Home / Kehamilan / Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil, Air kelapa memang dianjurkan untuk dikonsumi para wanita hamil. Hal ini bukan suatu alasan tertentu, karena menurut ahli bahwa air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan cukup tinggi. Tentu saja kandungan zat antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi bagi ibu hamil yang harus memenuhi cairan tubuh dengan  elektrolit guna mencegah dehidrasi.

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya ibu yang sedang hamil diharuskan meminum air kelapa hijau secara rutin sejak usia kehamilan mencapai 6 bulan hingga proses melahirkan. Namun air kelapa hijau lebih baik dikonsumsi oleh ibu hamil daripada kelapa lainnya. Nah, berikut ini adalah Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil sepanjang masa kehamilan berlangsung.

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

1.Menghindari Dehidrasi

Biasanya wanita yang tengah hamil akan rentan mengalami dehidrasi berlebih. Hal seperti inilah yang membuat tubuh ibu hamil mudah lelah dan lemah. Tentunya berkat kandungan elektrolit di dalam air kelapa, makabu hamil mampu memenuhi cairan tubuh yang hilang semasa kehamilan. Dengan begitu akan menunjang penambahan volume darah, pemeliharaan volume cairan amnion serta aliran untuk perubahan janin yang dikandung.

2. Sistem Metabolisme Tubuh

Saat kehamilan berlangsung beberapa wanita akan mengalami masalah pada sistem metabolisme. Jika hal ini terjadi maka bisa berisiko pada perubahan janin di dalam rahim, seperti bayi terlahir dengan bobot yang rendah. Namun air kelapa hijau bagi ibu hamil bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh sepanjang masa hamil. Pasalnya air kelapa mengandung protein, serat, mangan, dan kandungan vitamin C.

3. Menjernihkan Air Ketuban

Seperti yang kita tahu bahwa air kelapa kaya akan kandungan antioksidan dan elektrolit, sehingga mampu membersihkan sekaligus menjernihkan air ketuban. Kedua zat tersebut bekerja baik yang mampu menyerap lendir dan kotoran yang ada di air ketuban. Maka ta heran jika ada mitos yang hingga kini masih dipercaya oleh orang-orang bahwa air kelapa bisa membuat kulit bayi jadi putih, padahal air ketuban justru menjadi bersih.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Penyakit Hepatitis B Pada Ibu Hamil Yang Wajib Anda Ketahui

4. Menangani Masalah Pencernaan

Perlu anda ketahui bahwa pergantian hormonal pada waktu hamil mampu menghimpit perut ibu hamil. Karena itulah, akan menimbulkan masalah pencernaan atau bahasa medis dikatakan sebagai dispepsia. Pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri pada perut sisi atas, hingga menyebabkan sebagian keluhan seperti penyebabnya mual, muntah, perut kembung dan perasaan kenyang. Sebaiknya konsumsi air kelapa untuk mencegah hal tersebut terjadi.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil senantiasa mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal semacam ini tentu akan mengganggu kesehatan janin yang dikandungnya. Maka dari itu, untuk menghindari serta mengurangi tekanan darah tinggi yang berlangsung pada ibu hamil, air kelapa muda bisa digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Khasiat air kelapa bagi ibu hamil lantaran memiliki kandungan potassium yang terdapat didalamnya.

Demikian Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi anda semua, terutama untuk wanita yang sedang hamil.

Check Also

Yang Wajib Dihindari Saat Hamil

Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil Agar Sehat saat Melahirkan

Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil – Kehamilan, menjadi salah satu hal yang sangat membahagiakan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *