Ini Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa

ReferensiKesehatan.Com, Ini Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa – Gejala orang yang terinfeksi Virus Corona hampir mirip dengan flu biasa. Biasanya orang kena flu dimulai dari panas demam, sakit kepala kemudian batuk, gejala virus corona ini hampir mirip dengan flu biasa tersebut.

Batuk adalah salah satu gejala dari virus Corona. Kamu harus tahu dan paham Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa.

Jika diteliti lebih lanjut dan sudah diakui para ahli yang sekarang menangani virus covid-19, batuk sebagai gejala Covid-19 dan batuk biasa punya perbedaan yang dapat diamati dengan teliti.

Informasi dari Medical News Today menyebutkan bahwa batuk yang terjadi pada penderita Covid-19 dan flu atau batuk biasa memang hampir mirip dan sama-sama sering terjadi sepanjang pasien menderita sakit.

Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa

Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa
Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) batuk yang terjadi pada penderita infuenza sering terjadi secara tiba-tiba dan penderita akan sembuh sendiri dalam waktu relatif singkat, yakni kurang dari 2 minggu.

Batuk pada penderita flu biasanya disertai pilek dan bersin-bersin. Sedangkan batuk yang terjadi pada penderita Covid-19 tidak mengalami hal tersebut.

Jika pasien menderita batuk yang juga disertai dengan pilek dan sebelum batuk dimulai dia sudah bersin-bersin terlebih dahulu, kemungkinkan dia kena flu biasa.

Batuk yang merupakan gejala seseorang menderita Covid-19 biasanya adalah Batuk kering yang terjadi terus menerus.

Batuk kering ini berangsung terus selama setengah hari. Batuk ini baru diderita oleh pasien, bukan batuk misalnya karena meroko dan lainnya. So jika Kamu tiba-tiba mengalami batuk kering terus-menerus sepanjang hari, segeralah perikasakan. Ada kemungkinan Kamu terjangkit virus covid-19.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ini Penjelasan Tentang Rapid Test, Siapa yang Dites dan Bagaimana Prosesnya?

Namun bisa saja walaupun sudah mengalami batuk kering, seseorang tidak bisa disebut 100 persen terjangkit virus Covid-19, tetapi jenis batuk ini punya potensi lebih besar sebagai gejala Covid-19.

So jika Kamu mengalami batuk kering seperti diatas maka disarankan agar Kamu segera melakukan isolasi diri secara mandiri agar tidak menularkan virus ke orang lain atau bahkan keluargamu sendiri.

Gejala Covid-19

Hari ke-1

Penderita akan mengalami demam, tubuh serasa lelah terus, otot nyeri, dan batuk kering. Sebagian orang ada juga yang kena diare dan mual satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

Beberapa pasien biasanya mengalami kesulitan bernapas, bahkan sampai gagal napas, kondisi ini biasanya terjadi pada pasien manula atau lanjut usia atau bisa juga ke pasien yang punya riwayat penyakit lain sebelumnya.

Hari ke-7

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Wuhan, hari ke-7 ini adalah waktu rata-rata pasien masuk rumah sakit.

Hari ke-8

Di hari ke-8 ini sekitar 15 persen pasien mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Saat gangguan pernafasan biasanya cairan sudah masuk bahkan memenuhi paru-paru, dan inilah yang sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10

Di hari ke-10 ini jika pasien terlambat ditangani biasanya pasien akan mengalami gejala yang semakin memburuk, pasien dibawa ke ICU. Pasien akan mengalami gangguan perut dan kehilangan nafsu makan. Sekitar 2% dari pasien di fase ini meninggal dunia.

Hari ke-17

Setelah dirawat selama lebih kurang 2,5 minggu, pasien yang bertahan biasanya kondisinya akan membaik dan sembuh sehingga bisa keluar dari rumah sakit.

So, itulah Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa dan gejala serta gambaran lengkap penanganan virus corona dari hari ke hari.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
12 Jenis Penyakit Autoimun Serta Gejalanya

Jangan lupa selalu ikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Selalu jaga stamina tubuh, hidup bersih dan biasakan selalu cuci tangan dan tahan dulu keinginan bepergian, stay at home, yuk selamatkan dunia dan umat manusia.

Salam Sehat Selalu

Check Also

Cara penanganan Virus Corona

Cara penanganan Virus Corona Yang Menyebar Secara Masif, Pengertian ODP, PDP dan Suspect atau Confirmed

ReferensiKesehatan.Com, Cara penanganan Virus Corona Yang Menyebar Secara Masif – Virus Corona menyebar ke berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *