Home / Pengobatan Alami / Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu penyakit karena naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam kurun waktu yang lama. Penyebab dari penyakit ini pada umumnya karena komplikasi penyakit, namun faktor utama dari penyebab penyakit ini adalah kadar kolesterol yang tidak terkontrol atau terlalu tinggi sehingga sudah dapat dibilang menjadi suatu penyakit. Perlu diketahui, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah oleh timbunan lemak. Dengan demikian, maka tidak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi saja, melainkan juga dapat memicu penyakit yang lebih berbahaya, yaitu penyakit yang berkaitan dengan jantung. Selain itu, tekanan darah tinggi juga dapat disebabkan karena stress, genetik atau keturunan, terlalu banyak mengkonsumsi garam, jarang berolahraga dan juga karena obesitas.

Setelah kita mengetahui sedikit mengenai profil penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka tentu kita sangat tidak ingin memiliki penyakit tersebut, karena dengan adanya penyakit tersebut, maka bisa jadi juga mendatangkan penyakit yang sangat dapat mengancam nyawa. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jika memang kita memiliki penyakit tersebut maka alangkah baiknya kita mulai mengobatinya. Namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah obat-obatan kimia juga dapat membahayakan ginjal kita jika dikonsumsi dengan waktu yang lama. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita bisa beralih menggunakan bahan alami sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Berikut ini adalah beberapa bahan alami tersebut.

2 Bahan Alami yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah

  1. Bawang putih

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk menguji manfaat bawang putih dalam bidang kesehatan dan ternyata salah satu bumbu dapur ini memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Mengandung senyawa alisin membuat bumbu dapur ini dapat meleberkan pembuluh darah serta dapat menghindarkan dari pembekuan darah. Selain itu juga dapat meluruhkan atau menghancurkan lemak serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menyembuhkan Penyakit Tiroid secara Alami

Untuk mengkonsumsi bumbu dapur ini sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah cukup mudah, yakni dengan mengambul tiga hingga empat siung yang masih segar, setelah itu kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian siapkan blender, lalu masukkan bawang yang sudah dibersihkan ke dalam blender dan tambahkan sedikit air. Setelah bawang putih sudah halus, maka saring bawang yang telah halus tersebut dengan kain dan peras. Terakhir, air hasil perasan tersebut bisa diminum. Lakukan kegiatan ini tiga kali dalam satu hari secara berturut-turut. Namun, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi bawang putih ini yaitu dengan mengkonsumsinya bersama nasi putih hangat.

  1. Jus Seledri

Sudah tidak diragukan lagi jika bumbu dapur yang satu ini seringkali digunakan sebagai obat tradisional. Dengan meminum jus seledri ini selama satu minggu ternyata dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat terjadi karena terdapat kandungan kalium, antioksidan serta beberapa mineral pada daun ini.

Seledri juga dapat melebarkan dinding arteri sehingga darah dapat mengalir lebih lancar. Untuk mengkonsumsi daun ini sebagai obat penurunan tekanan darah cukup dengan mengambil beberapa helai daun yang telah dicuci, kemudian masukkan ke dalam blender dan tambahkan air sebanyaka satu gelas, lalu blender. Setelah itu, saring hasil blenderan tadi dan minum satu kali dalam sehari setelah sarapan. Untuk mengecek hasilnya apakah daun ini terbukti dapat menurunkan tekanan darah, maka sebelum melakukan pengobatan ini anda harus sudah mengetahui kadar tekanan darah serta kolesterol. Setelah itu, selang waktu dua minggu, cek perbedaan tekanan darah serta kolesterol dan bandingkan dengan pada saat sebelum mengkonsumsi daun ini.

Itulah dua bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional penurun tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tentu, kedua bumbu dapur tersebut sangat mudah dijumpai dan juga memiliki harga yang jauh lebih ekonomis daripada obat-obatan kimia serta jauh lebih aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengimbangi pengobatan tradisional ini dengan tidak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, terutama yang dapat memicu naiknya tekanan darah dan kolesterol. Jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman-teman maupun saudara dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Lakukan 5 Gerakan Sederhana ini Untuk Meredakan Nyeri Leher

Check Also

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

9 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman – Salah satu masalah mulut yang sering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *