Home / Pengobatan Alami / Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Cara menurunkan kolesterol – Pernah kah anda mendengar istilah kolesterol yang seringkali ditayangkan di televisi atau dalam dunia kesehatan ?  Kolesterol merupakan bagian dari lemak tak jenuh yang berbentuk seperti lilin berwarna putih. Kolesterol terletak pada sistem hormon tubuh dan fungsi kolesterol adalah memproduksi asam empedu, membuat hormon steroid dan vitamin D.

Cara Menurunkan Kolesterol
Cara Menurunkan Kolesterol

Menurut sumber, kolesterol yang kita dapatkan terbagi menjadi dua yaitu bagian liver dan melalui makanan. Liver merupakan organ tubuh yang memproduksi kolesterol secara alami dan kolesterol lainnya didapatkan melalui asupan makanan yang kita makan sehari-hari seperti susu dan daging.

Ternyata, awal mula kolesterol dapat muncul di dalam darah berasal dari protein sehingga terjadi proses kimia dari gabungan keduanya yang disebut lipoprotein.

Disinilah kita dapat mengkategorikan kolesterol itu baik atau jahat yaitu Low Density Lipoprotein atau LDL yang disebut lipoprotein baik sedangkan lipoprotein jahat disebut dengan  High Density Lipoprotein atau HDL.

Apabila di dalam darah terlalu tinggi kadar kolesterolnya, sehingga pada setiap dinding arteri di semua tubuh terbentuk jaringan tipis dan plak. Plak-plak yang terbentuk dalam bentuk lempengan dan menempel pada setiap pembuluh darah disebut dengan atherosclerosis.

Pada bagian lempengan plak menjadi lebih mengeras sehingga dapat membuat mengurangi aliran pembuluh darah dikarenakan bagian arteri tersebut menjadi lebih sempit dan parahnya aliran darah dapat berhenti.

Apabila pembuluh darah menjadi lebih sempit sehingga aliran darah menjadi terhambat dan bisa dikatakan pada bagian pembuluh darah terjadi pembekuan. Hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit seperti masalah pembuluh darah diantaranya serangan jantung dan stroke karena jaringan pembuluh darah mengalami kerusakan.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

Lalu, apakah solusi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah ? Banyak cara untuk mengatasi hal tersebut diantaranya mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan lemak yang rendah serta menerapkan pola makan yang teratur diimbangi dengan gizi seimbang.

Selain itu, beberapa cara lain yang dapat anda terapkan agar terhindar kolesterol naik diantaranya sebagai berikut :

  1. Rajin berolahraga minimal sehari selama 15 menit
  2. Konsumsi teh hijau
  3. Konsumsi berbagai jus buah-buahan seperti jus apel atau jus tomat.
  4. Apabila ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, alangkah baiknya menggoreng makanan menggunakan minyak canola atau minyak zaitun.
  5. Konsumsi daging dan hindari bagian kulitnya.
  6. Konsumsi minuman rendah lemak seperti susu
  7. Konsumsi makanan yang mengandung LDL atau kolesterol baik dan hindari kolesterol jahat (HDL)
  8. Konsumsi berbagai makanan yang berfungsi menurunkan kolesterol dan dapat anda temukan pada blueberry, alpukat, buah anggur, tempe, apel dan buah anggur.

Setelah anda mengetahui apa penyebab kolesterol tinggi, sebaiknya anda lebih bijak untuk menghindari pemicunya. Pola makan teratur dengan menerapkan diet seimbang dan menghindari berbagai makanan yang mempunyai kandungan lemak tinggi, lebih sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan gunakan obat alami penurun kolesterol. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu untuk terserang kolesterol jahat.

Check Also

Penderita Anemia Wajib Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Buah dan Sayur untuk Penderita Anemia agar hemoglobin normal

Buah dan Sayur untuk Penderita Anemia Buah dan Sayur untuk Penderita Anemia – Аnеmіа mеruраkаn …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *