Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru

ReferensiKesehatan.Com, Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paruKanker paru-paru adalah penyebab kematian karena kanker nomor satu di seluruh dunia baik pada pria ataupun wanita. Merupakan penyakit yang biasa ditemukan pada orang tua.

Hampir 70% dari kasus kanker paru-paru ditemukan pada orang yang berusua diatas 65 tahun.

Gejala kanker paru-paru sangat beragam tergantung dimana dan bagaimana penyebarannya. Tanda tanda orang yang terkena kanker paru-paru kadang tidak selalu terlihat dan tidak mudah dikenali. Di beberapa kasus, kanker paru-paru kadang tidak menyebabkan penderita merasa sakit ataupun gejala tertentu.

Gejala kanker paru-paru
Gejala kanker paru-paru

Gejala kanker paru-paru

  • Batuk yang tidak hilang dalam 2-3 minggu.
  • Batuk berkepanjangan dan semakin buruk.
  • Nyeri di dada yang tak kunjung sembuh.saat bernafas, batuk atau tertawa.
  • Infeksi di sekitar dada yang tak kunjung sembuh.
  • Batuk yang berdarah.
  • Sering Susah bernafas atau memiliki nafas yang pendek.
  • Tidak nafsu makan dan turun berat badan.
  • Sering merasa lelah dan kurang semangat.

Biasanya gejala kanker paru-paru tidak terlihat dan baru terdeteksi saat dilakukan pemeriksaan rutin dengan sinar X atau CT-Scan.

Memang sudah umum diketahui bahwa penyebab utama kanker paru-paru adalah rokok. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kanker paru-paru dapat terjadi baik pada perokok ataupun orang yang tidak merokok.

Penyebab kanker paru-paru

Rokok

Penyebab kanker paru-paru pada dasarnya adalah rokok, lebih dari 70% kasus disebabkan oleh rokok, meskipun demikian, orang yang belum pernah merokok juga bisa terkena Kanker Paru-paru.

Rokok memiliki lebih dari 60 jenis senyawa beracun yang disebut karsinogenik. Pada saat orang pertama kali menghisap rokok, saat itu juga lapisan paru-paru mulai rusak.

Rokok adalah penyebab utama kanker paru-paru

Pada dasarnya paru paru dapat memperbaiki kerusakannya sendiri, tapi kalau terus-menerus dirusak oleh asap rokok, akan sangat sulit untuk memperbaikinya. Jika satu sel paru-paru rusak, maka akan menjadi abnormal. Jika hal ini meningkat dapat memicu perkembangan sel kanker.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ini Beda Batuk Virus Corona dan Batuk Biasa

Sel kanker paru-paru yang sangat kecil selalu berkaitan dengan kebiasaan merokok. Jika Anda berhenti merokok, maka resiko terkena kanker paru-paru juga akan menurun seiring waktu.

Merokok pasif

Jika Anda tidak merokok tapi sering berada di sekitar perokok dan tanpa sengaja menghirup asap rokok atau biasa disebut perokok pasif juga bisa meningkatkan resiko terkena Kanker paru-paru.

Gas Radon

Radon adalah gas radioaktif alami berasal dari kandungan sedikit uranium yang terdapat pada batu dan tanah. Kadang zat tersebut ditemukan juga di bangunan gedung.

Jika gas radon terkirup, bisa menimbulkan kerusakan pada paru-paru, terutama jika anda adalah seorang perokok. Radon gas pernah menyebabkan sebagian pengidap kanker paru-paru di London meninggal dunia.

Terpapar zat beracun tertentu atau polusi

Menghirup gas yang mengandung zat beracun, terutama dalam jangka waktu yang lama, juga bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Salah satu jenis kanker paru paru yaitu mesothelioma hampir selalu disebabkan oleh zat beracun pada asbes.

Beberapa gas beracun yang bisa menjadi penyebab kanker paru-paru adalah sebagai berikut:

  • arsenic
  • asbestos
  • beryllium
  • cadmium
  • coal and coke fumes
  • silica
  • nickel

Riset juga membuktikan bahwa menghirup asap mesin disel bisa meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru.

Mutasi genetik juga bisa juga berkembang menjadi kanker paru-paru, terutama jika Anda seorang perokok dan juga terpapar zat karsinogen lain.

Demikianlah artikel tentang Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru semoga bisa menjadi referensi untuk Anda agar selalu menjaga kesehatan.

Salam Sehat Selalu

Check Also

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker – Terdapat beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *