver. Berikut ini informasinya khusus untuk Anda!

Penyebab Penyakit Liver  

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit liver. Beberapa faktor penyebab penyakit liver tersebut diantaranya yaitu :

Penyakit Liver Karena Virus

Virus dapat menyerang hati dan menginfeksi hati, kejadian ini dapat menimbulkan terjadinya radang hati sehingga fungsi hati seperti membantu mencerna makanan dan jugaa membersihkan racun tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Virus hati ini bisa dikategorikan dalam beberapa posisi diantaranya hepatitis A, B dan juga C. Virus yang mengakibatkan penyakit hepatitis A biasanya menimbulkan terjadinya hepatitis akut yang tidak bisa dikenali sampai 2 hingga 6 minggu. Ini yang membuat virus hepatitis A ini lebih berbahaya dibandingkan dengan virus hepatitis B dan juga C.

Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Penyakit Hepatitis Dan Pengobatannya

Anda juga bisa terserang penyakit liver karena adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh Anda. Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada bagian tertentu dalam tubuh atau autoimun dapat mengakibatkan penyakit liver. Contohnya seperti hepatitis autoimun, primary biliary cirrhosis dan juga primary sclerosing cholangitis.

Genetika Atau Keturunan

Sifat dari penyakit hati ini bisa menular dalam aliran darah karena itu penyakit hati atau liver ini bisa terjadi karena faktor keturunan atau genetika. Gen abnormal yang diperoleh dari salah satu orang tua atau garis keturunan memiliki penyakit hati yang beresiko untuk menularkannya dan dapat menyebabkan hati mengalami kerusakan. Contoh dari penyakit hati atau liver yang terjadi karena faktor keturunan diantaranya hemochromatosis, hyperoxaluria dan oxalosis serta juga penyakit wilson.

Penyakit Liver Karena Kanker

Penyakit hati juga bisa terjadi karena penyakit kanker yang diderita. hal ini karena ganasnya kanker tersebut membuat fungsi hati akan berkurang sangat cepat dan tidak bisa melakukan tugas sebagaimana mestinya. Penyakit liver yang terjadi karena kanker diantaranya kanker hati, kanker saluran empedu, kanker hati adenoma dan sebagainya.

Tanda – Tanda Seseorang Terserang Penyakit Liver

Selain beberapa sebab diatas, penyakit liver juga bisa terjadi karena gaya hidup seperti penggunaan alkohol dan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda. Tanda – tanda dari gejala penyakit liver berbeda – beda namun secara umum tanda – tanda penyakit liver ini bisa membantu Anda mengurangi resiko yang jauh lebih berbahaya.

Beberapa tanda bahwa seseorang terserang penyakit liver diantaranya :

  • Kulit dan mata yang muncul kekuningan
  • Nyeri perut dan terjadinya pembengkakan
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kulit yang terasa gatal
  • Warna urin yang terasa gelap
  • Warna tinja yang pucat dengan disertai keluarnya darah dalam tinja
  • Rasa lelah yang sangat kronis
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kulit cenderung mudah memar dan masih banyak lagi.
  • Bahkan pada kondisi yang akut, mereka yang terserang penyakit liver memiliki daya tahan tubuh yang berkurang drastis seperti ketika seseorang terkena gejala penyakit jantung.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gejala Penyakit Hepatitis B Dan Pengobatannya Yang Wajib Anda Ketahui

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda mengenai Penyebab Dan Tanda – Tanda Orang yang Terserang Penyakit Liver. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Dan jaga selalu kesehatan Anda serta kesehatan hati Anda supaya penyakit liver jauh – jauh dari hidup Anda.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Gejala Penyakit Hepatitis B Dan Pengobatannya

Gejala Penyakit Hepatitis B Dan Pengobatannya Yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Penyakit Hepatitis B Dan Pengobatannya Yang Wajib Anda Ketahui! Gejala Penyakit Hepatitis B Dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *