Home / Gaya Hidup Sehat / Inilah Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin

Inilah Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin

Inilah Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin | Ketergantungan terhadap pemakaian kipas angin saat tidur malam memang banyak dirasakan oleh banyak orang, terutama untuk para masyarakat yang tidak memiliki pendingin di dalam kamar tidurnya. Kipas angin berfungsi untuk menghasilkan angin yang dapat memberikan kesegaran dan juga kesejukan pada suatu ruangan. Namun perlu kita tahu bahwa sebenarnya ada beberapa dampak negatif dari pemakaian kipas angin saat tidur malam.

Jika kita termasuk salah satu orang yang tidak bisa tidur tanpa adanya kipas angin maka wajib untuk membaca informasi di waha ini. Karena dapat memberikan pengetahuan tentang bahaya kipas angin yang digunakan untuk teman tidur kita di malam hari.

Inilah Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin

Bahaya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin

  1. Infeksi Saluran Pernapasan.

Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin yang pertama adalah Kipas angin hanya berfungsi untuk menghasilkan udara sehingga ruangan dapat terasa lebih sejuk. Akan tetapi, kipas tidak memiliki kemampuan untuk melakukan proses peyaringan udara yang dihembuskannya ke tubuh kita. Maka dari itu, jika kita terus menerus terpapar oleh udara yang dihasilkan oleh kipas angin semalaman padat memicu gangguan pada pernapasan. Karena udara yang dikeluarkan oleh kipas angin bisa mengandung kuman, bakteri, atapun virus yang tanpa sengaja kita hirup. Sehingga akan berisiko terjadinya masalah infeksi pada saluran pernapasan, salah satunya adalah penyakit asma.

  1. Nyeri dan Otot Terasa Kaku.

Salah satu bahaya pemakaian kipas angin saat tidur malam adalah timbulnya rasa nyeri dan juga masalah otot kaku di bagian tubuh kita. Disaat tubuh kita terpapar oleh suhu yang dingin dalam waktu yang cukup lama maka akan mengurangi produksi cairan lubrikasi yang berguna untuk membantu menguatkan otot dan juga persendian dalam tubuh kita. Maka dari itu kita pasti sering merasakan badan terasa kaku dan nyeri di bagian tertentu saat bangun tidur menggunakan kipas angin semalaman. Nah itulah Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin yang kedua.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung
  1. Suhu Tubuh Menurun.

Menggunakan kipas angin saat tidur malam dapat mempengaruhi kondisi suhu tubuh. Hal ini terlihat jelas pada tubuh kita saat kita tertidur pulas. Sejatinya tubuh akan mengeluarkan keringat di saat tidur, dan hal ini memang wajar terjadi. Namun jika kita tidur di bawah hembusan angin dari kipas angin maka akan membuat kulit akhirnya mengering dan mengecilkan pori-pori kulit. Suhu tubuh juga pastinya akan menurun dengan sendirinya, padahal kita membutuhkan keseimbangan suhu tubuh untuk menjaga aktivitas sel imun dalam tubuh.

  1. Kekurangan Pasokan Oksigen.

Posisi wajah yag berada tepat dibawah kipas angin sepanjang malam akan membuat masalah untuk kesehatan tubuh. Sebab angin yang di hasilkan oleh kipas tidak semuanya kandungan oksigen, bahkan bisa juga ditemukan adanya gas karbon dioksida. Maka dari itu, jika angin dari kipas ini terus mengenai wajah kita, akan membuat kita kesulitan untuk mendapatkan pasokan oksigen yang cukup untuk tubuh. Dan buruknya lagi, udara yang kita keluarkan dari hidung dapat kembali lagi di sekitar wajah kita, sehingga sirkulasi udara yang ada pada daerah sekitar wajah menjadi buruk.

  1. Kurangnya Asupan Air.

Perlu kita ketahui bahwa saat tubuh kita berada di dalam ruangan dingin dalam waktu yang cukup lama, akan menjadikan tubuh kekurangan air. Sehingga jika hal ini terjadi sacara terus menerus sepanjang malam, tentu akan berakibat kurang baik untuk tubuh, mengingat tubuh kita membutuhkan asupan air sebanyak 70 persennya. Untuk itu, jika ingin memakai kipas angin saat tidur lebih baik memberikan timer pada kipas sehingga saat kita sudah terlelap kipas akan mati sendiri dan kita dapat menghindari masalah kekurangan asupan air dalam tubuh.

  1. Masalah Kulit Kering.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Bahaya Kolesterol yang wajib kita ketahui

Kondisi kulit kita yang kering tidak hanya terjadi akibat paparan sinar matahari saja. Akan tetapi paparan dingin dari kipas angin dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering. Hal ini disebabkan adanya dampak negatif dari pemakaian kipas angin yang dapat membuat tubuh kekurangan air. Jika tubuh terus kekurangan asupan air, maka kulit tubuhpun akan menjadi kering dan kusam. Karena kulit tidak dapat terhidrasi dengan baik.

  1. Mudah Sakit.

Saat sel imun didalam tubuh tidak dapat beraktivitas secara maksimal karena tidak adanya pengeluaran keringat, dapat menjadikan metabolisme tubuh terganggu dan tidak bisa bejalan secara optimal dan aktivitas sel imun akhirnya menurun.  Hal inilah yang akhirnya membuat tubuh menjadi mudah untuk terserang suatu penyakit. Terlebih lagi jika kita terus menghirup udara yang dihasilkan oleh kipas angin secara terus menerus, yang berkemungkinan besar di dalam udara tersebut tersimpan bakteri ataupun virus.

  1. Sesak Napas.

Sesak napas juga dapat terjadi karena penggunaan kipas angin saat tidur. Hal ini sangat mungkin terjadi karena terlalu sedikitnya jumlah oksigen yang kita hirup. Kekuarangan oksigen dapat mengakibatkan masalah sesak napas dan juga gangguan penyakit asma.

  1. Menyebabkan Penyakit Bell Palsy.

Penyakit Bell Palsy merupakan sebtan untuk masalah kelumpuhan yang terjadi pada wajah, yang akan membuat wajah menjadi sulit untuk tersenyum dan tertawa. Selain itu, biasanya akan terjadi masalah pembengkakan di bagian wajah pada area tertentu. Penyakit Bell Palsy dapat terjadi akibat kondisi saraf di bagian wajah yang menegang akibat terpapar suhu dingin yang dihasilkan oleh kipas angin sepanjang malam.

  1. Berisiko Kematian.

Akibat terlalu sering menggunakan kipas angin saat tidur malam, juga berisiko pada kematian. Hal ini memang jarang terjadi namun bukan berarti tidak mungkin terjadi. Pasalnya dengan terbatasnya jumlah oksigen yang kita hirup dapat membuat kita susah untuk bernapas. Dan terlebih parahnya jika yang kita hirup secara terus menerus adalah karbon dioksida tentunya kemungkinan kematianpun tidak dapat dihindarkan.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar fungsinya selalu optimal

Banyak sekali ternyata Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin. Sebaiknya jika ingin tetap menggunakan kipas angin saat tidur malam disarankan untuk tidak menghadapkan kipas angin tepat pada wajah karena dapat mengganggu pernapasan, arahkan kipas angin kebagian lain yang tidak terlalu mengenai bagian wajah atau tubuh, sehingga risikonya dapat di minimalis. Jangan lupa untuk mengecilkan kipas agar angin yang dihasilkan tidak terlalu besar, dan sebaiknya jagan menggunakan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup dan tempat dengan sirkulasi udara yang buruk. Nah mulai sekarang cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk tidur dengan memakai kipas angin, karena Bahayanya Tidur Malam Menggunakan Kipas Angin ternyata tidak sedikit bukan?

Check Also

Menu Sehat untuk Makan Malam

Menu Sehat untuk Makan Malam, Pola Hidup Sehat

Menu Sehat untuk Makan Malam Menu Sehat untuk Makan Malam – Ваnуаk оrаng уаng sеdаng …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *