Home / Makanan Sehat / Buah-buahan Sehat / Manfaat Jambu Biji Bagi Wanita Hamil Yang Wajib Di Ketahui

Manfaat Jambu Biji Bagi Wanita Hamil Yang Wajib Di Ketahui

Manfaat Jambu Biji Bagi Wanita HamilManfaat Jambu Biji Bagi Wanita Hamil – Jambu biji memang dikenal sebagai buah yang baik untuk ibu hamil. Pasalnya buah tersebut kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin B3 dan B6 terdapat di dalam buah tersebut yang berguna untuk merangsang kecerdasan otak dan menghindarkan dari kepikunan. Maka tak heran jika wanita hamil kerapkali mencari jambu biji untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Buah jambu biji rupanya banyak ditemukan di pekarangan rumah atau pasar tradisional yang harganya cukup murah.

Tentu saja memasukkan jambu biji ke dalam menu sehari-hari dapat menjauhkan potensi anemia kehamilan, kecatatan, janin, premature, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini Manfaat Jambu Biji Bagi Wanita Hamil.

Ketahui Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

  1. Mengandung  Asam Folat

Asam folat adalah jenis vitamin yang paling penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin. Pasalnya jika kekurangan asam folat maka dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan pada janin, seperri bayi terlahir cacat, bayi sumbing atau berat badan bayi kurang. Maka dari itu, asupan asam folat penting untuk membantu menurunkan risiko tersebut. Asam folat banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan yang harus dikonsumsi ibu hamil maupun anak-anak.

  1. Mencegah Sembelit

Ibu hamil memang kerapkali mengalami gangguan sembelit yang sangat menganggu aktifitas harian. Berkat jambu biji yang kaya akan kandungan serat maka mampu membantu pencernaan bekerja secara baik dan sehat. Apalagi serat dikenal sebagai salah satu bentuk kandungan makanan yang bagus dalam pencernaan, bahkan kemampuan untuk menurunkan berat badan yang berlebihan sehingga cocok untuk program diet ibu hamil.

  1. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil rentang sekali terhadap serangan darah tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Karena itulah, perlu bagi wanita hamil untuk mengonsumsi jambu biji yang telah matang setiap hari agar bisa membantu dalam mengontrol darah tinggi. Pasalnya tekanan darah tinggi atau hipertensi selama kehamilan akan sangat berbahaya bagi ibu hamil, bahkan mampu menimbulkan penyakit komplikasi kesehatan lainnya.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat tentunya diperlukan ibu hamil demi menjaga janin dalam kandungan. Selain itu, juga membuat si ibu hamil sendiri tidak mudah sakit. Hanya dengan mengonsumsi jambu biji selama masa kehamilan berlangsung, maka akan dapat menjaga kekebalan tubuh tetap baik. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, konsumsi buah jambu biji bisa mencegah  bahaya radikal bebas di dalam tubuh ibu hamil tersebut.

  1. Mengurangi Stres

Manfaat buah jambu biji bagi ibu hamil selanjutnya adalah kemampuan mengurangi stres secara berlebih. Pasalnya rasa stres diakibatkan oleh tekanan atau pikiran tertentu yang kerap dialami ibu hamil. Karena itulah, konsumsi jambu biji satu buah saja di setiap harinya untuk membantu ibu hamil meringankan gejala stres serta menenangkan saraf. Stres yang berlangsung akan bisa dihindari guna menghindarkan bahaya janin dan ibu hamil sendiri.

Check Also

Yang Wajib Dihindari Saat Hamil

Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil Agar Sehat saat Melahirkan

Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil – Kehamilan, menjadi salah satu hal yang sangat membahagiakan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *