Home / Kehamilan / Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda yang Wajib diketahui

Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda yang Wajib diketahui

Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda – Makanan bagi ibu hamil memang sangat penting diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan janin yang dikandungnya. Karena itulah, kewaspadaan terhadap memilih makanan selama kehamilan menjadi kunci utama. Apalagi pola makan yang salah mampu memicu risiko keguguran janin dan cacat saat lahir. Makanan juga berpengaruh pada morning sickness yang terjadi pada awal kehamilan.

Oleh sebab itu, memenuhi nutrisi selagi hamil muda harus diasupi secara baik dan sehat. Hindari mengolah makanan yang masih mentah untuk dikonsumsi dan makan makanan junk food. Hal ini untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan terutama pada usia kehamilan trimester pertama yang memang sangat rentan. Nah, berikut ini adalah nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil muda pada masa hamil berlangsung.

Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda

Nutrisi Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib diketahui

1. Kolin

Kolin rupanya banyak dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah tekanan darah tinggi selama kehamilan, bahkan mampu menjaga kesehatan tulang si ibu hamil. Tak hanya itu, kolin sangat penting untuk mencegah bayi dari cacat lahir atau gangguan pada otak maupun tulang belakang. Hal semacam inilah yang akan membantu janin dalam meningkatkan otak bayi selama di kandungan ibunya. Kolin bisa diperoleh dari telur, ikan salmon, dan ayam.

2. Asam folat

Asam folat memang banyak ditemukan pada makanan seperti sayuran hijau bayam atau brokoli. Selain itu, banyak pula terdapat pada buah jeruk, mangga, tomat, strawberi, dan kacang-kacangan. Asam folat sendiri bermanfaat untuk membantu mencegah bayi dari cacat tabung saraf serta kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang. Bahkan asam folat juga dapat mencegah masalah keguguran, kelahiran prematur, hingga anemia saat hamil.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Mengembalikan Bentuk Tubuh Setelah Melahirkan

3. Iodium

Iodium berguna untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Namun bagi ibu hamil iodium mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Dimana iodium diperlukan bayi untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Selain itu, iodium akan bisa mencegah keguguran serta kelahiran bayi mati. Maka dari itu, iodium sangat penting diasupi ibu hamil guna mencegah pertumbuhan bayi pendek, cacat mental, dan gangguan pendengaran pada bayi.

4. Seng

Seng yang merupakan zat gizi baik bagi tubuh bayi sehingga mampu membantu perkembangan otak bayi. Sementara itu, bagi ibu hamil keberadaan zat gizi seng dibutuhkan

untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh ibu, dan membantu menghasilkan energi. Biasanya Seng akan mudah ditemukan pada sumber makanan seperti daging merah, kepiting, yogurt, dan sereal gandum.

5. Kalsium

Satu lagi nutrisi yang sangat diperlukan ibu hamil muda adalah kalsium. Dimana kalsium dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin di dalam kandungan. Janin tersebut akan mengambil kebutuhan kalsiumnya dari tubuh ibu, sehingga ibu membutuhkan banyak asupan kalsium dari berbagai makanan. Karena itulah, ibu hamil perlu mengonsumsi susu, yogurt, keju, hingga jus jeruk.

Demikian ulasan lengkap tentang Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda. Pastikan ibu hamil tetap menjaga pola makan dengan baik aga janin tetap sehat.

Check Also

Diet Sehat Pasca Melahirkan

Cara Diet Sehat Pasca Melahirkan Secara Alami Tanpa Obat

Cara Diet Sehat Pasca Melahirkan – Pasca melahirkan berat dan bentuk badan akan lebih besar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *