Home / Gaya Hidup Sehat / Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita | Terkadang kita sering salah kaprah dalam mengartikan rasa sakit atau gangguan yang menyerang tubuh kita. Ketidakpahaman tentang suatu penyakit menjadi salah satu penyebabnya, maka dari itu penting bagi kita untuk lebih memahami masalah kesehatan tubuh.

Gangguan yang datang pada tubuh misalnya rasa sakit atau nyeri di bagian tertentu dari tubuh kita sebenarnya sangatlah berkaitan, dalam artian jika salah satu organ di dalam tubuh terkena gangguan penyakit, dampaknya bisa meluas ke organ atau bagian tubuh lain yang terkadang kita kurang mengerti dan memahaminya. Sehingga seringkali membuat penanganan yang kurang tepat atau justru salah dibuatnya.

Untuk lebih mengetahui secara pasti kita bisa mencoba berkonsultasi pada dokter mengenai gangguan yang kita rasakan, karena dokter akan lebih mengetahui tentang keluhan yang kita rasakan, apakah penyakit yang kita derita berbahaya atau sebenarnya ringan saja.

Namun sebaiknya jangan hanya mengandalkan penanganan dari dokter saja, setidaknya kitapun harus sedikit memiliki pengetahuan tentang penyakit kaitan antara Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh, yang sering menyerang tubuh kita. Sehingga paling tidak kita bisa lebih dini memberikan pengobatan yang tepat sebelum memutuskan untuk pergi melakukan pemeriksaan ke dokter.

Beberapa Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh di bawah ini bisa kita ikuti untuk menambah wawasan kita mengenai penyakit-penyakit yang mungkin sering kita rasakan.

Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Inilah Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ

  1. Organ Ginjal.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Informasi Seputar Penyakit Aterosklerosis yang Wajib Diketahui

Sebagai orang yang awam terhadap pengetahuan tentang suatu gejala penyakit biasanya akan salah dalam mengatikan masalah sakit yang terjadi pada organ ginjal. Umumnya nyeri pada organ ginjal sering dikira sebagai masalah sakit punggung biasa. Padahal sebenarnya rasa sakit diantara keduanya memiliki perbedaan. Sakit akibat ginjal akan terasa lebih dalam di bawah tulang rusuk, sedangkan untuk masalah nyeri otot atau punggung akan terasa lebih rendah. Tidak hanya itu, nyeri pada organ ginjal akan terasa sampai ke bagian kaki, sehingga perlu untuk kita perhatikan baik-baik. Jangan sampai masalah yang terjadi pada organ ginjal tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, karena terkadang banyak dari kita yang sering menyepelekan tanda atau gejala dari rasa sakit yang muncul dengan gejala yang ringan atau gejalanya hampir sama dengan jenis penyakit ringan atau peyakit yang sangat umum terjadi pada tubuh.

  1. Organ Paru-Paru.

Sebaiknya perlu berhati-hati jika merasakan penyakit batuk namun disertai gejala lain seperti kesulitan saat bernapas maka itu bisa jadi adalah gejala penyakit paru-paru. Memanglah organ paru-paru ini tidak akan merasakan sakit namun jika salah satu saraf di bagian paru-paru ini terserang oleh gangguan maka kita akan merasakan sakit pada bagian dada.

  1. Jantung.

Penyakit jantung termasuk kedalam salah satu jenis penyakit yang berbahaya jika tidak segera mendapat pertolongan. Saat organ jantung mendapat gangguan, sebenarnya kita bisa melakukan pengompresan di bagian dada yang terasa sakit. Namun sakit ini sebenarnya juga akan kita rasakan pula di bagian leher, tulang belikat dan juga ke bagian lengan sebelah kiri. Sakit yang terasa akibat gangguan jantung sama sekali tidak berhubungan dengan masalah pernapasan atau gerakan tubuh.

  1. Usus Halus.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar fungsinya selalu optimal

Selanjutnya adalah sakit yang terjadi pada usus halus. Jika terjadi gangguan pada usus halus, umumnya akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri di bagian pusar. Hal ini perlu menjadi perhatian jika sampai kita merasakan ketidaknyamanan saat melakukan gerakan membungkuk dan berjalan maka sebaiknya periksakan masalah tersebut pada dokter. Karena ditakutkan gangguan pada usus halus ini semakin parah dan tidak segera ditangani dengan baik.

  1. Usus Besar.

Gangguan yang menyerang usus besar dapat mengakibatkan timbulnya rasa nyeri atau sakit di bagian perut bawah, yang lebih sedikit dekat pada posisi kanan. Jika sampai terjadi masalah konstipasi maka itu dapat diartikan bahwa sebenarnya ini bukan sakit perut biasa akan tetapi ada gangguan pada usus besar kita. Cari tahu informasi yang lebih dalam mengenai masalah pada usus besar agar kita lebih bisa memastikan kondisi kesehatan kita.

  1. Organ Perut.

Ada banyak jenis penyakit yang sering disertai dengan gejala sakit perut. Susah memang untuk menemukan apa penyebab pasti dari timbulnya sakit pada bagian perut. Seperti masalah pada lambung yang bisa mengakibatkan rasa nyeri pada bagian perut bagian tengah di atas tulang rusuk dan hal ini juga bisa terjadi pada bagian belakang. Perlu untuk kita ketahui bahwa sakit akibat gastrik ataupun esofagus juga sering di alihkan dengan masalah nyeri jantung. Untuk mendapat kepastian yang jelas kita harus pergi berkunjung ke dokter, karena akan sulit bagi kita untuk menemukan kasus sakit pada perut ini.

  1. Pankreas.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Selanjutnya jenis penyakit yang saling berhubungan adalah penyakit yang menyerang pankreas. Jika terjadi gangguan pada pankreas akan timbul rasa sakit di perut di bagian tengah atas. Jika rasa sakit yang terjadi tidak begitu parah maka bisa saja sakit tersebut akan menyebar keseluruh perut. Akan tetapi jika masalah pada pankreas inilah yang menjadi penyebab dari sakit atau nyeri di perut maka sakit yang dirasa akan semakin buruk ketika kita sedang berbaring dengan posisi terlentang dan juga setelah kita selesai makan.

  1. Usus Buntu.

Hati-hati dengan masalah usus buntu yang menyerang kita, karena sering terjadi kesalahan dalam menafsirkan masalah yang satu ini. Usus buntu berada di sebelah kanan bawah perut, akan tetapi jika sampai terjadi masalah usus buntu maka akan menimbulkan rasa sakit diseluruh area perut bahkan bagian lain yang jaraknya cukup jauh dari perut seperti bagian paha sebelah kanan. Usus buntu juga bisa menyebabkan gejala lain seperti demam, mual, muntah, diare atau justru susah buang air besar.

  1. Kandung Empedu dan Hati.

Saat terjadi gangguan pada kandung empedu dan juga hati akan sama-sama menimbulkan rasa sakit atau nyeri di bagian perut kanan atas. Dan rasa sakit ini dapat meluas ke bagian yang sama di belakang. Untuk gangguan pada organ hati juga akan berkaitan dengan beberapa gejala lain seperti ikterus dan mulut berasa asam.

Itulah Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh yang dirasakan oleh kita sendiri, cobalah konsultasi secara periodik ke dokter sehingga penyakit tersebut tidak berkelanjutan menjadi parah.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

GAYA HIDUP SEHAT Gangguan kesehatan pada masyarakat umumnya bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *