Home / Pengobatan Alami / Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Sehat

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Sehat

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Sehat

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Sehat – Kolesterol merupakan zat yang sebenarnya juga bermanfaat untuk tubuh kita, namun jika kadarnya berlebihan maka sudah pasti malah menimbulkan dampak negatif. Kadar kolesterol yang tinggi, pada umumnya diidap oleh orang- orang yang telah berusia lanjut ataupun yang sedang mengalami obesitas. Tentu kita semua telah mengetahui apa saja penyakit yang dapat muncul karena kelebihan zat ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara atau tips menurunkan kolesterol secara alami.

Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Sebelum berbicara lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab timbulnya kadar kolesterol yang tinggi ini. Di bawah ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Makanan yang terlalu banyak menganduk lemak jenuh seperti mie instan, makanan siap saji, mentega
  • Terlalu gemuk
  • Kurang olahraga
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Cara diet yang salah
  • Karena stress
  • Diabetes

Setelah kita mengetahui penyebab kolesterol tinggi, maka selanjutnya kita bisa membahas mengenai cara menurunkan kadarnya ataupun menyeimbangkannya. Daripada berlama- lama lagi, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa kita konsumsi untuk menjaga dan juga menurunkan kadar kolesterol.

  1. Buah Delima

Mengkonsumsi delima dengan cara dijus dapat menurunkan kolesterol secara cepat, karena kandungan buah ini dapat mengurangi penumpukan-penumpukan kolesterol jahat.

  1. Blueberry

Buah yang satu ini ternyata juga tidak kalah khasiatnya dengan buah delima. Cara mengkonsumsinya juga sama, yaitu kita cukup membuatnya menjadi jus. Mengapa bluberry dapat menurunkan kolesterol secara cepat? Karena buah ini memiliki kandungan pterostilbene yang mampu melawan kolesterol jahat secara cepat dan untuk hasil yang lebih maksimal, kita harus mengkonsumsinya setiap hari. Dijamin lemak-lemak yang menggumpal di bagian tubuh kita akan cepat ternetralisir.

  1. Buah Tomat
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Lakukan 5 Gerakan Sederhana ini Untuk Meredakan Nyeri Leher

Buah ini sangat mudah sekali ditemukan. Bahkan bila kita berniat menanamnya pun tidak sulit. Buah tomat ini dapat menurunkan kadar kolesterol secara cepat, yaitu hanya dengan membuatnya menjadi jus tanpa menggunakan pemanis/ gula. Dijamin kadar kolesterol kita akan menurun secara drastis jika rutin mengkonsumsinya.

  1. Teh Hijau

Di dalam teh hijau terdapat kandungan theanine yang dapat mencegah terjadinya kolesterol jahat. Teh hijau ini memang sudah terbukti sekali dapat menurunkan kolesterol dan juga sering di gunakan sebagai bahan utama produk-produk pelangsing badan. Kita cukup mengkonsumsinya empat gelas teh hijau ini dalam seharian agar kadar kolesterol tetap terjaga.

  1. Buah Alpukat

Buah yang satu ini memang terkenal dengan kandungan lemaknya, tetapi lemak yang terkandung di buah hijau ini adalah lemak tak jenuh, sehingga tidak menimbulkan kolesterol, bahkan lemak tak jenuh ini sedikit-sedikit dapat ikut menurunkan lemak yang ada dalam tubuh dan pula sangat menyehatkan.

Itulah cara menurunkan kolesterol secara alami, yaitu dengan mengkonsumsi makanan- makanan yang telah disebutkan di atas. Jika memang anda mengetahui makanan- makanan yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol maka silahkan tinggalkan di komentar.

Check Also

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

9 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman – Salah satu masalah mulut yang sering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *