Home / Penyakit / Diabetes / Mengatur Pola Makan Penderita Diabetes Dengan Cara Yang Tepat !

Mengatur Pola Makan Penderita Diabetes Dengan Cara Yang Tepat !

Mengatur Pola Makan Penderita Diabetes Dengan Cara Yang Tepat !

Pola makan penderita diabetes ini akan sangat bermanfaat dan harus dipantau. Penyakit diabetes bukanlah penyakit biasa. Harus ditangani dengan cara yang tepat.

Menjaga pola makan dalam kehidupan sehari hari memang penting, khususnya bagi penderita diabetes. Dengan adanya pola makan penderita diabetes, disinyalir akan sangat membantu kesembuhan pasien, atau paling tidak, penyakit tersebut tidak bertambah parah. Karena sampai saat ini belum ada obat khusus yang bisa menyembuhkan penyakit gula tersebut. Bisa berdampak buruk jika tidak ditangani dengan benar.

Pola Makan Penderita Diabetes

Penyakit diabetes militus (DM), atau yang biasa disebut penyakit gula ini apabila tidak dijaga pola makannya, maka kadar gula darah tidak terkontrol. Dan jika tidak terkontrol, maka pasien bisa mengalami pusing yang berkepanjangan, kelelahan, kesadaran yang berangsur menurun, dan bahkan bisa beresiko kerusakan saraf dan jantung. Lalu makanan apa saja yang baik untuk mengatur pola makan bagi pasien yang mengidap diabetes ? Yuk simak selengkapnya di artikel ini.

Beberapa Pola Makan Penderita Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui

Jadwal Makan

Penderita diabetes harus memperhatikan jadwal makan setiap harinya. Bahkan bisa dikatakan jadwal makan penderita diabetes seharusnya lebih sering dari pada pola makan pasien normal (yang tidak mengidap penyakit diabetes). Aturan makan penderita diabetes yakni :

  • Sarapan pagi.

Penderita diabetes diwajibkan sarapan pagi yaitu pukul 07.00 pagi, dan memakan makanan besar seperti nasi merah, oats, kentang yang direbus atau di kukus, biji bijian yang utuh serta roti gandum. Boleh ditambah dengan sejumlah makanan lain yang mengandung banyak protein seperti tahu yang diolah menjadi sup atau dengan brokoli.

  • Makan Ringan (Snack) Pagi Hari

Pola makan penderita diabetes yang selanjutnya yaitu makan pada pukul 10.00, yaitu dalam bentuk makanan ringan. Makanan ringan ini bisa di sajikan buah buahan saja yang kaya akan protein dan serat, seperti apel, blueberry, jeruk dan jenis buah lainnya. Dan anda juga harus memastikan, bahwa buah tersebut tidak mengandung kalori yang berlebih.

  • Makan Siang

Makan siang untuk pasien diabetes yaitu pukul 13.00. Menu makanan diabetes pada waktu ini, sama seperti menu makanan pagi hari. Yaitu makan besar seperti beras merah, roti gandum, kentang tetapi tetap dala, jumlah sedikit. Dan bisa anda variasi dengan menambahkan ikan salmon atau ikan tuna yang kaya akan protein dan rendah lemak serta kalori. Atau anda juga bisa menambahkan daging rebus atau daging kukus yang tidak mengandung kadar lemak berlebih.

  • Makanan Ringan (Snack) Sore Hari

Karena penderita diabetes juga harus diet untuk mencegah resiko kadar gula yang naik, tetapi sebisa mungkin diet tersebut tidak menyiksa. Jadi setelah makan siang, pasien juga harus makan lagi pada pukul 16.00 dengan cemilan untuk para diabetes yang bisa berupa biscuit, atau popcorn tawar. Namun tetap, tidak untuk porsi yang berlebih.

  • Makan Malam

Pola makan penderita diabetes yang harus dijalani setiap harinya yaitu, pasien wajib makan malam, yaitu pada pukul 19.00 tepat waktu. Pada waktu ini, menu makanan nya sama seperti makan siang dan pagi, yaitu pasien memakan makan besar misalnya beras merah, roti gandum atau kentang kukus. Variasi tambahan nya sesuai selera saja, yang penting tidak mengandung kalori berlebih dan lemak berlebih. Dan harus kaya akan protein.

  • Makanan Ringan Malam Hari

Pasien wajib makan snack pada pukul 22.00 untuk mencegah pasien kelaparan pada tengah malam, sehingga mengakibatkan napsu makan pasien meningkat hingga 40% untuk makan sembarangan, kususnya makanan makanan yang seharusnya dihindari pasien penyakit gula seperti olahan makanan menggunakan keju, saus dan mentega. Pasien bisa makan coklat hitam yang tidak mengandung gula sama sekali, yang di padukan dengan susu (tidak boleh jika mengandung tinggi lemak)

Jenis Makanan

Daftar menu makanan penderita diabetes juga harus diperhatikan, karena ada beberapa jenis makanan yang bisa mengakibatkan gula darah naik tidak terkontrol, sehingga bisa menyebabkan resiko penyakit berbahaya yang dirasakan para pasien. Jenis makanan yang diperbolehkan hanya sejenis buah-buahan dan sayuran yang sudah jelas tinggi dan kaya akan protein dan rendah kalori. Seperti :

  • Selai Kacang

Pasien boleh mengonsumsi selai kacang sebagai varian untuk memakan roti gandum pada sarapan pagi hari. Mengandung serat yang banyak, sehingga baik untuk pencernaan. Namun memang mengandung kalori, jadi konsumsi selai kacang seperlunya saja, dan harus dibatasi.

  • Bayam

Dalam sayuran ini mengandung banyak vitamin dan protein yang tinggi seperti fosfor, folat, seng dan potassium. Menurut riset, bayam bisa dimasukkan ke dalam menu pola makan penderita diabetes karena bisa membantu menurunkan resiko diabetes hingga 14% apabila pasien mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

  • Kacang Kenari (Welnut)

Kacang walnut ini mengandung banyak vitamin dan zat seperti zat antioksidan serta anti kolesterol tinggi, jadi aman jika dikonsumsi setiap hari oleh pasien penyakit gula. Serta kacang ini menurut penelitian, bisa Memabantu menyembuhkan fungsi pembuluh darah ang rusak diakibatkan oleh penyakit diabetes. Bahkan kacang walnut ini bisa untuk menurunkan kadar gula darah apabila di masukkan ke dalam menu diet penderita diabetes setiap hari.

  • Minyak Zaitun

Apabila anda ingin membuatkan makanan untuk penderita penyakit gula, sebisa mungkin gunakan minyak zaitun ini. Karena jenis minyak yang satu ini mengandung lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kadar lipoprotein atau yang biasa disebut LDL di tubuh. Bahkan manfaat lainnya bisa mengusir lemak jenuh yang sudah bersarang pada tubuh pasien penderita penyakit gula.

  • Bawang Putih

Dari mulai kandungan sampai bau atau aroma nya, bawang putih ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Mengandung vitamin dan protein yang bisa menormalkan kadar gula darah serta aromanya bisa untuk mengurangi gejala yang dialami penderita diabetes.

  • Yoghurt

Nah, makanan khusus penderita diabetes yang satu ini bisa dijadikan sebagai cemilan sehat ala diet diabetes. Menurut penelitian, dalam yoghurt mengandung vitamin dan nutrisi yang bisa mengurangi resiko serta membantu menurunkan penyakit diabetes ini. Masukkan yoghurt ke dalam pilihan menu pasien sehari hari pada waktu yang dianjurkan untuk makan snack ringan.  Dalam catatan, yoghurt nya harus yang tidak mengandung lemak.

Porsi Makanan

Penderita penyakit gula harus memperhatikan porsinya dalam setiap kali makan. Dalam jadwal makan 6 kali sehari dan jenis makanan yang sudah dijelaskan di atas, tetap saja pasien harus makan sesuai porsi agar kadar gula dan resiko penyakit diabetes tidak muncul.

  • Makan Pagi

Jumlah porsi makan pagi, hanya 20% kalori saja yang diperbolehkan, dari total kebutuhan kalori setiap harinya.

  • Makan Ringan Pagi

Jumlah porsi makan snack pagi, hanya 10% kalori saja dari total kebutuhan kalori setiap harinya

  • Makan Siang

Jumlah porsi makan siang, hanya 25% kalori saja dari total kebutuhan kalori setiap harinya

  • Makan Ringan Siang

Jumlah porsi makan ringan siang, hanya 10% kalori saja dari total kebutuhan kalori setiap harinya

  • Makan Malam

Jumlah porsi makan ringan siang, hanya 25% kalori saja dari total kebutuhan kalori setiap harinya

  • Makan Ringan Malam

Jumlah porsi makan ringan siang, hanya 10% kalori saja dari total kebutuhan kalori setiap harinya

Itulah beberapa aturan pola makan penderita diabetes setiap harinya. Jumlah kalori yang dibutuhkan untuk orang normal setiap harinya sejumlah 1800 sampai 2800 kalori. Bisa dihitung sendiri, bahwa penderita diabetes harus diet kalori ketat. Apabila tidak dipenuhi, kemungkinan pasien mengalami resiko seperti kerusakan syaraf, penyakit jantung hingga hilang kesadaran akan dialami.

Paling Banyak Dicari:

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tujuh Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan yang mengganggu

Check Also

Mengatasi Anyang-anyangan

Tujuh Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan yang mengganggu

Tujuh Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan yang mengganggu – Anyang-ayangan atau infeksi saluran kemih bukanlah penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *