Home / Gaya Hidup Sehat / Hindari Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Hindari Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Hindari Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan
Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan – Pernahkah anda berpikir apa sajakah yang menyebabkan tubuh anda terlihat lebih tua, padahal umur yang sebenarnya bisa dibilang masih muda ? Sekilas pemikiran anda langsung mengarah ke kebiasaan buruk yang anda lakukan, seperti stres, merokok hingga terlalu banyak makan. Maka hindarilah Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Dari faktor yang sudah disebutkan diatas, hal tersebut memang bisa dikatakan betul. Namun ada penyebab lain yang perlu anda ketahui mengenai hal-hal yang menyebabkan proses penuaan dini lebih cepat dari biasanya.

Anda yang menyukai hobi olahraga, memasak sampai mendengarkan musik ternyata memiliki efek samping yang buruk untuk kehidupan anda. Loh, kok bisa ? Pasti anda tidak akan pernah mengira hal itu berlaku karena kebiasaan tersebut masih wajah dan menyehatkan.

Nah, berikut ini anda dapat melakukan beberapa tips untuk move on yang lebih baik lagi. Tips-tips ini mampu menunda proses penuaan dini dengan melakukan perubahan kebiasaan yang kita lakukan setiap hari diantaranya sebagai berikut :

1. Hindari makanan yang dimasak terlalu lama

Makanan yang digoreng maupun dipanggang secara berulangkali wajib dihindari. Alasannya adalah makanan yang sudah dimasak kemudian dimasak lagi akan membuat reaksi kimia yang dapat memicu radang, sel-sel tubuh menjadi rusak hingga resiko terkena penyakit seperti kanker lebih besar.

Makanan yang memiliki tingkat paling tinggi untuk senyawa biasanya pada makanan yang mengandung lemak dan daging. Untuk tingkat paling rendah seperti makanan yang mengandung karbohidrat dan sayuran.

Apabila makanan yang seringkali dimasak terlalu lama sangat mempengaruhi proses mempercepat penuaan dini. Seperti halnya, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tujuh Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan yang mengganggu

Sebaiknya anda menghindari makanan kategori fast food (siap saji), kandungan lemak tinggi pada daging dan makanan olahan. Disarankan anda mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi seperti pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Pembentukan senyawa dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Tips lainnya adalah saat anda memasak makanan sebaiknya dilakukan pada suhu panas yang rendah apabila rentan waktu memasak yang dibutuhkan cukup lama.

2. Hindari olahraga lari di tangga dan jalan menanjak

Perlu anda ketahui, olahraga lari memang bagus untuk kesehatan. Namun tidak selamanya berlari itu baik loh. Menurut penelitian, berlari pada jalan yang menanjak dapat menambah tekanan pada pergelangan kaki dan lutut.

Meningkatnya beban pada lutut hingga empat kali lipat saat berlari menanjak dapat merusak secara dini pada tulang. Hal ini sangat rawan dan biasa disebut dengan arthritis.

Apabila anda menyukai hobi olahraga terutama lari, disarankan untuk menghindari jalan tanjakan. Pelari profesional pun selalu berhati-hati saat berlari di jalan yang menanjak dan lebih memilih jalan yang datar saat berlari.

3. Terlalu keras saat mendengarkan musik

Mendengarkan lagu dengan volume suara yang keras memang sangat menyenangkan, apalagi lagu tersebut merupakan lagu favorit anda. Namun, apabila terlalu sering melakukannya bisa jadi anda merasa tidak nyaman lagi mendengarkan lagu favorit anda.

Alasannya adalah volume suara yang terlalu keras atau melebihi batas aman dapat meningkatkan resiko gangguan pendengaran. Disarankan anda mendengarkan lagu dengan volume yang tidak terlalu keras dan jangan mendengarkan suara terlalu keras dengan rentan waktu yang cukup lama.

4. Efek samping memakai gadget pada postur tubuh

Jaman sekarang, banyak orang memakai peralatan elektronik seperti handphone dan laptop untuk bekerja dan bersenang-senang. Akan tetapi, kebiasaan buruk saat memakai gadget dapat membuat leher menjadi lebih tegang.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Apa saja Manfaat Sarapan bagi Kesehatan Tubuh? Ini Jawabannya

Posisikan gadget anda harus sejajar dengan postur tubuh dengan tepat, misalkan menempatkan gadget diatas meja. Cara tersebut sangat efektif menghindarkan postur tubuh anda membungkuk secara permanen.

Selain itu, postur tubuh anda saat duduk harus dalam keadaan tegak dan beristirahat tiap 10 menit sekali.

5. Jagalah keseimbangan tubuh anda dengan berolahraga

Saat usia lanjut, banyak orang yang merasa kehilangan keseimbangan sehingga seringkali jatuh bahkan parahnya sampai patah tulang. Banyak lansia yang mengalami cedera karena masalah ini.

Oleh karena itu, saat anda masih bisa bergerak secara aktif dan produktif, alangkah baiknya melakukan olahraga seperti bulu tangkis dan tenis.

6. Gunakan kacamata hitam

Aset berharga anda lainya seperti indera penglihatan atau mata perlu anda jaga loh dari paparan sinar ultraviolet. Saat intensitas kegiatan anda lebih banyak diluar rumah dan seringkali terkena paparan sinar ultraviolet lebih rentan terkena kanker kulit dan penyakit katarak.

Apabila anda sedang dipantai yang mana disekelilingnya lebih banyak air dan pasir, ternyata dua hal tersebut dapat memantulkan sinar UV. Sehingga disarankan anda memakai kacamata hitam saat berada dipantai. Begitu juga saat anda berada di jalan raya, terutama pengendara motor yang lebih sering terkena paparan sinar matahari. Memakai kacamata hitam di siang hari sangat berguna untuk mengurangi cahaya yang terlalu terang dan mengurangi paparan sinar matahari secara langsung.

Check Also

Cantik Alami Tanpa Make-Up

Ingin Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up? Ini Rahasianya

Ingin Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up? Ini Rahasianya…. Semua wanita pasti ingin tampil cantik. Banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *