Home / Cantik dan Sehat Alami / Kandungan Produk perawatan wajah berjerawat sesuai dengan Jenis Jerawatnya

Kandungan Produk perawatan wajah berjerawat sesuai dengan Jenis Jerawatnya

Produk perawatan wajah berjerawat memang sangat banyak macamnya. Namun tidak semua produk perawatan wajah berjerawat cocok untuk kulit kita karena masing – masing orang memiliki karakteristik dan sensitivitas kulit masing – masing. Jerawat memang menjadi masalah banyak orang sejak dulu.

Bukan hanya remaja saja, banyak orang yang sudah berusia cukup dewasa namun masih sering mengalami kulit berjerawat. Karena faktor timbulnya jerawat memang ada banyak. Ada yang disebabkan faktor makanan, hormon, produksi minyak berlebih, hingga kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah.

Jerawat sendiri memiliki banyak jenis. Dan perlu kalian ketahui, jenis jerawat yang berbeda – beda juga menyebabkan produk perawatan wajah berjerawat dan treatment yang dilakukan juga berbeda. Jadi, ketika kalian menggunakan produk perawatan wajah berjerawat tapi kok dirasa kurang berhasil, bisa jadi karena produk tersebut tidak sesuai dengan jenis jerawat yang sedang menyerang kulit atau bahkan kulit kalian tidak cocok dengan produk perawatan wajah berjerawat yang sedang kalian gunakan.

Produk perawatan wajah berjerawat

Untuk merawat wajah, akan lebih baik jika kita mencegah timbulnya jerawat dengan cara menumpas faktor – faktor yang bisa menyebabkan jerawat. Berikut di bawah ini kami akan menginformasikan mengenai berbagai macam jenis jerawat, faktor – faktor penyebab munculnya jerawat, hingga kandungan apa yang cocok yang harus ada dalam produk perawatan wajah berjerawat dengan masalah jerawat yang berbeda – beda. Karena beda jenis jerawat beda kandungan untuk menanganinya.

  1. Komedo Berlebih

Komedo di wajah kita ada 2 jenis yakni komedo berwarna putih dan komedo berwarna hitam. Semua komedo tersebut jika menumpuk akan menghasilkan jerawat yang cukup mengganggu. Komedo menyumbat pori – pori kulit. Biasanya komedo hitam terbentuk akibat adanya tumpukan sel-sel kulit mati, bakteri, dan kotoran di kulit wajah.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

Produk perawatan wajah berjerawat yang cocok untuk yang memiliki komedo berlebih bahkan dari jauh saja terlihat kalian dapat menggunakan produk perawatan wajah berjerawat yang menggunakan  baha retinol atau eksofoliasi. Perlu diperhatikan kedua kandungan tersebut cukup keras jadi sebaiknya jika memilih produk yang memiliki kandungan salah satunya saja karena jika kandungan tersebut bersatu kulit wajah akan sangat rentan terkena iritasi.

Produk eksofoliasi sendiri banyak menjadi alternatif terbaik karena butiran scrubnya dirasa mampu mengangkat komedo sehingga setelah pengaplikasian kulit wajah terasa lebih halus. Untuk produk scrub yang direkomendasikan sebaiknya produk scrub yang aman untuk semua jenis kulit, jika memungkinkan produk scrub yang juga mengandung ekstrak buah – buahan seperti pepaya atau nanas juga merupakan pilihan produk perawatan wajah berjerawat yang bagus.

Untuk produk yang mengandung retinol sangat cocok untuk tipe kulit berminyak dan berkomedo besar- besar karena retinol ini mampu mengecilkan pori – pori kulit serta bisa memperbaiki tekstur kulit. Bukan hanya itu saja, untuk kondisi kulit berjerawat kandungan ini juga sangat cocok karena bisa mengatasi iritasi kulit.

Untuk komedo putih, kalian bisa menggunakan produk uang mengandung salicyl acid yang kemampuannya mampu mengangkat kotoran yang menempel pada pori – pori dan juga berfungsi untuk mengatasi peradangan.

  1. Jerawat Merah (Jerawat Pupula)

Tipe jerawat ini berupa benjolan merah yang cukup sakit apalagi jika disentuh, namun belum ada puncak berwarna putihnya. Jerawat ini bisa dibilang belum jerawat matang karena belum ada nanah. Pupula ini timbul akibat adanya komedo yang meradang. Terkadang jerawat pupula ini juga disertai rasa gatal. Untuk produk perawatan wajah berjerawat pupula ini bisa menggunakan krim jerawat yang mengandung 1% hydrocortisone. Tentu kandungan ini akan lebih baik jika dikombinasikan dengan bahan – ahan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit seperti lidah buaya / aloe vera, vitamin E, dll.

  1. Pustula (Jerawat Merah Berpuncak Putih)
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Alami untuk meremajakan kulit dengan mudah

Jerawat ini paling banyak mengalami salah penanganan diantara jerawat – jerawat lainnya. Keadaan jerawat yang memiliki titik putih di puncaknya membuat kita gemas dan langsung ingin memencetnya agar nanah putihnya keluar. Padahal sebenarnya itu tidak baik dan justru akan makin memperparah peradangannya. Untuk produk perawatan wajah berjerawat yang direkomendasikan untuk menangani masalah jerawat pustula ini adalah produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroxide.

  1. Jerawat Batu / Cystic Acne

Jerawat batu ini bisa dibilang jerawat yang paling kentara dan paling menyebabkan banyak orang menjadi merasa jatuh kepercayaan dirinya. Ya.. hal itu terjadi karena ukuran jerawat batu lebih besar dari jenis jerawat lainnya. Dan lebih buruknya lagi, jerawat batu ini menimbulkan rasa sakit yang cukup menyiksa. Selain itu, resiko untuk nantinya terdapat bekas jerawat pun semakin tinggi. Biasanya jerawat batu ini bukan timbul akibat pola makan / ketidakbersihan kulit wajah. Namun, penyebab dari jerawat batu ini adalah hormon. Jadi, jika kita akan mengalami siklus menstruasi, kita harus ekstra melakukan perawatan wajah karena sangat rentan timbul jerawat batu. Untuk produk perawatan wajah berjerawat yang cocok untuk mengatasi jerawat batu adalah produk dari tea tree oil. Tea tree oil akan menyembuhkan peradangan juga akan menumpas bakteri – bakteri yang menyebabkan jerawat.

Dari semua produk, yang paling penting kita harus memiliki sabun pembersih wajah. Jika kita sedang mengalami kulit berjerawat juga kita bisa menggunakan sabun wajah khusus kulit berjerawat. Selain itu, produk perawatan wajah berjerawat lain bisa berupa krim jerawat, serum, hingga penyegar wajah. Bukan hanya untuk wanita saja, kini juga sudah sangat banyak produk perawatan wajah berjerawat untuk kaum laki – laki. Para pria pun kini juga sudah sangat memperhatikan penampilan dan tentu saja kesehatan kulitnya. Jadi, bagi para pria yang memiliki masalah jerawat sudah tidak perlu khawatir lagi karena banyak produk perawatan jerawat khusus pria. Seperti sabun wajah saja sudah banyak yang diperuntukkan khusus pria. Hal ini dikarenakan karakteristik wajah pria berbeda dengan wanita.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Bagaimana Cara Merawat Wajah yang Berjerawat

Nah itu tadi merupakan beberapa rekomendasi kandungan yang ada dalam produk perawatan wajah berjerawat. Memang wajah berjerawat sulit untuk kita hindari, namun kita bisa meminimalisir timbulnya jerawat dengan menumpas faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat. Yang paling bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Apalagi bagi kita yang memiliki karakteristik wajah dengan produksi minya berlebih. Bukan hanya rajin membersihkan juga, kita juga harus memberikan nutrisi kepada kulit kita. Selain itu kita juga harus menjaga pola makan kita dan lebih diutamakan memakan makanan sehat yang bergizi seimbang karena terlalu banyak kandungan seperti kandungan protein juga bisa memicu timbulnya jerawat lebih buruk lagi. Jadi, sebelum timbulnya jerawat sudah seharusnya kita menggunakan langkah antisipasi. Namun jika jerawat sudah terlanjur muncul, ya yang bisa kita lakukan adalah dengan memperlakukan wajah kita sebaik – baiknya dengan produk perawatan wajah berjerawat.

Check Also

Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat

Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat Dan Alami Agar Kulit Sehat Berseri

Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat Dan Alami Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat adalah salah satu cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *