Home / Pengobatan Alami / Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan Yang Wajib diketahui

Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan Yang Wajib diketahui

Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan – Sampai sekarang ini, para leluhur dan turun temurun telah memanfaatkan berbagai macam pengobatan herbal alami dan salah satunya adalah kapur sirih.

Sebelum kita beranjak ke manfaat kapur sirih, apakah anda mengetahui bagaimana kah cara membuat kapur sirih ?

Kapur sirih berasal dari kulit kerang yang dibakar terlebih dahulu kemudian baru di tumbuk sampai halus hingga kapur sirih tersebut berbentuk serbuk dan berwarna putih. Kita masih sering menjumpai kapur sirih hampir semua pasar tradisional. Perlu anda ketahui, ternyata kapur sirih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan diantaranya sebagai pengobatan herbal alami. Dari sekian banyak Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

Mengatasi penyakit encok

Anda dapat mengobati penyakit encok yang seringkali menyiksa menggunakan kapur sirih. Cara membuatnya pun cukup mudah, siapkan daun singkong ataupun daun ubi kayu yang masih segar dan kapur sirih secukupnya. Kemudian campurkan daun-daun tersebut dan kapur sirih menjadi satu serta tumbuk hingga halus. Gunakan ramuan tersebut dengan cara melulurkannya pada bagian yang terkena rematik dan encok. Lakukan secara rutin setiap hari dan gunakan pada waktu sakit dan malam hari sebelum tidur.

Mengatasi kutil

Kutil yang berwarna putih dan seringkali tumbuh diatas kulit memang sangat menjengkelkan karena sulit dihilangkan. Berikut ini ada tips sederhana menggunakan kapur sirih untuk menghilangkan kutil. Siapkan kapur sirih dan balutan kain atau perban, kemudian lumuri menggunakan kapur sirih pada bagian kutil anda lalu balut. Lakukan cara tersebut dalam sehari minimal 2 kali.

Menghilangkan kerutan pada perut

Bagi wanita yang seringkali mengalami kesulitan menghilangkan kerutan pada perut setelah melahirkan perlu menyimak tips berikut ini. Siapkan 1 sendok makan kapur sirih dan ½ sendok makan minyak kayu putih lalu dicampur menjadi satu dengan air jeruk nipis yang sudah diperas. Gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan pada bagian perut setelah mandi kemudian balutlah menggunakan gurita.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara mengobati pilek dan batuk pada bayi yang mudah dilakukan di rumah

Merontokkan dan menghilangkan bulu ketiak

Siapkan kapur sirih dan air hasil perasan jeruk nipis yang dicampur menjadi satu lalu gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan pada bagian ketiak. Diamkan sejenak kurang lebih 15-20 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin dalam seminggu minimal tiga kali.

Mengatasi rasa gatal dan batuk yang membandel

Apabila anda sedang sakit batuk dan terasa sangat gatal pada bagian tenggorokan, jangan tunda lagi dengan mengobatinya. Caranya, siapkan jeruk nipis kemudian diperas, 2 sendok makan madu dan yang terakhir garam secukupnya. Campur menjadi satu dan aduklah sampai rata kemudian anda saring untuk mengambil air nya untuk diminum. Gunakan ramuan tersebut minimal 2-3 kali dalam sehari untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan dan menyembuhkan batuk.

Mengatasi bau badan

Bau badan yang mengganggu dapat anda atasi dengan mudah melalui cara sederhana berikut ini. Siapkan jeruk nipis yang dipotong menjadi dua irisan dan olesi irisan tadi dengan kapur sirih. Kemudian gunakan irisan jeruk nipis tadi dengan mengoleskan pada bagian ketiak anda setelah mandi lalu anda diamkan kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Mengatasi sakit perut pada anak

Saat anak-anak kita sedang sakit perut, anda dapat mengobatinya menggunakan tips berikut ini. Siapkan daun sirsak 3-5 helai dan dicampur dengan kapur sirih. Oleskan campuran tersebut dibagian perut anak yang terasa sakit.

Semoga informasi tentang manfaat kapur sirih ini bermanfaat untuk anda. Selain hemat biaya, khasiat kapur sirih sebagai bahan obat herbal dapat anda gunakan dengan aman. Salam sehat!

 

Paling Banyak Dicari:

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menyembuhkan Penyakit Tiroid secara Alami

Check Also

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat – Pembengkakan gusi adalah masalah yang umum terjadi. Jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *