Ini Jenis Masker untuk Virus Corona, Yang Bisa Menjamin Virus Ga Masuk

ReferensiKesehatan.Com, Ini Jenis Masker untuk Virus Corona, Yang Bisa Menjamin Virus Ga Masuk – Sudah menjadi rahasia umum bahwa masker sangat sulit dibeli ditengah maraknya virus corona. Padahal masker adalah salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat penting dalam mencegah penyebaran Virus Corona ini.

Sampai-sampai masyarakat akhirnya membuat sendiri masker tanpa mengetahui standar kualitas dari masker itu sendiri. Simak terus artikel Jenis Masker untuk Virus Corona ini untuk mengetahui standar kriteria masker yang cocok untuk menangkal virus corona.

Seperti kita ketahui bersama, penyebaran Virus Corona ini terjadi jika ada percikan air liur orang yang sakit saat dia bersin, batuk, atau saat berbicara. Penularan bisa juga terjadi pada petugas medis yang memeriksa pasien yang kena virus corona. Penularan atau penyebaran virus corona akan terjadi saat percikan air liur mengenai kita. Itulah fungsi utama dari masker.

Jenis Masker untuk Virus Corona

Banyaknya jenis masker yang beredar di pasaran membuat masyarakat bingung memilih jenis masker mana yang paling cocok untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Kamu harus tahu ada jenis masker yang hanya berfungsi atau hanya mampu menangkal polusi tapi tidak bisa menangkal virus Corona.

Berikut ini jenis masker yang bisa menangkal masuknya virus Corona:

Masker bedah

Masker bedah atau biasa dikenal dengan nama surgical mask adalah masker sekali pakai yang paling mudah didapat saat ini, masker ini juga yang paling banyak digunakan baik untuk tenaga medis saat bertugas maupun masyarakat biasa.

Masker Bedah
Masker Bedah

Masker bedah ini bisa dipakai sebagai pilihan utama untuk mencegah penyebaran virus Corona karena masker bedah ini mempunyai lapisan yang mampu menahan percikan air liur seseorang.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara penanganan Virus Corona Yang Menyebar Secara Masif, Pengertian ODP, PDP dan Suspect atau Confirmed

Masker bedah ini lebih baik dan akan efektif jika dipakai oleh orang yang sedang sakit, atau Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan Orang yang sudah Suspect kena virus corona agar tidak menularkan ke orang lain.

So jangan keliru ya, Kamu yang masih sehat jangan rebutan masker ini, karena lebih dibutuhkan oleh orang yang sakit atau punya gejala sakit.

Masker Bedah ini terdiri dari 3 lapisan, tiap lapisan punya fungsi yang berbeda yaitu:

  1. Lapisan luar, lapisan ini berfungsi sebagai lapisan masker yang anti air, sehingga bisa menangkal percikan bersin dari orang lain.
  2. Lapisan tengah yang mempunyai fungsi sebagai filter kuman atau virus corona.
  3. Lapisan dalam yang berfungsi untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut kita, sehingga tidak keluar dan menularkan penyakit ke orang lain.

Kamu jangan sekali-kali memakai masker yang tidak memiliki tiga kemampuan tersebut diatas, karena tidak akan efektif dalam mencegah penyebaran penyakit menular, termasuk virus Corona.

Masker bedah ini harganya sangat murah, tetapi oleh sebagian oknum dijual dengan harga mahal karena kelangkaan masker ini di pasaran.

Masker N95

Masker N95 sangat direkomendasikan sebagai masker yang sangat baik dalam upaya pencegahan virus corona.

Masker N95
Masker N95

Masker N95 memang harganya lebih mahal dari masker bedah, namun Masker N95 mampu menahan sampai ke partikel terkecil termasuk virus.

Masker N95 ini akan terasa mengganggu saat Kamu pakai, masker ini biasanya jauh lebih ketat nempel di wajah karena memang didesain secara pas untuk menutup hidung dan mulut.

Masker N95 ini tidak disarankan untuk dipakai sehari-hari, karena disain nya yang ketat akan membuat Kamu sulit bernapas dan yang pasti gerah, namun masker ini sangat efektif dipakai untuk pencegahan virus corona.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ini Penjelasan Tentang Rapid Test, Siapa yang Dites dan Bagaimana Prosesnya?

Cara Memakai Masker yang Benar

Cara memakai masker yang benar
Cara memakai masker yang benar

Baik Masker bedah maupun Masker N95 bisa dipakai untuk pencegahan virus Corona. Tetapi masker tersebut hanya akan efektif jika Kamu memakainya dengan benar.

Panduan Cara Memakai Masker yang Benar

  1. Yang pertama pastikan dulu Kamu sudah mencuci tangan dengan cara yang benar.
  2. Kalau Kamu pakai Masker Bedah, pastikan yang berwarna hijau berada di sisi luar
  3. Kemudian pasang tali masker dengan baik, tidak longgar, cek apakah di pinggir biasanya masker longgar.
  4. Masker harus dapat menutup mulut, hidung, dan dagu dengan baik dan sempurna.
  5. Kamu harus perhatikan bagian masker yang ada logamnya ada di batang hidung. Kemudian tekan logam tersebut sampai membentuk lekukan hidung Kamu sampai rapat dan tidak ada rongga.
  6. Selama Kamu pakai please jangan menyentuh bagian tengah masker, begitupun saat mau melepas masker.
  7. Setelah dipakai, buang masker langsung ke tempat sampah.
  8. Cuci tangan kembali dengan benar dan bersih.

Saat sekarang dimana kita dihantui pandemi Virus Corona maka pemakaian masker yang baik dan benar sangat menentukan cepatnya penyebaran virus corona ini. Masker apapun yang Kamu pakai, Kamu harus memahami benar-benar cara mekai masker yang benar.

Disamping itu tetap biasakan untuk selalu cuci tangan, tentukan saja misalnya tiap dua jam sekali cuci tangan, tiap kali setelah keluar rumah, dan seterusnya.

Yang paling penting dari itu semua adalah selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tubuh Kamu bisa menangkal virus corona jika sampai kena.

Segera ke dokter atau rumah sakit jika Kamu mengalami gejala demam, batuk, pilek, dan khususnya sesak napas.

Salam Sehat Selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *