Home / Gaya Hidup Sehat / Ciri-Ciri Radang Usus, Ayo Jaga Pencernaan Kita

Ciri-Ciri Radang Usus, Ayo Jaga Pencernaan Kita

Ciri-Ciri Radang Usus

Tahukah Anda apa itu penyakit radang usus dan ingin mengetahui apa saja ciri-ciri radang usus? Penyakit radang usus tentunya penyakit berbahaya yang menyerang bagian usus dalam tubuh. Peradangan pada usus dapat mengganggu sistem pencernaan yang ada pada tubuh semakin parah jika tidak segera ditangani dengan baik. Penyakit radang usus ini dapat diketahui dari berbagai penyebabnya dan juga ciri-ciri penderita yang mengalami penyakit radang usus.

Ciri-Ciri Radang Usus

Beberapa penyebab penyakit radang usus yang dapat Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Faktor usia

Penyebab pertama yang didapat pada penderita radang usus adalah faktor usia. Usia sangat mempengaruhi seseorang mengalami penyakit radang usus. Penyakit radang usus ini disebabkan oleh usia memasuki usia 30 tahun keatas sampai usia lansia diatas 50 tahun. Sehingga dari sejak awal Anda harus menjaga kesehatan demi terhindari dari penyakit radang usus yang rentan menyerang bagian dalam tubuh.

  1. Faktor keturunan keluarga

Penyebab kedua yang ditimbulkan dari penyakit radang usus adalah faktor keturunan keluarga. Anda harus tahu bagaimana asal usul penyakit keluarga. Bisa saja penyakit radang usus disebabkan karena orangtua atau saudara lainnya yang pernah mengalami radang usus. Sehingga penyakit radang usus akan diturunkan pada keturunan selanjutnya.

  1. Konsumsi rokok berlebihan

Penyebab ketiga yang ditimbulkan dari penyakit radang usus adalah konsumsi rokok yang berlebihan. Kandungan berbahaya dalam rokok mampu mengganggu sistem organ dalam tubuh. Apalagi keberfungsian usus akan sangat terganggu. Bahkan bahan berbahaya rokok dapat menimbulkan kanker pada tubuh.

  1. Lokasi rumah yang berdekatan dengan pabrik

Penyebab keempat yang bisa menyebabkan penderita mengalami sakit radang usus adalah lokasi rumah yang berdekatan dengan pabrik. Aktivitas pabrik yang mengganggu lingkungan sekitar dengan pencemaran yang ditimbulkan. Hal ini juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh, terutama usus pada tubuh akan terkena radang.

  1. Terjadi kelainan sistem kekebalan dalam tubuh
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Hindari Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Penyebab kelima yang dapat membuat penderita mengalami radang usus adalah terjadi kelainan sistem kekebalan dalam tubuh. Kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit. penyakit peradangan yang terjadi pada usus dapat menyebabkan penderitanya mengalami sakit radang usus.

  1. Kondisi stress dan faktor makanan

Penyebab lainnya yang ditimbulkan penderita penyakit radang usus adalah kondisi stress dan faktor makanan. Kondisi stress dan makan makanan tidak sehat membuat kondisi penderita radang usus semakin memburuk. Sehingga buat kondisi tubuh rileks dan mengkonsumsi makanan sehat untuk membantu sembuhkan penyakit radang usus.

Dibawah ini ada berbagai ciri-ciri radang usus yang dapat Anda ketahui bersama:

  1. Mengalami diare

Ciri-ciri radang usus awal yang bisa Anda ketahui adalah penderita mengalami diare. Diare atau sering disebut mencret adalah kondisi dimana sisa makanan akan encer karena adanya masalah di dalam perut. Penyakit diare ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada usus dalam tubuh. Akibatnya perut akan terasa mules dan juga gangguan pada fungsi usus dalam mencerna makanan.

  1. Mengalami mual dan bahkan muntah

Ciri kedua yang dialami penderita penyakit radang usus adalah mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah disebabkan adanya infeksi pada bagian usus sehingga adanya gangguan pada sistem pencernaan. Makanan yang dikonsumsi akan cepat dikeluarkan dan penderita radang usus bisa mual dan juga muntah. Jika terjadi hal demikian, Anda perlu memeriksakan diri untuk mengetahui kondisi yang Anda alami dan menyembuhkannya dengan segera.

  1. Buang air besar disertai keluarnya darah
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Diet Sehat Pasca Melahirkan Secara Alami Tanpa Obat

Ciri ketiga yang dialami pada penderita yang mengalami sakit radang usus adalah buang air besar yang disertai dengan darah. Penderita radang usus tentunya sering mengeluarkan darah pada saat Anda mengeluarkan sisa makanan atau buang air besar. Hal ini jika terus dibiarkan akan semakin memperparah kondisi tubuh yang mengalami penyakit radang usus.

  1. Nafsu makan yang semakin menurun

Ciri-ciri penderita penyakit radang usus adalah nafsu makan yang semakin menurun. Nafsu makan menurun akibat infeksi atau radang yang dialami pada usus. Selain itu tidak nyaman kondisi perut membuat penderita malas untuk makan. akibatnya peradangan pada usus akan semakin parah.

  1. Mengalami demam dan mudah lelah

Ciri kelima pada penderita radang usus adalah mengalami demam dan mudah lelah. Demam atau kenaikan suhu dalam tubuh disebabkan oleh infeksi peradangan yang terjadi di bagian usus. Sehingga membuat tubuh demam dan merasa terganggu. Selain itu usus yang terserang peradangan dapat membuat tubuh mudah lelah walaupun tidak melakukan pekerjaan yang berat.

  1. Mengalami berat badan yang menurun

Ciri keenam yang ditimbulkan dari peradangan pada usus adalah mengalami berat badan yang terus menurun. Bagian usus dalam tubuh yang mengalami gangguan pada saat mencerna makanan, tentu akan mengganggu kesehatan tubuh. Jika makanan sulit dicerna, otomatis berat badan akan semakin menurun akibat tubuh kekurangan asupan gizi dan nutrisi yang cukup.

  1. Perut yang terasa kembung

Ciri selanjutnya yang dapat dilihat pada penderita radang usus adalah perut yang terasa kembung. Perut yang kembung disebabkan adanya infeksi yang terjadi di bagian usus. Perut kembung akan mengganggu kesehatan tubuh. Selain perut yang kembung, penderita radang usus ini juga mengalami kesulitan kentut. Padahal sangat berbahaya jika gas dari kentut tidak dapat dikeluarkan dengan baik.

  1. Sulitnya buang air kecil
Referensi Hidup Sehat Lainnya
7 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ciri penderita radang usus lainnya yang juga biasanya dirasakan adalah sulitnya buang air kecil. Gangguan infeksi pada usus berpengaruh besar terhadap pengeluaran cairan dalam tubuh berbentuk urin atau kencing. Sehingga penderita akan mengalami sakit dan gangguan akibat kesulitan kencing.

Penyakit radang usus dapat dicegah dengan berbagai cara alami yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. Menjaga pola makan dengan baik

Kesehatan sangat tergantung pada makanan yang dikonsumsi setiap hari. Penderita radang usus tentunya juga wajib mengontrol dan menjaga pola makan dengan baik. Hindari makanan cepat saji yang akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan usus. Sebaiknya Anda konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang mengandung banyak serat untuk membantu melancarkan proses mencerna makanan di dalam tubuh.

  1. Hindari konsumsi rokok

Untuk menghindari penyakit radang usus Anda dapat pula menghindari konsumsi rokok. Rokok tentu suatu bahan berbahaya yang mengandung nikotin dan zat lainnya yang dapat merusak organ dan kesehatan dalam tubuh. Kandungan berbahaya dalam rokok mampu menyebabkan infeksi peradangan di bagian usus. Sehingga Anda sejak dini hindari atau bahkan berhenti merokok sebelum menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Penyakit radang usus agar terhindari dari tubuh Anda dapat mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Air putih ini dapat membantu membersihkan organ dalam tubuh dan memenuhi asupan cairan pada tubuh. Air putih dapat mencegah usus mengalami infeksi peradangan yang akan membuat tubuh terganggu. Setidaknya Anda mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari agar terhindar dari ciri-ciri radang usus yang bisa dilihat pada penderitanya.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

GAYA HIDUP SEHAT Gangguan kesehatan pada masyarakat umumnya bisa muncul kapan saja, apalagi jika kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *