Fakta Tentang Virus Corona, Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Kapan Harus Segera ke Rumah Sakit

ReferensiKesehatan.Com, Fakta Tentang Virus Corona, Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Kapan Harus Segera ke Rumah Sakit – Hampir tiap hari kita mendengar dan membaca Fakta Tentang Virus Corona atau Covid-19.

Tapi seberapa jauh kita memahami Fakta Tentang Virus Corona ini? Mungkin banyak di antara kita yang sebenarnya belum memahami apa sesungguhnya virus corona yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan itu.

Kurangnya pemahaman ini akan membuat kita salah persepsi tentang virus corona dan kemudian menimbulkan ketakutan dan kepanikan yang berlebihan di komunitas masyarakat kita.

Fakta Tentang Virus Corona

Tentang Covid-19

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona atau SARS-CoV-2 yang berasal dari keluarga virus corona. Virus Corona yang menyebar sekarang ini belum pernah ada sebelumnya.

Virus corona yang baru ini dapat menular pada manusia, baik melalui hewan ke manusia, maupun manusia ke manusia. Saking cepatnya proses penyebaran atau penularan Virus Corona ini di seluruh dunia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Gejala Covid-19

Menurut WHO, gejala umum yang dialami seseorang yang terinfeksi virus corona adalah:

  • demam
  • merasa mudah lelah
  • batuk kering
  • Dada beberapa kasus infeksi pasien virus corona juga ada yang mengalami pilek, sakit tenggotokan, hidung tersumbat, atau diare.

Gejalanya sangat mirip dengan Flu biasa.

Ada sekitar 80 persen penderita hanya mengalami gejala ringan, seperti flu biasa. Pasien yang terinfeksi virus corona ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa membutuhkan pengobatan khusus.

National Health Service (NHS) lebih rinci menyebutkan gejala yang lebih spesifik, yaitu jika seseorang terinfeksi Covid-19, temperatur tubuhnya akan tinggi yang dapt dirasakan pasien di bagian dada atau punggung.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Mendeteksi Lebih Dini Gejala Awal Kanker Serviks

Disamping itu NHS juga memberikan informasi bahwa pasien yang terpapar virus corona ini akan mengalami batuk kering yang terus-menerus.

Sampai tulisan ini dibuat belum vaksin yang ditemukan untuk mengobati penyakit covid-19 ini. Pasien yang berhasil sembuh dari penyakit Covid-19 sepenuhnya tergantung pada kekuatan sistem imun tubuh pasien sendiri.

Kapan harus ke dokter?

Walaupun demam dan batuk termasuk Gejala Penyakit Covid-19 namun Kamu belum perlu pergi ke dokter atau Rumah Sakit untuk memeriksakan diri.

NHS memberikan saran untuk orang yang mengalami batuk atau demam agar tetap tinggal di rumah selama 7 hari. Jika orang tersebut tinggal bersama dengan keluarga maka dia harus mengisolasi diri di kamar dan menjaga jarak dengan keluarga selama 14 hari.

Isolasi diri dan jaga jarak harus dilakukan dengan disiplin agar penyebaran virus tidak meluas ke anggota keluarga yang lain.

Jika gejala berlanjut lebih dari 7 hari, maka Kamu disarankan untuk menghubungi layanan kesehatan untuk mendapatkan tes virus corona atau yang lebih dikenal dengan Rapid Test.

Kenapa virus corona lebih berbahaya dari Flu Biasa?

Belum ada lembaga resmi yang dapat memberikan informasi seberapa berbahayanya virus corona baru ini bagi manusia. Kenapa? Karena SARS-Cov-2 ini merupakan virus jenis baru, jadinya belum banyak data dan informasi yang dipelajari oleh para ahli.

Namun dari beberapa kasus dipastikan virus corona ini sangat cepat menular dan menyebar.

Beda Covid-19 dengan flu biasa adalah covid-19 belum ada vaksin yang ditemukan untuk mengobati jika kita kena infeksi virus ini. Makanya virus ini jadi mengerikan dan berbahaya bagi mereka yang berada dalam kelompok populasi yang rentan yaitu orang tua dan yang memiliki riwayat penyakit lain yang beresiko tinggi.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gejala dan Penyebab Kanker Paru-paru

Keluarga virus corona yang lain

Selain Covid-19, keluarga virus corona juga menyebabkan terjadinya wabah SARS dan MERS yang melanda dunia beberapa tahun lalu.

Baik SARS dan MERS disebabkan oleh virus corona yang datang dari hewan. Tahun 2002 SARS menyebar ke 37 negara, 8 ribu orang terinfeksi dan 750 meninggal dunia. Sedangkan Mers lebih jauh lebih mematikan dari Sars.

Tindakan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

WHO menyarankan beberapa tindakan untuk mencegah infeksi dan memperlambat penularan Covid-19, diantaranya:

  • Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, atau bisa juga diganti dengan membersihkan tangan dengan alkohol.
  • Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain yang batuk atau bersin.
  • Menghindari sedapat mungkin kebiasaan menyentuh wajah.
  • Selalu menutup mulut dan hidung saat batuk maupun bersin, paling baik ditutup dengan siku luar, jangan dengan telapak tangan ya, karena kita terbiasa mengusap bagian wajah dengan telapak tangan.
  • Usahakan selalu berada di rumah jika Kamu merasa tidak sehat.
  • Jangan merokok dan melakukan aktivitas lain yang akan mebuat paru-paru Kamu lemah.
  • Hindari perjalanan jauh yang tidak perlu.
  • Jangan berkumpul dengan kelompok besar orang.

So itulah beberapa Fakta Tentang Virus Corona, Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Kapan Harus Segera ke Rumah Sakit. Semoga dapat membantu Kamu dalam memahami Virus Corona dan bisa menghindari kemungkinan terinfeksi.

Salam Sehat Selalu

Check Also

Cara penanganan Virus Corona

Cara penanganan Virus Corona Yang Menyebar Secara Masif, Pengertian ODP, PDP dan Suspect atau Confirmed

ReferensiKesehatan.Com, Cara penanganan Virus Corona Yang Menyebar Secara Masif – Virus Corona menyebar ke berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *