Home / Kehamilan / Ciri-ciri Hamil Anak Kembar, Ibu Hamil Wajib Mengetahui

Ciri-ciri Hamil Anak Kembar, Ibu Hamil Wajib Mengetahui

Ciri-ciri Hamil Anak KembarCiri-ciri Hamil Anak Kembar – Kondisi kehamilan saat ini bisa dipantau secara baik dengan pemeriksaan secara berkala dan mengetahui apa saja kondisi tubuh yang terjadi selama kehamilan termasuk ketika hamil anak kembar. Hamil anak kembar tentu saja menjadi kabar gembira sekaligus memerlukan penanganan serta pemeriksaan yang rutin. Kondisi ibu hamil tunggal dan kembar tentulah berbeda baik dari segi hormonal, fisik bahkan kesehatan yang dimilikinya. Kondisi yang dua kali lipat lebih berat akan dialami ibu hamil kembar.

Selain memeriksa fisik, hamil anak kembar bisa diidentifikasi dari morning sickness yang lebih tingg intensitasnya serta berbagai hal lain. Ibu hamil kembar memiliki kondisi perubahan hormon yang lebih banyak dari lainnya. Sehingga rentan stress dan berbagai gangguan kesehatan lain. Anda bisa memantau perkembangan janin dan Ciri-ciri Hamil Anak Kembar secara mudah saat ini, dengan ulasannya yang akan dibahas lebih lanjut berikut ini.

Ciri-ciri Hamil Anak Kembar

  1. Morning sickness lebih ekstrim

Pada kehamilan kembar, ibu hamil akan mengalami morning sickness yang lebih ekstrim dari biasanya. Hal ini disebabkan adanya hormon Gonadotropin Chorionic yang lebih tinggi pada kehamilan kembar. Jika normalnya morning sickness dilalui pada fase kehamilan 12 hingga 24 minggu, maka hal ini bisa lebih lama karena tingkatan hormon tersebut jauh lebih besar.

  1. Bercak darah saat kehamilan

Anda tidak perlu panik terlebih dulu dengan adanya bercak darah selama kehamilan ini. biasanya menjelang kelahiran flek masih sering terjadi baik intensitas ringan hingga sedang. Hal ini karena kondisi dinding rahim karena implantasi embrio menjadi lebih intens. Namun jika bercak darah yang terjadi disertai adanya penggumpalan maka anda perlu memeriksakan diri ke medis untuk penanganan lebih lanjut.

  1. Berat badan lebih besar
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil Agar Sehat saat Melahirkan

Pada kehamilan tunggal biasanya berat badan akan bertambah normalnya hingga 15 kg. Namun pada kehamilan kembar ini, berat badan akan lebih besar dengan rata – rata 5,1 lbs pada fase usia 35 minggu. Hal ini akan terus meningkat jika anda mengandung bayi kembar tiga hingga empat. Kondisi ibu hamil akan lebih gemuk dengan perut yang lebih besar dari wanita yang hamil tunggal, ini menunjukkan Ciri-ciri Hamil Anak Kembar

  1. Glukosa darah tinggi

Tanda lainnya ada pada kondisi glukosa yang dialami selama kehamilan yang lebih tinggi. Selain faktor hormon, glukosa yang tinggi ini karena kondisi janin yang dikandung lebih dari satu. Jika tidak ditangani secara baik maka dampaknya bisa pada darah tinggi hingga berbagai resiko lainnya yang berbahaya untuk ibu hamil dan janinnya.

  1. Twin Twin Transfusi Syndrome

Kondisi ini merupakan situasi dimana kedua bayi berbagi plasenta yang monokromik. Sindom ini terjadi karena adanya kelainan pembuluh darah serta adanya distribusi nutrisi yang tidak maksimal. Biasnya ketidakseimbangan nutrisi ini akan terjadi dan pemantauan yang lebih ekstra amat diperlukan.

Demikian beberapa Ciri-ciri Hamil Anak Kembar yang bisa anda identifikasi. Semoga bermanfaat menambah informasi dan pengetahuan anda.

Check Also

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil, Air kelapa memang dianjurkan untuk dikonsumi para wanita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *