Home / Pengobatan Alami / Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia (kelainan makan)

Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia (kelainan makan)

Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia

Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia – Konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis dan perawatan yang tepat untuk mengobati anorexia. Gunakan pengobatan di rumah hanya sebagai pengobatan tambahan.

Anorexia nervosa, yang dikenal hanya sebagai anoreksia, adalah kelainan makan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah. Ciri utama dari gangguan ini adalah berat badan yang rendah secara tidak normal, ketakutan akan bertambahnya berat badan dan persepsi seseorang terhadap berat badan seseorang secara tidak akurat.

Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia
Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia

Menurut Aliansi Nasional Mental Illness, anoreksia sebagian besar didiagnosis pada wanita remaja, namun telah didiagnosis pada anak-anak berusia di atas 7 tahun dan orang dewasa berusia 80 tahun.

Penyebab pasti anoreksia nervosa tidak diketahui, namun kelainan ini diyakini diakibatkan oleh kombinasi pemicu emosional, psikologis, sosial dan fisik .

Genetika dan hormon dapat menyebabkan perkembangannya. Tekanan berlebihan dari masyarakat agar terlihat kurus dan atraktif juga bisa menjadi faktor. Orang dengan gangguan obsesif-kompulsif (OCD) mungkin juga berjuang dengan anoreksia.

Untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan rendah, orang yang memiliki anoreksia makan sedikit kalori, mengikuti kebiasaan makan yang tidak normal dan berolahraga secara berlebihan. Beberapa orang juga menggunakan obat pencahar, diuretik atau menyebabkan muntah untuk menghilangkan makanan yang telah mereka makan.

Beberapa Gejala Anoreksia seperti berat badan rendah, kelelahan, insomnia, kulit pucat, kuku rapuh, rambut rontok, kekeringan kulit, konstipasi, depresi, siklus menstruasi yang tidak teratur, tekanan darah rendah dan penarikan dari aktivitas sosial .

Bila tidak diobati secara tepat waktu, anoreksia dapat menyebabkan banyak komplikasi, seperti irama jantung abnormal (aritmia), ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, anemia, kehilangan tulang, masalah ginjal dan banyak lagi. Makanya kali ini Kami membahas Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia, agar makin banyak orang yang bisa mengantisipasinya lebih dini.

Orang dengan anoreksia biasanya bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah, yang membuat perawatan menjadi sulit. Dengan demikian, perawatannya melibatkan terapi psikologis dan bertujuan untuk meningkatkan nafsu makan seseorang untuk membantu membangun kebiasaan makan sehat dan mengembalikan berat badan normal.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Efektif Untuk Mengobati Kista Pilonidal yang dapat dilakukan sendiri

Pengobatan membutuhkan bantuan profesional. Pada saat bersamaan, Anda bisa mencoba beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah untuk membantu pengobatan.

Pengobatan rumah untuk mengobati anoreksia

Berikut adalah 10 Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia.

  1. Bawang Putih

Salah satu pengobatan rumah terbaik untuk anoreksia adalah bawang putih.  Bahan alami ini bertindak sebagai stimulan nafsu makan alami. Apalagi membantu sekresi jus yang membersihkan sistem pencernaan.

  • Tambahkan 3 sampai 4 siung bawang putih cincang halus dan masukan kedalam 1 cangkir air.
  • Rebus selama beberapa menit, lalu saring larutannya.
  • Tambahkan 2 sendok makan jus lemon dan sedikit garam batu ke dalamnya.
  • Minum larutan ini dua kali sehari selama beberapa minggu.
  1. Jahe



Jahe adalah obat rumah sederhana dan efektif untuk anoreksia. Bahan alami ini dapat merangsang nafsu makan sehingga Anda tidak melewatkan makanan Anda . Hal ini juga dapat secara efektif menenangkan saraf Anda dan mengurangi stres dan kecemasan.

  • Ambil ½ sendok teh jahe cincang halus dan tambahkan sedikit garam batu ke dalamnya. Konsumsilah 30 menit sebelum makan setiap hari selama beberapa minggu.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur ½ sendok teh pasta jahe, beberapa tetes lemon dan sejumput bubuk asafetida dan lada hitam. Makan sekali sehari pada perut kosong selama beberapa minggu.
  • Anda juga bisa minum beberapa cangkir teh jahe setiap hari.
  1. Jeruk

Buah segar seperti jeruk efektif dapat mengobati anoreksia dengan merangsang nafsu makan Anda. Jeruk akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Penting untuk membersihkan sistem pencernaan Anda, seperti tanpanya, Anda tidak akan merasa lapar. Selain itu, bau jeruk dan kulit jeruk yang menyegarkan dapat membantu menenangkan saraf dan melawan depresi dan kecemasan.

  • Makanlah beberapa jeruk atau minum segelas jus jeruk segar beberapa kali sehari untuk menambah nafsu makan. Untuk membuat jus lebih enak, tambahkan garam batu, jus lemon dan sedikit lada hitam.
  • Untuk meningkatkan mood Anda, hirup aroma kulit jeruk.
  1. Mint
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes Zoster secara Alami

Mint adalah makanan pembuka alami, maka Anda bisa menggunakannya untuk mengobati anoreksia. Aromanya yang kuat dan berbeda serta aroma yang menarik membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, bisa mengurangi stres emosional .

  1. Makan 2 sendok teh jus mint yang baru diekstraksi setiap pagi.
  2. Selain itu, minumlah beberapa cangkir teh mint setiap hari. Untuk membuat teh, tambahkan 2 sendok teh daun mint kering di secangkir air panas. Diamkan selama 10 menit, saring dan minumlah.
  1. Pijat



Sebuah penelitian tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal Eating Disorder menemukan bahwa terapi pijat dua kali seminggu dapat membantu mengurangi gejala anoreksia. Ini membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Ini juga meningkatkan tingkat dopamin dan norepinephrine yang membantu menciptakan citra tubuh yang jauh lebih positif dan sehat.

Ketika datang ke pijat, pijat remedial adalah pilihan terbaik. Ini adalah pijat terapeutik yang melibatkan manipulasi sistematis jaringan lunak tubuh. Dapatkan pijat ini dilakukan oleh terapis pijat terlatih minimal 3 atau 4 kali seminggu.

Anda juga bisa memijat tubuh Anda, terutama leher, bahu, punggung dan bagian bawah kaki Anda, dengan minyak zaitun atau minyak kelapa sebelum tidur. Ini akan membantu merilekskan tubuh Anda dan menghilangkan kecemasan.

  1. Yoga

Yoga dapat membantu mengatasi penyebab anoreksia. Menurut sebuah penelitian 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health, terapi yoga individual menjanjikan terapi adjunctive terhadap perawatan standar untuk anoreksia dan gangguan makan lainnya.

Beberapa pose yoga yang sangat membantu dalam mengobati anoreksia adalah Pose Kepiting (Catuspadapitham), Pose Merpati (Kapotasana), Pose Locust (Salabhasana), Pose Mountain (Tadasana), Pose Dewi (Utkata Konasana) dan Squat Pose (Malasana).

Pelajari pose yoga dari seorang ahli untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar.

  1. Lemon

Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia lainnya adalah lemon. Bahan ini dapat bekerja sebagai pelemas ringan dan tonik saraf. Ini membantu meningkatkan nafsu makan, mengurangi kecemasan, mengurangi stres dan meningkatkan tidur.

  1. Tambahkan 1 sendok teh lemon kering ke secangkir air panas.
  2. Tutup dan diamkan selama 5 sampai 10 menit.
  3. Minumlah secangkir teh ini dua kali sehari selama beberapa minggu.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengobati Alergi Makanan dengan Mudah dan Alami

Catatan: Jangan gunakan ramuan ini secara berlebihan. Ini mungkin membuat Anda lebih cemas.

  1. Teh Herbal

Teh herbal tertentu dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan minat Anda untuk makan. Secangkir teh herbal menyegarkan, seperti teh hijau, chamomile, sage atau thyme, juga bisa melawan kelelahan , stres dan kecemasan. Cara ini juga dapat meningkatkan fokus mental dan membuat Anda terhidrasi dan berenergi.

Cobalah minum satu cangkir atau dua teh herbal favorit Anda setiap hari untuk meningkatkan asupan cairan Anda dan berpotensi meningkatkan nafsu makan Anda.

  1. Akupunktur dan akupresur

Baik akupunktur dan akupresur membantu orang dengan gangguan makan seperti anoreksia dengan meningkatkan relaksasi.

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa akupunktur dan akupresur dapat memperbaiki rasa nyaman dan tenang pada penderita anoreksia nervosa. Namun penelitian lebih lanjut sedang dilakukan.

Titik akupunktur dan akupresur untuk mengobati gangguan makan adalah Hegu (LI4), Zusanli (ST36), Neiguan (PC6), Taichong (LR3) dan Yanglingquan (GB34).

Temukan ahli yang terlatih untuk melakukan akupunktur untuk Anda.

  1. Meditasi

Meditasi adalah cara lain yang efektif untuk melawan anoreksia. Ini bisa membantu saat berhadapan dengan perjuangan emosional untuk merilekskan pikiran dan jiwa Anda . Dengan bantuan meditasi, Anda bisa mulai berpikir positif dan melawan pikiran negatif.

Anda bisa melakukan meditasi dengan cara yang berbeda, baik dengan:

  1. Duduk, berdiri atau berbaring dan fokus pada nafas Anda, atau
  2. Mengulangi sebuah kata-kata positif.

Sambil bermeditasi, cobalah melepaskan semua tekanan yang timbul dalam pikiran dan tubuh, tanpa rasa tertekan. Jika Anda tidak bisa berlatih meditasi sendiri, bergabunglah dengan kelompok atau klub.

Demikian info Cara Mudah dan Alami Mengobati Anorexia, semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit ini.

Check Also

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan – Sering kita mendapati daun lidah ayam di depan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *