Home / Cantik dan Sehat Alami / 7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda

7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda

7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda

7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda
7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda

7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda – Rambut panjang, kuat dan berkilau sudah menjadi dambaan semua orang, terutama kaum wanita. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkannya. Selain harus selalu memperhatikan kesehatan kulit kepala anda, ternyata anda pun harus memperhatikan pola makan anda setiap hari jika ingin mendapatkan rambut sehat yang selalu anda impikan tersebut.

Seperti misalnya rambut kering atau keriting bisa menjadi salah satu tanda bahwa terdapat masalah dengan kesehatan tubuh anda. Hal ini karena setiap helai rambut anda terdiri dari sel-sel yang mengandung protein yang dikenal dengan keratin. Sel-sel tersebut harus diberi nutrisi, mineral dan vitamin dari waktu ke waktu agar rambut anda tumbuh panjang dan kuat.

Beberapa mineral dan vitamin tentu saja bisa anda dapatkan dari makanan. Selain dapat membuat rambut anda sehat dan berkilau, mengkonsumsi makanan sehat juga dapat memberikan anda kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ingin tahu makanan apa sajakah itu? Dan berikut 7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda :

Protein dari Telur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa rambut anda terdiri dari protein, sehingga sangat penting untuk selalu memastikan bahwa anda mendapatkan asupan protein yang cukup dari makanan. Protein tersebut merupakan blok bangunan untuk rambut anda, sementara telur merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein alami yang sehat untuk tubuh anda.

Zat Besi dari Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh sel-sel rambut anda. Faktanya, kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ketika tubuh anda kekurangan zat besi, oksigen dan beberapa nutrisi tidak dapat diangkut ke akar dan folikel rambut secara memadai sehingga dapat menghambat pertumbuhan rambut anda.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Penyebab Rambut Rontok Parah Secara Berlebihan Pada Wanita

Vitamin C dari Buah Citrus

Tubuh anda membutuhkan vitamin C untuk penyerapan zat besi, sehingga anda membutuhkan makanan-makanan yang mengandung vitamin tersebut. Salah satunya Citrus, para ahli menyarankan anda untuk mengkonsumsi satu buah jeruk nipis per hari, dengan begitu anda sudah bisa mendapatkan kebutuhan vitamin C harian anda. Selain itu, anda juga bisa memilih buah jeruk yang manis dan segar.

Vitamin C juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen, sehingga membuat kapiler yang terhubung dengan batang rambut tetap kuat. Dengan begitu dapat menjamin pasokan nutrisi yang teratur dan pertumbuhan rambut yang cepat.

Asam Lemak Omega-3 dari Kacang-kacangan

Asam lemak omega-3 dapat menyehatkan dan mendukung penebalan rambut anda. Karena tubuh anda tidak bisa memproduksi lemak menyehatkan tersebut, maka anda harus mendapatkannya dari makanan. Salah satu makanan yang bisa anda konsumsi adalah kacang almond dan kenari yang kaya akan asam lemak omega-3.

Biotin dari Gandum Utuh

Gandum utuh sangat kaya akan biotin bersama dengan zat besi, zinc dan vitamin B. Biotin sendiri dibutuhkan untuk proliferasi sel dan memainkan peran penting dalam memproduksi asam amino yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut anda yang sehat.

Vitamin A dari Wortel

Cobalah anda meminum jus wortel setiap hari, maka kemungkinan anda bisa menumbuhkan rambut anda secara lebih cepat. Hal ini karena rambut anda memiliki jaringan yang dapat menumbuhkan rambut secara alami, sementara vitamin A dibutuhkan untuk proses tersebut. Selain itu, vitamin A juga membantu kulit kepala anda memproduksi sejenis minyak sebum alami yang menjaga agar akar rambut anda tetap sehat serta membuat rambut anda menjadi tumbuh lebih cepat.

Vitamin E dari Alpukat

Vitamin E meningkatkan sirkulasi darah dan membantu folikel-folikel rambut anda bekerja secara lebih efisien untuk meningkatkan pertumbuhan rambut anda. Vitamin E juga dapat menjaga keseimbangan minyak dan PH, yang berkontribusi pada pertumbuhan rambut secara natural. Alpukat merupakan salah satu jenis buah dan makanan yang mengandung banyak sekali vitamin E serta lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung anda.

Check Also

Cara Merawat Wajah yang Berjerawat

Bagaimana Cara Merawat Wajah yang Berjerawat

Bagaimana Cara Merawat Wajah yang Berjerawat Cara merawat wajah yang berjerawat saat ini banyak dicari oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *