Home / Penyakit / Ginjal / Kenali Kondisi yang Sebabkan Penyakit Ginjal

Kenali Kondisi yang Sebabkan Penyakit Ginjal

Kenali Kondisi yang Sebabkan Penyakit Ginjal – Ada banyak penyakit yang dapat menyerang ginjal seperti gagal ginjal, batu ginjal, radang ginjal dan masih banyak lagi. Penyakit – penyakit tersebut memang sangat berbahaya ketika menyerang ginjal karena dapat membuat kerja ginjal jadi lebih berat dan tentu saja menjadikan ginjal kurang bisa menjalankan fungsinya dengan lancar. Bahkan untuk menjalankan aktivitas menyaring darah dan mengeluarkan zat sisa metabolisme saja juga sangat berat.

Kenali Kondisi yang Sebabkan Penyakit Ginjal

Siapa saja di dunia ini sebenarnya beresiko terserang penyakit ginjal utamanya mereka yang punya riwayat kesehatan genetik dengan diabetes sangat rentan terserang penyakit ginjal. Karena itu untuk meminimalisir dampak penyakit ginjal sangat perlu diperhatikan cara mengenali kondisi yang dapat menyebabkan penyakit ginjal. Mungkin Anda mau tahu seperti apa saja kondisi yang sebabkan penyakit ginjal? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Kondisi yang Sebabkan Penyakit Ginjal

Diabetes

Kondisi yang satu ini juga menjadi penyebab gagal ginjal. Diabetes tipe 1 juga menjadi penyebabnya yang sebelumnya disebut sebagai diabetes juvenile. Kurang lebih sekitar 5 sampai dengan 10% orang yang mengalami diabetes 1 beresiko terserang gagal ginjal. Karena itu semakin banyak penderita diabetes maka penderita gagal ginjal juga akan banyak.

Tekanan darah tinggi

Bahkan tidak ada yang menyangka hal ini. Dan memang benar adanya bahwa tekanan darah yang tidak terkontrol memang dapat menjadi salah satu penyebab gagal ginjal yang kronis. Bahkan beban yang berlebihan pada pembuluh darah kecil yang terdapat didalam jaringan nefron ginjal dapat menjadi penyebab kerusakan parut. Kalau hal yang seperti ini terjadi tentu nantinya nefron akan mengalami kondisi kehilangan kemampuan menyaring produk sisa dari darah.

Nefropati analgesik

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gejala Batu Ginjal yang Sering Dialami Penderita

Ketika Anda mengenakan obat – obatan anti radang non steroid atau menggunakan aspirin bahkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan resiko cedera ginjal sampai dapat menyebabkan kondisi gagal ginjal. Karena itu Anda wajib untuk dapat menghindari ketergantungan pada obat pereda nyeri. Misalkan ketika Anda sakit kepala Anda dapat memilih cara alami dulu untuk mengatasinya sebelum Anda konsumsi obat pereda nyeri. Atau Anda bisa atasi nyeri dengan yoga atau meditasi.

Semoga informasi yang kami berikan diatas untuk Anda tentang Kondisi yang Sebabkan Penyakit Ginjal bermanfaat. Pahami kondisi pada Anda dan upayakan Anda hindari segala macam faktor penyebab penyakit ginjal. Yuk jaga selalu kesehatan dengan sebaik mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *