Home / Penyakit / Hepatitis / Penyakit dan Gangguan pada Hati, Penyebab dan Tindakan Pencegahannya

Penyakit dan Gangguan pada Hati, Penyebab dan Tindakan Pencegahannya

Penyakit dan Gangguan pada Hati, Penyebab dan Tindakan Pencegahannya

Penyakit dan Gangguan pada Hati ada bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga parah. Hati atau liver adalah organ tubuh yang paling penting karena dapat menjaga kelangsungan hidup manusia.

Hal itu berkaitan dengan fungsi utamanya, yaitu membuang racun dari dalam tubuh, membantu produksi sel darah merah dan membersihkan serta menyaring darah. Selain itu, hati bisa memilih dan menyimpan vitamin tertentu pada sistem pencernaan, mengontrol metabolisme lemak dan kolesterol serta mengatur hormon dalam tubuh.

Penyakit dan Gangguan pada Hati

Hati adalah salah satu organ tubuh yang berwarna merah, dimana memiliki keistimewaan dibanding organ lainnya, yakni apabila terluka bisa pulih dengan sendirinya. Tapi, bagaimana bila hati terkena penyakit yang berbahaya, seperti liver? Penyakit tersebut mengakibatkan penurunan fungsi hati karena virus. Liver merupakan Penyakit dan Gangguan pada Hati yang cukup parah, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Macam-macam Penyakit Hati

Ada bermacam-macam Penyakit dan Gangguan pada Hati yang harus Anda ketahui supaya lebih waspada, seperti:

  1. Hepatitis. Penyakit hepatitis terbagi menjadi beberapa macam, yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. Di antara semuanya, hepatitis B merupakan penyakit yang tergolong berbahaya karena bisa berkembang menjadi sirosis atau kanker hati. Selain itu, hepatitis B adalah penyakit menular yang perlu diwaspadai. Hepatitis bisa dicegah dengan mengkonsumsi banyak air putih, buah dan sayuran serta menghindari alkohol.
  2. Sirosis hati. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sirosis adalah tahap lanjutan dari hepatitis B dan hepatitis C yang kronis. Sirosis mengakibatkan fungsi hati terganggu karena banyaknya jaringan ikat yang terdapat di dalamnya. Sirosis tergolong penyakit yang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dilakukan pengobatan untuk mengurangi komplikasi yang terjadi, seperti perut membesar, mata kuning, muntah, berak darah dan koma hematikum.
  3. Hemochromatosis. Penyakit hemochromatosis adalah jenis Penyakit dan Gangguan pada Hati yang bersifat genetik. Ciri ciri penyakit hati ini adalah kelainan metabolisme, yang mana terdapat pengendapan besi berlebihan di dalam hati.
  4. Kanker hati. Tahap lanjutan dari penyakit hepatitis B, hepatitis C dan hemochromatosis adalah kanker hati. Hepaticular Carcinoma merupakan jenis kanker hati yang paling sering terjadi. Sama seperti sirosis, kanker hati juga tidak bisa disembuhkan dan tindakan pengobatannya, seperti kemoterapi hanya berguna untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.
  5. Kolestasis dan jaundice. Apabila hati gagal memproduksi atau mengeluarkan cairan empedu, seseorang akan mengalami kolestasis dan jaundice. Kondisi tersebut mengakibatkan tubuh tidak bisa menyerap vitamin (A, D, E, K) dan lemak oleh usus. Tidak hanya itu, kolestasis dan jaundice juga bisa menyebabkan penumpukan asam empedu, bilirubin dan kolesterol dalam hati. Ciri-ciri Penyakit dan Gangguan pada Hati ini adalah perubahan warna kulit, warna feses terang dan warna urine gelap.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
10 Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak

Penyebab Penyakit Hati

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan Penyakit dan Gangguan pada Hati, dua di antaranya adalah peradangan pada organ hati yang mengakibatkan fungsinya menurun dan riwayat penyakit tertentu. Berikut faktor-faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena Penyakit dan Gangguan pada Hati:

  1. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Penyakit dan Gangguan pada Hati bisa menyerang siapa saja yang selama hidupnya sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Sebab, zat-zat berbahaya yang terdapat dalam minuman tersebut bisa merusak organ hati. Selain alkohol, obat-obatan kimia juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati, sehingga menimbulkan penyakit liver.
  2. Hepatitis. Ketika penyakit hepatitis sudah sangat parah, virus akan berkembang dan mengakibatkan penurunan fungsi hati.
  3. Penyakit malaria. Bila seseorang telah terinfeksi virus dari nyamuk malaria, resikonya untuk terkena penyakit hati lebih besar. Apalagi jika dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan hati yang sangat parah. Maka dari itu, infeksi malaria harus segera diobati supaya tidak menjadi penyebab Penyakit dan Gangguan pada Hati.
  4. Gaya hidup yang buruk. Semua penyakit diawali dari gaya hidup yang tidak baik, tak terkecuali penyakit hati. Gaya hidup yang buruk tersebut seperti merokok, minum minuman bersoda dan beralkohol, mengkonsumsi makanan cepat saji serta mengandung pengawet.
  5. Kurang asupan nutrisi. Hati memerlukan nutrisi yang cukup supaya bisa berfungsi dengan baik. Ketika organ tersebut kekurangan nutrisi, fungsinya akan menurun dan bisa meningkatkan resiko penyakit liver.

Gejala Penyakit Hati

Karena liver tergolong penyakit yang berbahaya, maka Anda harus mengetahui sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan ini. Langkah pertama untuk mengenalinya adalah mencari tahu ciri ciri penyakit hati seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Perut buncit, yang disebabkan oleh adanya peradangan di perut bagian bawah. Perut buncit adalah gejala yang paling umum dialami oleh penderita liver. Biasanya, ketika ditekan akan terasa keras dan membuat penderita kesakitan ketika mengambil dan menghela nafas.
  2. Perubahan warna kulit dan mata, menjadi kuning, sehingga tidak heran apabila banyak yang menyebutnya sebagai penyakit kuning. Selain itu, terdapat lingkaran berwarna gelap seperti kurang tidur di bawah mata.
  3. Perubahan pada warna air seni, menjadi gelap dan berbau menyengat yang merupakan pertanda terjadinya kerusakan pada organ hati.
  4. Berat badan menurun, akibat nafsu makan berkurang. Itu disebabkan oleh rasa mual dan tidak enak pada daerah di sekitar ulu hati.
  5. Buang air besar tidak lancar, memang seperti masalah konstipasi biasa. Tapi, Anda harus waspada karena bisa jadi itu merupakan ciri ciri penyakit hati.
  6. Penampilan kuku berubah melengkung, sering terjadi pada wanita apabila mengalami gangguan hati.
  7. Mudah memar, baik setelah terbentur atau jatuh. Hal itu karena tubuh kekurangan asupan protein.
  8. Keputihan, menjadi salah satu gejala awal penyakit hati, terutama bila terjadi secara tidak normal.
  9. Mimisan, tidak boleh dianggap remeh meskipun dalam beberapa kasus yang terjadi hanya disebabkan oleh kelelahan.
  10. Anemia, sering dianggap sebagai gejala awal dari liver kronis. Oleh sebab itu, apabila Anda merasa sangat lemas dan tiba-tiba terkena anemia, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.
  11. Dehidrasi, bisa mengakibatkan fungsi hati terganggu. Jika seseorang merasa haus yang berlebihan, maka kemungkinan terjadi gangguan pada organ hatinya, walaupun kondisi tersebut juga bisa menjadi gejala adanya penyakit di organ tubuh lainnya.
  12. Sering buang air kecil, masih berkaitan dengan dehidrasi dimana penderita berusaha memenuhi cairan untuk bagian hati dengan meminum air putih dalam jumlah banyak. Tapi, hal itu bisa membuat frekuensi buang air kecil bertambah.
  13. Kerusakan kulit, yang terjadi secara tiba-tiba seperti jerawat bermunculan, kulit kering, eksim, gatal-gatal dan psoriasis perlu diwaspadai karena itu bisa menjadi ciri-ciri Penyakit dan Gangguan pada Hati.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Resep Ramuan Obat Tradisional Kanker Rahim

Apabila menemukan ciri-ciri Penyakit dan Gangguan pada Hati di atas, sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan segera untuk mengetahui diagnosis serta pengobatan yang tepat. Sebab, apabila terus dibiarkan akan semakin memburuk, menimbulkan komplikasi hingga mengakibatkan kematian.

Karena fungsinya yang sangat vital, organ hati harus segera diobati apabila mengalami gangguan. Tapi, bagi Anda yang belum pernah mengalaminya, cegah penyakit itu dari sekarang dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengetahui ciri-ciri Penyakit dan Gangguan pada Hati.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Gejala Penyakit Hepatitis B Dan Pengobatannya

Gejala Penyakit Hepatitis B Dan Pengobatannya Yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Penyakit Hepatitis B Dan Pengobatannya Yang Wajib Anda Ketahui! Gejala Penyakit Hepatitis B Dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *