Home / Penyakit / Aterosklerosis / Informasi Seputar Penyakit Aterosklerosis yang Wajib Diketahui

Informasi Seputar Penyakit Aterosklerosis yang Wajib Diketahui

Informasi Seputar Penyakit Aterosklerosis

Selain penyakit stroke, kanker, tumor dan juga kista, salah satu penyakit kronis lainnya yang juga ditakuti hampir sebagian besar orang adalah penyakit aterosklerosis. Penyakit aterosklerosis ini sejatinya merupakan sebuah penyakit penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Penyakit ini terjadi pada pembuluh darah jantung yang berakibat fatal bagi kesehatan. Darah yang menggumpal kemudian bercampur dengan lemak yang menempel di pembuluh darah hingga akibatnya beragam penyakit komplikasi seperti penyakit stroke, jantung akan terjadi.

Yang paling berbahaya adalah ketika kondisi aterosklerosis ini terjadi tanpa disadari dan ketika penderitanya tidak merasakan gejala apapun dan langsung mengalami kondisi aterosklerosis yang sangat parah karena hal ini dapat memicu kematian pada penderitanya.

Mengenai informasi lebih lanjut seputar Aterosklerosis, berikut ini kami punya penjelasan detailnya untuk Anda!

Penyebab Aterosklerosis

Penyakit Aterosklerosis

Penyakit aterosklerosis ini sebenarnya merupakan sebuah penyakit yang terjadi disebabkan oleh penumpukan lemak dan zat – zat lainnya pada dinding pembuluh darah. Lemak yang menumpuk kemudian akan mengeras dan membentuk plak. Dan plak – plak inilah yang kemudian menghambat peredaran darah penderita ke jantung.

Dalam kasus penyakit aterosklerosis, penyumbatan terjadi secara perlahan. Bagian didalam arteri dilapisi oleh endothelium. Endothelium ini merupakan sebuah lapisan sel tipis yang memiliki fungsi untuk menjaga arteri agar tetap kencang dan mulus. Arteri yang mulus ini kemudian membuat peredaran darah ke jantung tetap lancar. Dan ketika suatu masa endothelium ini mengalami kerusakan karena pengaruh tekanan darah tinggi, efek merokok atau kolesterol tinggi dan saat itulah plak akan mulai terbentuk. Tahap selanjutnya yang terjadi adalah LDL atau kolesterol jahat kemudian dicerna oleh sel darah putih. Dan seiring dengan berjalannya waktu gumpalan sel darah putih kemudian menyerang LDL dan plak terjadi di pembuluh darah yang menghambat peredaran darah dan seseorang menderita penyakit aterosklerosis. Lantas, apa komplikasi akibat penyakit ini? Mungkin Anda ingin tahu informasinya juga?

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Resep Ramuan Obat Tradisional Kanker Rahim

Komplikasi Akibat Aterosklerosis

Ketika seseorang sudah terserang penyakit aterosklerosis, kemudian efek samping lainnya dari aterosklerosis ini diantaranya penyakit jantung koroner. Plak yang hanya menempel pada pembuluh darah dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Plak kemudian pecah dan terjadi penggumpalan darah yang bisa mengakibatkan matinya otot jantung. Dan kondisi ini yang kemudian disebut dengan serangan jantung Cerebrovascular disease. Atau bisa juga berujung pada kerusakan otak yang mengakibatkan stroke. Wow sangat berbahaya bukan penyakit komplikasi akibat dari aterosklerosis? Lantas, bagaimana langkah pengobatan yang tepat untuk mengobati penyakit aterosklerosis?

Langkah Pengobatan Aterosklerosis

Ada beberapa aspek yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit aterosklerosis. Beberapa langkah pengobatan penyakit aterosklerosis yang bisa dilakukan diantaranya :

Mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga yang dilakukan secara rutin dan tidak merokok. Ini adalah cara yang tepat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah supaya tidak terjadi plak dan aterosklerosis juga tidak akan dialami.

Dalam rangka mengatasi kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, Anda juga bisa mulai mengonsumsi obat yang dapat mengatasi masalah kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi agar aterosklerosis juga bisa terhambat.

Dan Anda yang memang tidak mengalami penyakit aterosklerosis ini tentu harus mulai bersyukur sejak dini. Rasa syukur itu tentu juga harus diimbangi dengan tindakan melakukan gaya hidup yang sehat dan tindakan pencegahan aterosklerosis seperti informasi berikut ini!

Tindakan Pencegahan Aterosklerosis

Penyakit aterosklerosis ini bisa dicegah dengan beberapa cara. Diantaranya Anda harus mengontrol kesehatan gula darah, menambah asupan sayur dan buah serta hindari konsumsi alkohol. Rutin berolahraga juga bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan penyakit aterosklerosis. Dan bagi orang yang pernah mengalami masalah kesehatan berupa serangan jantung, stroke atau nyeri dada, konsumsi aspirin akan sangat membantu tetapi juga harus dalam dosis yang tepat.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Pola hidup sehat dan benar yang akan mengubah Gaya Hidup Anda

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas yang kami berikan mengenai Penyakit Aterosklerosis bermanfaat. Yuk sejak dini jaga selalu kesehatan Anda dan terapkan pola hidup sehat seperti yang telah kita bahas dimuka.

Paling Banyak Dicari:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *