Home / Cantik dan Sehat Alami / Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Agar Tidak Kusam Dan Berjerawat

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Agar Tidak Kusam Dan Berjerawat

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Agar Tidak Kusam Dan Berjerawat

Cara Merawat Wajah Berminyak – Wajah berminyak merupakan salah satu kondisi yang sangat memungkinkan sesorang mengalami permasalahan pada kulit wajahnya sehingga membuat kulitnya menjadi kusam dan berjerawat. Pada umumnya, kondisi wajah yang berminyak ini akan menyebabkan kulit wajah menjadi mengkilap. Kondisi ini memang tidak seorangpun menyukainya karena dapat mengurangi kecantikan wajah. Apalagi untuk seorang wanita kulit berminyak ini akan membuat mereka kesulitan saat berdandan sesuai dengan selera mereka, karena kulit berminyak yang berlebihan dapat membuat riasan wajah luntur.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Minyak yang terdapat pada bagian wajah tersebut berasal dari kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan dalam menghasilkan sebum ataupun minyak. Hal inilah yang membuat kulit anda menjadi berminyak dan sangat beresiko untuk menimbulkan masalah pada kulit seperti kulit menjadi kusam dan berjerawat. Kulit berminyak ini dapat disebabkan oleh faktor kebiasaan atau genetis yang kurang baik seperti terkena paparan sinar matahari yang berlebihan ataupun menggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan kulit wajah, makanya kita perlu mengetahui Cara Merawat Wajah Berminyak.

Pada umumnya minyak atau sebum pada bagian wajah berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya luar seperti debu ataupun polusi yang akan masuk ke dalam pori-pori kulit. Selain itu, minyak pada kulit juga dapat mengeja keremajaan kulit serta menjadikan kulit menjadi lebih kenyal. Namun jika minyak pada kulit wajah diproduksi secara berlebihan maka akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajah seperti, wajah menjadi mengkilap, berkomedo, berjerawat dan kulit menjadi kusam. Oleh sebab itulah, bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

Maka berikut ini akan dipaparkan beberapa Cara Merawat Wajah Berminyak.

  1. Memilih Kosmetik Yang Baik
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Apabila anda memiliki kulit wajah berminyak maka anda tidak perlu khawatir jika ingin tampil cantik dengan menggunakan riasan make up. Hanya saja ketika anda memilih produk kosmetik sebaiknya anda memilihnya yang terbebas  dari kandungan minyak dan juga tidak memilih kosmetik yang dapat menyumbat pori-pori. Karena jika pori-pori anda tersumbat maka akan sangat beresiko pada kulit wajah yang bisa muncul jerawat dan komedo.

  1. Membersihkan Wajah Rutin

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah berminyak sebaiknya anda membersihkan wajah secara rutin di setiap pagi dan sebelum tidur. Selain itu, untuk membersihkan kulit wajah ada baiknya anda tidak menggunakan pembersih yang berbahan dasar alkohol. Namun menggunakan busa cleanser yang telah ditambahkan air hangat. Ketika membersihkan wajah sebaiknya anda memberi pijatan ringan dengan gerakan searah jarum jam di sekitar dahi, hidung dan dagu. Setelahnya anda dapat mengakhirinya dengan membilasnya dengan menggunakan air dingin. Tidak hanya itu, saat mengeringkan wajah ada baiknya anda menghindari menggosok dengan menggunakan handuk, akan tetapi anda hanya perlu menepuk ringan kulit wajah anda dengan handuk tersebut.

  1. Mengatur Pola Makan Sehat

Minyak yang diproduksi secara berlebihan di kulit wajah biasanya disebabkan karena asupan nutrisi yang tinggi lemak. Maka dari itu, untuk bisa merawat kulit wajah berminyak ada baiknya anda membatasi asupan makanan yang mengandung lemak misalnya makanan yang proses pembuatannya harus melewati pengorengan. Cara mengatur pola makan sehat ialah dengan mengkonsumsi menu makanan seperti sayuran berkuah yang berupa sop atau lainnya.

  1. Menjaga Kelembaban Wajah

Ketika menjaga kelembaban kulit wajah sebaiknya anda mengaplikasikan pelembab khusus kulit wajah berminyak yang tersedia di pasaran. selain itu, anda juga harus mengimbanginya dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh misalnya dengan minum air putih sebanyak 3 liter setiap harinya. Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka akan membantu anda dalam menghilangkan kotoran dan racun yang ada didalam tubuh.

  1. Merawat Wajah Dengan Bahan Alami
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Penumbuh Rambut Alami Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Cara merawat kulit wajah yang berminyak selanjutnya ialah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan alami untuk merawat kulit wajah berminyak memang sangat dianjurkan karena tidak akan menimbulkan efek samping pada kulit. Selain itu, merawat kulit wajah dengan bahan alami ini juga bisa anda lakukan sendiri dirumah. Perawat wajah berminyak tersebut bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini :

  • Masker dari buah pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan pada sel kulit dan penuaan dini. Tidak hanya itu, didalam buah pepaya juga terdapat zat papain yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Hal ini memang sangat baik untuk kesehatan kulit karena dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Untuk membuat masker dari buah pepaya ini sangatlah mudah karena anda hanya perlu menyediakan buah pepaya matang. Kemudian menghaluskannya dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Setelah buah pepayanya dihaluskan maka bisa anda oleskan pada kulit wajah dan juga leher. Selanjutnya diamkan hingga masker dari buah pepaya tersebut mengering lalu bisa anda bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah dan terbebas dari minyak sebaiknya anda menggunakan masker dari buah pepaya ini secara rutin dan teratur.

  • Masker dari buah pisang

Buah pisang tidak hanya baik dikonsumsi saat menstruasi, namun buah pisang juga baik digunakan sebagai masker untuk mencerahkan dan menghilangkan minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Hal ini dikarenakan didala buah pisang terdapat kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin E yang berguna untuk meminimalisir penuaan dini. Selain itu, untuk membuat masker dari buah pisang ini juga terbilang sangat mudah karena anda hanya perlu menyiapkan buah pisang dan madu secukupnya. Kemudian haluskan buah pisang tersebut dengan cara ditumbuk ataupun diblender hingga lembut. Setelahnya anda dapat menambahkan madu kedalam adonan buah pisang dan aduk hingga merata lalu bisa anda oleskan buah pisang yang telah dihaluskan tersebut pada bagian wajah dan leher secara merata. Selanjutnya tunggu 15 menit hingga masker buah pisang mengering lalu barulah bisa dibilas dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda menggunakan masker dari buah pisang ini secara rutin.

  • Masker dari putih telur
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah Paling Mujarab Tanpa Efek Samping

Cara merawat kulit wajah berminyak selanjutnya dengan menggunakan putih telur sebagai masker wajah. Cara mengolahnya anda bisa menyediakan satu butir telur yang telah dipisahkan antara kuning dengan putih telur. Kemudian anda hanya mengambil putih telur saja lalu dikocok putih telur tersebut sampai berbusa. Setelahnya langsung bisa anda oleskan pada bagian wajah dan biarkan selama beberapa menit hingga masker menjadi kering lalu baru bisa anda bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan terbebas dari minyak yang berlebihan sebaiknya anda menggunakan masker dari putih telur ini secara rutin.

Itulah beberapa ulasan mengenai Cara Merawat Wajah Berminyak. Semoga apa yang telah di bahas di atas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari Cara Merawat Wajah Berminyak.

Check Also

Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat

Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat Dan Alami Agar Kulit Sehat Berseri

Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat Dan Alami Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat adalah salah satu cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *