Home / Penyakit / Darah Tinggi / Ciri-Ciri Darah Tinggi Dan Cara Pencegahannya Yang Harus Anda Ketahui

Ciri-Ciri Darah Tinggi Dan Cara Pencegahannya Yang Harus Anda Ketahui

Ciri-ciri darah tinggi – Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu kondisi dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal. Penyakit darah tinggi ini memang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penderitannya mengalami kematian. Selain itu, tingginya tekanan darah juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan masalah yang serius pada jantung akibat terlalu lelah memompa aliran darah.

Ciri-Ciri Darah Tinggi Dan Cara Pencegahannya

Penyakit darah tinggi ini memang tidak sedikit orang yang mengalaminya. Penyakit ini juga banyak diderita oleh kalangan orang yang berusia lanjut diantara usia 40 hingga 50 tahun. Penyakit tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan karena gejala yang ditimbulkan penyakit darah tinggi ini sangatlah sulit untuk diketahui oleh penderitanya jika tanpa melakukan pemeriksaan. Hal inilah yang dapat membuat penyakit darah tinggi semakin parah dan menyebabkan banyak nyawa yang melayang. Penyakit darah tinggi ini dapat di ketahui apabila anda sudah memeriksa kesehatan di rumah sakit dengan mengukur tekanan darah tinggi.

Pada umumnya siapapun dapat memiliki tekanan darah tinggi, baik itu orang yang berusia muda ataupun tua, akan tetapi tekanan darah tinggi yang biasanya terjadi tersebut dapat turun kembali dan ini tidak akan menimbulkan permasalahan yang besar. Namun sebaliknya tekanan darah tinggi yang tidak turun akan sangat membahayakan karena dapat membuat anda mengalami komplikasi pada penyakit lainnya dan bahkan dapat membuat anda mengalami kematian.

Penyakit darah tinggi ini disebakan karena adanya kesalahan dalam menjalani pola hidup pada saat masa muda sehingga hal tersebut bisa berefek dan berdampak buruk pada saat usia lanjut.

Ciri-Ciri Darah Tinggi

Berikut ini ada beberapa Ciri-Ciri Darah Tinggi yang harus anda ketahui, yaitu :

  1. Sakit kepala atau pusing
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

Sakit kepala atau pusing merupakan salah satu ciri-ciri penderita darah tinggi yang paling umum dan sering dialami oleh mereka. Sakit kepala ini memang sering kali tidak disadari sebagai salah satu ciri-ciri dari penyakit darah tinggi. Padahal sakit kepala ini tidak bisa dianggap remeh karena jika terlalu lama didiamkan dapat memicu terjadinya sakit vertigo yang rasa sakitnya jauh lebih parah dibandingkan dengan yang lainnya. Oleh sebab itulah, anda harus berhati-hati apabila merasakan sakit kepala atau pusing yang berkempanjangan karena bisa jadi itu merupakan salah satu ciri-ciri anda terkena darah tinggi. maka dari itu, sebaikya anda segera melakukan konsultasi pada dokter ataupun petugas kesehatan sebelum penyakit ini semakin parah dan menimbulkan penyakit lainnya seperti stroke.

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah memang sudah menjadi gejala umum apabila anda mengalami sakit atau masuk angin. Akan tetapi perlu anda ketahui jika mual dan muntah juga bisa menjadi pertanda awal anda terkena penyakit tekanan darah tinggi. Namun mual dan muntah yang biasanya terjadi pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi sedikit berbeda. Karena mual dan muntah yang mereka alami akan disertakan dengan pandangan yang berkunang-kunang dan nafas yang cepat serta sesak..

  1. Mati rasa

Mati rasa merupakan salah satu ciri-ciri penyakit darah tinggi yang tergolong sudah parah. Mati rasa dan kesemutan ini disebabkan adanya peningkatan tekanan darah yang dipicu oleh hepertensi atau darah tinggi.  Selain itu, kesemutan juga merupakan sebuah pertanda awal penyakit stroke yang dapat membahayakan jiwa anda. Gejala mati rasa dan kesemutan ini terjadi karena adanya kerusakan saraf yang terjadi di dalam tubuh akibat penyakit darah tinggi yang tidak bisa terkontrol dengan baik.

  1. Mimisan
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

Apabila mengalami mimisan maka anda haruslah hati-hati dan jangan menyepelekan gejala ini. Karena mimisan bisa jadi merupakan pertanda awal penyakit tekanan darah tinggi. Maka dari itulah, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar bisa mengatasi masalah ini dengan cepat.

  1. Terdapat titik darah pada mata

Titik darah pada mata ini merupakan salah satu ciri-ciri awal penyakit tekanan darah tinggi yang lumayan mudah untuk bisa anda kenali. Oleh sebab itulah, ketika anda melihat bagian bola mata terdapat titik merah yang menyerupai darah maka hal ini tidak boleh anda sepelekan. Karena bisa jadi titik darah pada mata tersebut merupakan darah yang telah membeku akibat tekanan darah tinggi yang ada. Maka dari itu, segeralah anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab timbulnya titik darah pada mata.

  1. Detak jantung yang cepat

Jantung yang bertedak lebih cepat merupakan ciri-ciri dari penyakit hipertensi. Maka dari itu, apabila jantung anda berdetak lebih cepat sebaiknya anda segera memeriksanya pada dokter karena bisa jadi anda sedang terkena penyakit yang serius seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara Mencegah Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi memang bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan penurun darah tinggi. Namun akan lebih baik jika tekanan darah anda tetap normal dan tidak akan menyebabkan penyakit darah tinggi timbul. Oleh karena itu, tindakan pencegah lebih baik dilakukan dibandingkan dengan mengobati. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit darah tinggi, yaitu :

  1. Olahraga

Ciri-Ciri Darah Tinggi Dan Cara Pencegahannya

Olahraga merupakan cara yang paling ampuh untuk anda bisa mencegah penyakit darah tinggi. Maka dari itu, apabila anda ingin mencegah dan mengatasi darah tinggi ada baiknya anda melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Karena olahraga yang dilakukan dengan konsisten meskipun tidak lama akan lebih baik untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

  1. Diet
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Apabila anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi maka sebaiknya anda melakukan diet. Karena jika tidak bisa mengontrol pola makan anda dengan baik maka akan menyebabkan anda mengalami obesitas yang pada akhirnya menyebabkan anda terkena darah tinggi. diet memang menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit darah tinggi.

  1. Menjauhi rokok dan alkohol

Bagi anda yang ingin hidup sehat sebaiknya mulai dari sekarang jauhi yang namanya rokok dan alkohol. Karena rokok dan alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan, selain dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh rokok dan alkohol juga dapat membuat darah anda jauh dari kata normal. Maka dari itu, jauhilah rokok dan alkohol agar tekanan darah anda tetap normal dan tidak mengalami peningkatan.

Mengurangi garam dan gula

Garam dan gula memang dapat mengakibatkan darah jauh dari normal sehingga. Maka dari itu, anda haruslah mengurangi mengkonsumsi asupan makanan yang memiliki kandungan gula dan garam. Supaya penyakit tekanan darah tinggi dapat dicegah dengan baik.

Itulah beberapa ulasan mengenai Ciri-Ciri Darah Tinggi dan cara mencegah darah tinggi. semoga apa yang telah dipaparkan diatas dapat menambah pengetahuan dan berguna bagi anda semua yang sedang mencari tahu informasi mengenai Ciri-Ciri Darah Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *