Home / Penyakit / Kanker / Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker
Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker – Terdapat beberapa zat yang mempengaruhi secara langsung dalam pengembangan penyakit kanker, baik terhadap manusia maupun hewan. Beberapa diantaranya mulai dari asbestos, plutonium, hingga tembakau. Tetapi selain itu, terdapat pula beberapa makanan yang terlihat seperti tidak berbahaya namun telah banyak dikaitkan dengan penyakit kanker, seperti misalnya daging olahan.

Beberapa waktu yang lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan temuan studi mereka mengenai daging olahan seperti hot dogs dan bacon, dimana keduanya dapat menjadi zat karsinogen bagi manusia, atau zat yang menjadi penyebab kanker. Makanan tersebut terdapat pada Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker.

Selain kedua makanan diatas, terdapat pula beberapa makanan lainnya yang sering kita makan sehari-hari dan juga bisa menyebabkan anda terkena kanker. Meskipun lezat, ada baiknya anda untuk selalu membatasi asupan makanan-makanan tersebut sebelum terlambat.

Berikut Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Popcorn Microwave

Popcorn Microwave telah terbukti mengandung karsinogen dan zat lainnya yang dapat membahayakan kesehatan anda. Sebut saja asam perfluorooctanoic (PFOA), dimana menurut penelitian baik yang melibatkan manusia maupun hewan telah menunjukkan dapat meningkatkan resiko anda terkena kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker hati, kanker pankreas, dan kanker testis.

Tomat Kalengan

Hampir semua jenis makanan kaleng dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang disebut bisphenol-A, atau BPA. Efeknya, menurut Breast Cancer Fund mengatakan bahkan paparan kecil dari bahan kimia tersebut dapat meningkatkan resiko anda terkena kanker payudara, kanker prostat, ketidaksuburan, pubertas dini, gangguan metabolisme dan diabetes tipe-2.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Kanker Serviks Yang Paling Ampuh

Sementara tomat kalengan sendiri merupakan jenis yang paling berbahaya karena mengandung kadar keasaman yang tinggi, dimana menyebabkan BPA terlepas dari lapisan kaleng dan masuk ke dalam buah tomat. Dengan begitu sudah jelas bahwa akan lebih baik jika anda menggunakan tomat segar untuk dimasak.

Salmon Ternakan

Banyak sekali orang Indonesia yang mengkonsumsi salmon yang diternakkan. Lantas apakah salmon jenis tersebut benar-benar menyehatkan? Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa salmon hasil ternak mengandung kadar PCB, merkuri, dan dioksin yang tinggi, sementara ketiga bahan kimia tersebut telah dipercaya sebagai penyebab kanker.

Bahkan terkadang ikan-ikan salmon tersebut diberi makan yang telah dicampurkan dengan bahan kimia, antibiotik, dan peptisida dengan tujuan agar mereka tumbuh lebih gemuk. Selain itu, salmon ternak juga memiliki asam lemak omega-3 yang rendah. Dengan begitu, parah ahli menyarankan anda untuk lebih memilih salmon liar agar mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih maksimal.

Minyak Terhidrogenasi

Minyak terhidrogenasi telah banyak digunakan untuk mempertahankan makanan olahan, sehingga menjadikan makanan tersebut memiliki tampilan menarik selama mungkin. Tetapi resikonya adalah dapat mempengaruhi struktur dan fleksibilitas membran sel yang mengarah ke kanker. Minyak nabati juga mengandung kadar asam lemak omega-6 yang tinggi, dimana dapat menyebabkan anda terkena penyakit jantung dan meningkatkan resiko anda terkena berbagai macam kanker, terutama kanker kulit.

Pada dasarnya, tubuh anda memang membutuhkan asam lemak omega-6, tetapi harus diimbangi dengan asupan asam lemak omega-3. Beberapa makanan yang mengandung omega-3 diantaranya adalah salmon liar, makarel, dan daging sapi pemakan rumput. Jadi, jika anda ingin menggunakan minyak, pastikan anda untuk lebih memilih minyak zaitun dan minyak kelapa yang lebih menyehatkan.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
6 Obat Alami Kanker Serviks

Daging Olahan

Sosis, bacon, hot dogs, dan berbagai macam daging olahan lainnya mengandung sejumlah bahan kimia dan pengawet, termasuk sodium nitrat yang akan membuat mereka terlihat lebih menarik dan segar, tetapi dapat menjadi karsinogen untuk anda. Terutama daging asap sangat berbahaya bagi anda karena diproses melalui pengasapan.

Tetapi WHO memberikan opsi lain dengan menyarankan anda untuk lebih menikmati daging yang lebih sehat, seperti daging sapi pemakan rumput, dan pastikan untuk tidak mengkonsumsinya lebih dari 100 gram per hari.

Roti Putih

Sebuah berita dari Environmental Working Group menemukan bahwa kebanyakan roti-roti yang tersebar di supermarket telah diidentifikasi mengandung potasium bromat, yaitu sejenis bahan kimia yang digunakan untuk mempercepat proses pembuatan dan membuat mereka tampak lebih putih. Bahan kimia tersebut tentu dapat membahayakan mereka yang mengkonsumsinya.

Potasium bromat merupakan bahan aditif yang telah dikaitkan dengan berbagai macam gangguan sistem saraf dan telah diidentifikasi sebagai zat karsinogen untuk manusia. Untuk alasan inilah, beberapa negara seperti Uni Eropa, Inggris, Kanada dan Brazil melarang penggunaan potasium bromat. Sementara di Amerika Serikat sendiri FDA telah mendesak produsen untuk berhenti menggunakannya. Lantas, bagaimana dengan di negara kita, Indonesia?

Gula Rafinasi

Tumor mengkonsumsi gula untuk berkembang dan memperbesar ukurannya. Fakta ini didukung oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 1931 oleh Otto Warburg, seorang peraih Nobel dalam bidang kedokteran. Warburg menemukan bahwa untuk berkembang biak, sel-sel kanker tersebut memanfaatkan pemanis yang kaya akan fruktosa seperti sirup jagung.

Alkohol

Setelah rokok, mengkonsumsi minuman beralkohol juga telah menjadi salah satu penyebab anda terkena kanker. Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan dalam jumlah kecil hingga sedang dapat mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung, tetapi mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar justru dapat menyebabkan anda terkena gagal jantung, stroke, dan kanker.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Mendeteksi Lebih Dini Gejala Awal Kanker Serviks

Dalam sebuah penelitian, para ahli yang bekerja untuk WHO menemukan bahwa penggunaan alkohol yang tidak wajar atau berlebihan dapat menyebabkan anda terkena kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker hati, kanker usus besar, kanker rektum dan kanker payudara. Maksud penggunaan wajar disini adalah mengkonsumsinya tidak lebih dari satu gelas per hari untuk wanita, dan dua gelas per hari untuk pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *