Home / Gaya Hidup Sehat / Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

GAYA HIDUP SEHAT

Gangguan kesehatan pada masyarakat umumnya bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita sebagai manusia seringkali lengah terhadap gejala dan penyebabnya. Tanpa kita sadari ternyata penyebab utamanya adalah dari gaya hidup atau pola hidup yang tidak sehat. Meskipun bisa diakibatkan oleh faktor lainnya seperti; faktor genetik dan pencemaran lingkungan.

Sebenarnya apasih Gaya Hidup Sehat itu? dan kenapa harus menerapkan pola hidup sehat? Pastinya para pembaca penasaran kan, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan singkat berikut.

Gaya Hidup Sehat

Menurut badan kesehatan dunia (WHO) Gaya Hidup Sehat atau yang biasanya lebih dikenal dengan pola hidup sehat adalah suatu keadaan dimana mental fisik dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil, bukan hanya ketiadaan penyakit pada diri manusia saja.

“Gaya Hidup Sehat pada dasarnya masih satu kesatuan dalam program kesehatan”. Maka apabila program berjalan lancar bisa dipastikan tujuan dari program tersebut akan lancar juga.

Dari definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa Gaya Hidup Sehat sangat penting sekali untuk diperhatikan oleh semua orang tanpa terkecuali. Pada sekarang ini, Gaya Hidup Sehat mulai menjadi tren di masyarakat. Hal ini disebabkan semakin banyaknya penyakit-penyakit baru yang bermunculan. Secara umum, masyarakat telah memiliki penyakit masing-masing walaupun seseorang tersebut belum mengetahuinya.

Kenapa harus memiliki Gaya Hidup Sehat?

Karena dengan hidup sehat kita hidup tanpa mempunya gangguan masalah yang bersifat fisik maupun non-fisik. Gangguan fisik berupa penyakit-penyakit yang menyerang tubuh dan fisik seseorang. Sementara non-fisik merupakan gangguan yang menyerang kesehatan mental, jiwa, hati dan pikiran seseorang. Artinya kesehatan meliputi unsur jasmani dan rohani.

Kesehatan seseorang amatlah penting untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia. Karena syarat utama seseorang untuk bisa menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah ketika mereka memiliki kesehatan secara jasmani dan rohani.

Mengapa demikian?

Coba bayangkan saja, jika Anda mempunyai kekayaan yang berlimpah dan dikelilingi orang-orang tercinta di dekitar Anda. Akan tetapi jika keadaan Anda dalam kondisi stress atau terbaring lemah di rumah sakit, apakah Anda akan merasakan kebahagiaan secara sempurna? Tentu saja tidak kan.

Oleh sebab itu, mulailah membiasakan diri dengan Gaya Hidup Sehat. Karena salah satu resep kebahagiaan ternyata sangat sederhana yaitu apabila kita bisa hidup dalam kondisi sehat.

Lalu bagaimana cara memulai Gaya Hidup Sehat min? Coba dijelasin dong, udah penasaran nih.

Oke nanti mimin bakal jelasin bagaimana caranya, tapi sebelum itu simak dulu ya uraian di bawah ini ya biar makin penasaran.

Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Manfaat menerapkan pola hidup sehat sangat banyak sekali terutama untuk kesehatan jasmani dan rohani Anda.

  1. Membuat pikiran lebih positif

Dengan menerapkan Gaya Hidup Sehatakan mendorong pikiran kita untuk selalu berfikir positif, sehingga dapat meningkatkan mood dan produktfitas kerja kita sehari-hari.

Pernahkah Anda merasakan pada saat mood sedang drop yang sering membuat pekerjaan atau aktivitas menjadi kacau, mudah marah dan bawaanya selalu baper dalam setiap keadaan.Itulah mengapa pola hidup sehat sangat perlu sekali untuk diterapakan.

Gaya Hidup Sehat

  1. Membuat tidur lebih berkualitas

Tidur yang berkualitas mempunyai manfaat secara nyata dari penerapan Gaya Hidup Sehat. Dengan tidur berkualitas membuat tubuh ketika bangun menjadi lebih segar, sehat dan bertenaga sebagai modal untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

  1. Membuat tubuh dan pikiran lebih semangat dalam bekerja

Penerapan Gaya Hidup Sehat yang baik juga akan menaikan etos kerja yang baik secara signifikan, hal ini dipengaruhi oleh suksesnya penerapan Gaya Hidup Sehatapa yang biasanya kamu jalani. Sehingga akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap produktifitas kerja sehari-hari

Tubuh dengan pikiran yang segar akan membukakan dan memberikan ide-ide yang lebih kreatif serta memacu semangat untuk bekerja lebih giat lagi.

  1. Membuat penampilan menjadi lebih segar dan menarik

Kita sering sekali merasa letih dan bad mood yang akan berakibat pada penampilan kita menjadi berantakan (amburadul), timbul lingkaran hitam pada mata atau yang biasa dikenal dengan istilah mata panda karena tidur yang tidak berkualitas, bahkan tubuh dapat mengalami obesitas karena salah dalam penerapan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Namun jika Anda rajin menerapkan Gaya Hidup Sehat masalah tersebut tidak mudah untuk dialami. Manajemen tidur yang baik, pola makan yang baik serta gaya hidup yang baik akan membuat penampilan Anda menjadi lebih prima dan selalu siap tampil dalam setiap keadaan.

  1. Mencegah berbagai macam penyakit

Hidup sehat akan memperlihatkan segala aspek tentang berlangsungnya kehidupan yang lebih baik dengan memperlihatkan pola makan, gaya hidup, maupun lingkungan serta berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

Sehingga akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh dan tubuh menjadi lebih sehat terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Percaya diri akan timbul ketika seseorang sudah siap untuk melakukan sesuatu, tubuh yang fit, pikiran yang segar serta penampilan yang menarik dapat kita peroleh dari penerapan Gaya Hidup Sehatyang secara signifikan akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
7 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Baiklah setelah kita sama-sama mengetahui apa itu Gaya Hidup Sehat dan bagaimana manfaatnya, lalu bagaimana cara menerapkan Gaya Hidup Sehat yang baik dan benar ini?

Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini:

Cara Penerapan Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat merupakan gaya yang terfokus hanya pada kesehatan, baik itu makanan, perilaku, bahkan gaya hidup yang sangat berpengaruh kepada kesehatan dan menuju hidup yang sehat.

Gaya Hidup Sehatjuga harus berkomitmen jangka panjang yang terbentuk dari aktivitas sehari-hari yang berulang-ulang dan telah menjadi kebiasaan. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki rencana yang tepat untuk menentukan Gaya Hidup Sehat dimasa depan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar hidup tetap sehat, antara lain sebagai berikut:

  1. Ketahui status kesehatan Anda

Hal yang paling penting untuk menerapkan Gaya Hidup Sehat adalah dengan mengetahui status kesehatan kita, karena dengan mengetahui status kesehtan kita dapat membuat pedoman tentang langkah-langkah apa saja yang dapat kita lakukan jika ternyata didalam tubuh kita telah terdapat suatu masalah kesehatan tertentu.

Namun jika ternyata tubuh kita tidak memiliki masalah kesehatan yang serius kita bisa menyusun langkah bagaimana menjaga serta meningkatkan kesehatan kita menjadi lebih baik dibandingkan dengan saat ini.

Yang harus diperhatikan ternyata bukan hanya kesehatan tubuh saja, tetapi kesehatan jiwa/rohani juga perlu diperhatikan dengan mengetahui status kesehatan Anda

Kiat untuk mengetahui status kesehatan

  • Periksa kesehatan jantung secara online

Jantung merupakan bagian tubuh vital yang wajib sekali untuk anda ketahui status kesehatannya, hal ini merupakan alternatif bagi anda yang ingin mengetahui perkiraan kesehatan jantung secara cepat dan mudah. Untuk melakukannya, anda hanya akan diminta untuk memasukkan data diri berupa umur, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Cara menghitung berat badan ideal

Masalah kesehatan yang tidak kalah serius dan paling umum terjadi pada saat ini adalah obesitas. Tahukah anda bahwa obesitas merupakan salah satu sumber dari segala penyakit yang dapat memicu penyakit lainnya, misalnya saja adalah naiknya gula darah, sesak napas, lemah jantung hingga serangan jantung, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu sangat penting bagi anda untuk selalu memperhatikan berat badan dengan mengetahui berapa berat badan ideal anda.

  • tulis daftar makanan yang anda konsumsi

Hal ini merupakan teknik untuk mengevaluasi jika sewaktu-waktu terjadi masalah kesehatan atau bahkan peningkatan kesehatan pada tubuh anda, anda bisa melihat kembali catatan mengenai daftar makanan yang anda telah konsumsi.

  • mengevaluasi aktivitas fisik anda

Kegiatan yang dapat anda lakukan untuk hal ini yaitu dengan menjawab beberapa pertanyaan, seperti : berapa banyak aktivitas fisik yang anda lakukan dalam seminggu terakhir, apakah anda sudah melakukan olahraga secara teratur, apakah anda hanya duduk-duduk saja dan tidak bergerak secara aktif. Karena menurut pakar kesehatan bahwa orang dewasa rata-rata memerlukan 75 menit aktivitas untuk melakukan olahraga per minggunya dan menggerakkan fisik untuk mengencanangkan otot setidaknya 2 hari dalam seminggu.

  • periksa kesehatan jaringan sosial pada kehidupan anda

Relasi atau jaringan sosial salah satu bagian penting dalam kesehatan, karena hal ini erat kaitannya dengan kesehatan rohani, jiwa dan pikiran. Perlu untuk menanyakan kepada diri sendiri seberapa kuat hubungan kita dengan keluarga, teman-teman dan orang-orang yang berada disekitar anda. Karena setiap diri orang memerlukan kebutuhan mendasar untuk saling berbagi dengan orang lain.

  • periksa mood anda

kesehatan hakiki akan bersinergi dengan tubuh dan pikiran, bukan hanya tubuh yang perlu evaluasi tetapi juga kesehatan mood anda. Bagaimana kondisi mood anda-akhir ini, apakah anda mengalami masalah kecemasan, depresi atau apakah tidur anda nyenyak selama ini.

Itu semua adalah daftar pertanyaan yang wajib anda lakukan untuk mengetahui kesehatan mood anda.

  • periksa lebih lanjut ke dokter

Memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang paling tepat ketika anda ingin memeriksakan keseluruhan kondisi kesehatan anda. Namun, jika anda ingin memastikan kesehatan jiwa, rohani, dan pikiran bisa pergi ke psikiater atau jika anda ingin memastikan kesehatan tubuh anda bisa pergi ke klinik atau rumah sakit agar anda bisa memperoleh informasi yang akurat terhadap status kesehatan anda.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat

Hal ini bukan merupakan pilihan yang sulit, karena untuk menerapkan Gaya Hidup Sehat sangat disarankan sekali bagi anda untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, perbanyak lagi mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan secara teratur, serta memperhatikan lagi kebutuhan asupan nutrisi harian anda.

Seharusnya kita sudah memulai untuk menghindari makanan yang serba instan atau junk food yang dapat menyebabkan obesitas. Lebih baik lagi jika mengkonsumsi makanan yang diolah sendiri agar kualitas nutrisinya lebih terkontrol.

  1. Melakukan aktivitas fisik secara teratur

Untuk menerapkan Gaya Hidup Sehatdengan melakukan kegiatan atau aktivitas fisik ini secara teratur harus anda lakukan, karena selain dapat menyehatkan tubuh aktivitas fisik juga dapat membantu otak dan pikiran menjadi lebih jernih dan lebih rileks dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar fungsinya selalu optimal

Aktivitas fisik mencakup banyak hal bukan hanya dalam bidang olahraga berat saja, tetapi juga dapat melakukan kegiatan yang melibatkan fisik anda, sehingga secara aktif dapat memacu kerja fisik dengan intensitas ringan maupun berat.

Banyak alternatif yang dapat dilakukan untuk aktivitas fisik tersebut, seperti melakukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 60 menit. Jika anda termasuk ke dalam golongan orang yang sibuk, maka jangan pilih olahraga yang terlalu repot, lari santai atau jogging dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik untuk dijalankan setiap minggunya.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang, karena tubuh manusia bukanlah mesin yang dapat beroperasi nonstop. Ada suatu ketika tubuh kita dapat mengalami kelelahan dan perlu untuk mengistirahatkannya.

Istirahat yang cukup menjadi kunci utama untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat, dengan membuat jadwal istirahat yang baik dan menjalankannya secara teratur, seperti tidur pukul 21.00 dan bangun pukul 05.00 untuk melaksanakan sholat subuh kemudian melakukan olahraga kecil sehingga anda memperoleh keseimbangan dalam kehidupan.

  1. Meningkatkan hubungan dengan orang lain

Kodrat manusia sejak lahir adalah sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan dapat hidup tanpa orang lain. Oleh sebab itu, hubungan dengan orang lain menjadi penting dan masuk ke dalam penerapan Gaya Hidup Sehat. Fungsi utamanya adalah untuk menentukan status sosial kita sewaktu dimasyarakat sehingga akan mendorong jiwa serta rohani kita untuk selalu semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan rasa hormat, cinta dan kasih sayang, serta balas budi yang diberikan oleh orang lain terhadap diri kita.

  1. Manajemen stress

Kehidupan di dunia ini tidak akan pernah terlepas dari masalah stress. Stress sendiri sangat erat kaitannya dengan kesehatan jiwa atau rohani anda, rasa sakit bukan kita saja yang akan mengalami ketika masalah kesehatan sudah mulai menghampiri. Namun beban pikiran yang berat dapat menyebabkan stress dan ketika kita sudah mengalami stress akan terasa berat sama halnya dengan masalah kesehatan yang sedang dialami.

Oleh sebab itu, kita harus pandai-pandai dalam membuat manajemen stress agar tidak mengganggu produktifitas kerja kita setiap harinya. Salah satu solusi yang mudah untuk menghilangkan stress yaitu dengan memberi waktu bagi pikiran untuk refresing, melakukan hobi, atau dengan meditasi untuk mencari ketenangan jiwa.

Gaya Hidup Sehat

  1. Menciptakan udara yang bersih

Udara yang bersih merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup demi keberlangsungan hidupnya di dunia. Bagi orang yang tinggal di perkotaan akan lebih merasakan bagaimana perbedaan kondisi udara karena sudah tidak tersedia lagi lahan hijau, sedangakan orang yang tinggal di daerah pedesaan tentunya selalu merasakan udara yang bersih karena masih banyak pepohonan hijau.

Hal ini yang menjadikan penduduk perkotaan harus melakukan pengendalian terhadap kebersihan udara, paling tidak dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan mulai menanam pohon di sekitar rumah. Sehingga udara menjadi bersih dan kita dapat hidup sehat.

  1. Pribadi yang kuat

Menjadi pribadi yang kuat juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan secara menyeluruh. Pribadi yang kuat bukan berarti orang yang sanggup mengangkat beban berat ya, tetapi lebih kepada orang yang mampu mengendalikan keseluruhan aktivitas hidupnya. Diantaranya yaitu kepribadian untuk pantang mengonsumsi apapun yang bersifat merusak, seperti : tembakau, alkohol narkoba, dan makanan yang mengandung pengawet dan bahan-bahan yang berbahaya lainnya.

Wah jadi banyak bangeet ya min penjelasan mengenai penerapan Gaya Hidup Sehatnya. Lalu bagaimana nih min, kalau kita justru lebih memilih hidup sembarangan, apakah ada akibatnya juga?

Untuk hal tersebut jelas ada dong, kan ada satu pepatah yang mengatakan bahwa “apa yang kita tanam, itulah yang kau tuai”, maka dari itu ketika kita tidak menerapkan Gaya Hidup Sehat akan ada beberapa akibat yang diterima. Langsung aja disimak penjelasan berikut ini yaa..

Akibat Tidak Menjalani Hidup Sehat

Ada penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa orang yang sering merokok, tidak berolahraga, makan sembarangan, dan sering minum-minuman yang beralkohol akan meningkatkan risiko tiga kali lipat mengalami kematian akibat penyakut jantung dan hampir empat kali lipat berisiko mengalami kematian karena kanker (bukan kantong kering lho). Bukan hanya itu saja, ternyata kebiasan-kebiasan ini juga bisa mempengaruhi performa sehari-hari, lho!

  1. Performa kerja menurun

Seorang ahli nutrisi, Deanna Moncrief, mengatakan bahwa karyawan yang mengalami kekurangan nutrisi akibat terlalu banyak makan-makanan olahan dan kurang asupan sayur dan buah membuat mereka tidak bisa melakukan pekerjaannya secara maksimal dan output pekerjaan yang dihasilkan nantinya pun lebih sedikit dibandingkan dengan karyawan yang menjaga gaya hidup mereka.

Pola makan yang tidak dijaga disertai dengan aktivitas duduk yang berlebihan dapat mengakibatkan berat badan mereka bertambah. Penambahan berat badan ini membuat kerja jantung menjadi lebih berat. Itulah mengapa kebanyakan karyawan yang tidak menjalani Gaya Hidup Sehatakan merasa lebih cepat lelah dan kurang produktif.

  1. Mengurangi penampilan

Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan tubuh mengalami penuaan dini, baik bagian dalam maupun luar. Jika bagian dalam, usia organ tubuh bisa jadi melibihi usia seseorang yang sebenarnya, jika dilihat dari kemampuan fungsinya.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara mencegah kanker payudara sejak dini agar terhindar dari Kanker

Apabila bagian luar, penuaan pada kulit akan terlihat dengan jelas ketika seseorang sering merokok,  minum-minuman beralkohol dan sering begadang. Kurangnya nutrisi baik bisa menimbulkan masalah pada kulit seperti kerutan, lingkaran hitam pada mata, kulit kering dan kasar.

  1. Performa seksual menurun

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine mengungkapkan bahwa beberapa faktor gaya hidup tidak sehat seperti masalah fisik yang kurang aktif, konsumsi alkohol dan rokok yang tinggi serta pengaruh obat-obatan keras cepat berpengaruh pada disfungsi seksual pada pria.

Sedangkan pada wanita, efeknya bisa menimbulkan peningkatan risiko anorgasima (kesulitan atau ketidakmampuan untuk mencapai klimaks selama melakukan aktivitas seksual dengan pasangan).

Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Kesehatan adalah suatu hal yang sangat berharga dan wajib bagi kita untuk menjaganya. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan Gaya Hidup Sehat.

Nah, perlu temen-temen ketahui juga bahwa dalam agama Islam ternyata Rasulullah SAW telah mencontohkan kepada kita bagaimana Gaya Hidup Sehat ala beliau. Oleh karena itu, kita juga perlu belajar dan meniru apa yang beliau lakukan karena Rasulullah merupakan teladan kita.

Berikut ini adalah beberapa Tips Kesehatan atau Gaya Hidup Sehat Rasulullah menurut Prof. Dr. Mustofa Romadhon berdasarkan berbagai riwayat yang dapat dipercaya, yaitu sebagai berikut :

  1. Rasulullah SAW selalu bangun sebelum subuh untuk Qiyamul lail, sehingga asupan awal ke tubuh beliau adalah udara sepertiga malam terakhir. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara pada waktu itu sangat kaya oksigen, sehingga sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh, yang akan berpengaruh terhadap visalitas seseorang dalam aktivitas sehari penuh.

Itulah sebabnya mengapa orang yang memulai aktivitas di pagi hari biasanya akan menjalani hari dengan penuh semangat dan optimisme.

  1. Di pagi hari, Rasulullah selalu menggunakan siwak untuk kesehatan mulut dan giginya. Siwak mengandung flour alami yang sangat berguna bagi kesehatan gigi dan gusi. Saat ini, ekstrak siwak sering kita jumpai dalam pasta gigi, sehingga lebih mudah untuk kita gunakan.
  2. Ketika memulai sarapan Rasulullah akan mendahulukan minum segelas air dingin yang dicampur sesendok madu asli yang khasiatnyaluar biasa. Dalam al-Quran, dapat kita ketahui bahwa madu merupakan obat atas berbagai penyakit. Madu juga mengandung mikronutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Ketika masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah senantiasa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa’ (matang). Beliau juga pernah bersabda: “Barang siapa makan tujuh butir kurma, maka akan terlindung dari racun”.
  4. Menjelang sore hari, menu Rasulullah cukup dengan cuka dan minyak zaitun yang dikonsumsi dengan makanan pokok seperti roti. Manfaatnya antara lain : mencegah lemah tulang, melancarkan sembelit, melancarkan pencernaan, mencegah kepikunan, menghancurkan kolestrol, dll.
  5. Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran mempunyai kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan berbagai penyakit.
  6. Setelah makan, Beliau tidak langsung tidur, melainkan akan melakukan aktivitas terlebih dahulu sehingga makanan yang dikonsumsi masuk ke lambung dengan cepat dan mudah dicerna.
  7. Beberapa jenis makanan yang disukai oleh Rasulullah, tetapi Beliau tidak rutin mengkonsumsinya antara lain: campuran roti daging dengan kuah air masak, buah labu air, buah anggur, dan susu.
  8. Inti pola konsumsi Rasulullah yaitu menghindari berlebihan dalam makan dan minum, Beliau pun tidak melakukan makan lagi sesudah kenyang. Menurut Prof. Dr. Musthofa menekankan bahwa kenyang bukan hanya sekedar memenuhi perut dengan makanan. Tetapi kenyang yang sebenarnya adalah tercukupinya zat-zat yang dibutuhkan sesuai dengan proporsi dan ukurannya.
  9. Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, Beliau tidak menyukai berbincang dan makan sesudah waktu isya. Beliau akan mengutamakan tidur lebih awal supaya bangun lebih pagi. Karena istirahat yang cukup, seperti tidur yang merupakan hak tubuh dan dibutuhkan oleh tubuh agar lebih fresh.
  10. Rasulullah sering menyempatkan diri untuk berolahraga, terkadang sambil bermain dengan anak dan cucunya. Olahraga diakui oleh para pakar kesehatan sangat bermanfaat bagi tubuh.
  11. Berdasarkan riwayat, Aisyah r.a. pernah mengatakan bahwa: “Dahulu Rasulullah SAW tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti”.

Penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya dua jenis makanan dalam perut telah melahirkan berbagai macam penyakit. Untuk itu, sangat penting bagi kita dalam mengkombinasikan makanan dengan baik.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai Gaya Hidup Sehat yang dapat kami sampaikan. Dengan menjalani Gaya Hidup Sehat sama dengan kita berinvestasi untuk hidup yang lebih berkualitas di masa depan dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan pengobatan dan perawatan. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Yuk, mulai Gaya Hidup Sehat dari sekarang!

Check Also

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Agar Senantiasa Sehat

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Manusia dibekali Tuhan untuk menunjang kehidupan sehari – harinya dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *