Home / Uncategorized / Gejala Penyakit Chikungunya

Gejala Penyakit Chikungunya

Gejala Penyakit Chikungunya

Penyakit Chikungunya merupakan salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Lebih khususnya, disebabkan oleh virus RNA masuk pada keluarga Togaviridae. Penularan penyakit Chikungunya melalui gigitan nyamuk betina. Penyakit Chikungunya biasanya banyak terjadi di daerah dengan ikilm tropis seperti di Indonesia. Hal ini dikarenakan nyamuk lebih banyak berkembang biak di daerah iklim tropis.

Gejala Penyakit Chikungunya

Gejala penyakit Chikungunya memang tidak terlalu parah. Juga bukan merupakan jenis penyakit yang mematikan. Namun bila tidak segera ditangani, penderita akan mengalami kesulitan mobilitas. Karena diantara gejala penyakit chikungunya

ialah tubuh mengalami tegang dan kaku. Gejala penyakit chikungunya yang lain ialah sebagai berikut:

Radang Persendian

Penyakit Chikungunya menyebabkan penderita mengalami radang persendian. Virus yang masuk melalui gigitan nyamuk, mengalir ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sehingga sampai menginfeksi sendi yang menyebabkan terjadinya peradangan.

Suhu Badan Naik

Suhu badan naik tidak hanya dialami oleh penderita demam. Panas tinggi juga merupakan salah satu gejala penyakit Chikungunya.

Muncul Bintik Merah pada Kulit Seperti Gejala DBD

Gejala penyakit Chikungunya ini secara kasat mata memang menyerupai gejala Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena di kulit beberapa penderita juga akan muncul binti-bintik merah karena pendarahan di bawah kulit.

Sakit Kepala

Selain itu, penderita penyakit Chikungnya juga akan mengalami sakit kepala serta pusing.

Sakit Punggung dan Menjadi Bungkuk

Gejala penyakit Chikungunya selanjutnya ialah, penderita akan mengalami sakit punggung. Bahkan pada sebagian penderita hingga membuat punggung menjadi sedikit bungkuk. Gejala ini menyebabkan penyakit Chikungunya disebut juga penyakit bungkuk.

Nyeri dan Kaku Otot di Sekujur Tubuh

Virus yang masuk ke dalam tubuh penderita menyebabkan infeksi otot. Sehingga penderita akan mengalami nyeri dan kaku otot di beberapa bagian tubuh atau seluruhnya. Beberapa penderita bahkan mengalami kejang otot hingga sulit bergerak. Bahkan untuk makan dan minum saja, penderita akan mengalami kesulitan menelan. Ini disebabkan otot pencernaan ikut kaku. Namun pada sebagian penderita, hanya mengalami kejang di bagian tubuh tertentu saja.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami

Itulah beberapa gejala penyakit Chikungunya yang perlu kita waspadai, terutama pada musim penghujan. Bila daya tahan tubuh sedang lemah kemudian ada virus RNA masuk ke dalam tubuh, maka kemungkinan besar kita akan mengalami penyakit Chikungunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *