Home / Cantik dan Sehat Alami / Cara Menjaga Kulit Muka Tetap Awet Muda Tanpa Keriput

Cara Menjaga Kulit Muka Tetap Awet Muda Tanpa Keriput

Cara Menjaga Kulit Muka Tetap Awet Muda Tanpa Keriput

Dengan bertambahnya usia tentu cara menjaga kulit muka agar tetap muda merupakan tips yang banyak sekali dilakukan oleh para wanita. Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk menunjang penampilan. Memang tidak bisa dipungkiri lagi wanita yang sudah memasuki usia 20-an sudah mulai menunjukkan garis – garis kerutan. Selain itu, aktivitas diluar ruangan yang membuat kulit muka Anda terkena paparan sinar matahari dan polusi. Sehingga banyak sekali masalah pada muka, seperti jerawat, komedo dan juga kerutan. Terlebih lagi jika garis – garis kerutan yang Anda miliki tidak dilakukan perawatan dengan benar, bukan tidak mungkin jika Anda mengalami penuaan dini. Sehingga walaupun umur Anda masih terbilang muda, tapi wajah Anda malah terlihat lebih tua. Maka dari itu, untuk mencegah adanya penuaan secara dini, ada beberapa cara menjaga kulit muka agar tetap awet muda tanpa kerutan.

Menjaga Kulit Muka Tetap Awet Muda

Tips menjaga kulit muka tetap awet muda

  1. Kenali penyebabnya terlebih dahulu

Cara menjaga kulit muka agar tetap awet muda yang pertama adalah Anda harus benar – benar tahu apa yang menyebabkan keriput itu terjadi. Ada beberapa faktor penyebab yang bisa menimbulkan keriput pada kulit muka Anda, seperti paparan sinar matahari, minuman beralkohol, asap rokok, dan make up yang jarang dibersihkan. Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya keriput, Anda harus mengatasi penyebab dan cara mengatasinya. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, pemakaian tabir surya sebelum berpergian adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Tidak hanya itu, menghindari paparan asap rokok juga harus Anda lakukan. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat di dalam rokok akan membuat kulit muka Anda kekurangan oksigen dan bisa merusak kolagen dan elastisitas kulit Anda.

Mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan kulit Anda dehidrasi dan bisa memiliki dampak buruk dalam pengurangan vitamin A dalam kulit. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin A digunakan untuk memproduksi kolagen.

  1. Olahraga dengan rutin
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat Dan Alami Agar Kulit Sehat Berseri

Dengan melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu cara menjaga kulit muka tetap awe muda. Olahraga akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar sehingga kesehatan kulit muka Anda akan terjaga. Di samping itu, olahraga juga bisa meningkatkan metabolisme. Keringat yang Anda keluarkan saat berolahraga juga sekaligus mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori – pori.

  1. Wajib hukumnya menggunakan moisturizer

Penggunaan moisturizer merupakan salah satu cara menjaga kulit muka tetap awet muda. Moisturizer sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit muka Anda. Tentu saja, kulit yang kering bisa menyebabkan kerutan semakin besar. Maka sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab setelah mencuci muka. Namun sebelum memilih pelembab yang benar, kenali dulu jenis kulit muka Anda, apakah berminyak, kering atau kombinasi?

  1. Melakukan pemijatan wajah

Dengan melakukan pemijatan wajah atau senam wajah sudah terbukti ampuh sebagai cara menjaga kulit muka. Selain itu, kegiatan ini menjaga muka tetap kencang karena otot – otot yang tegang akan lebih rileks. Perlu Anda ketahui otot – otot yang bergerak aktif akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal tersebut tentu akan sangat baik karena wajah bisa nampak lebih cerah, segar dan ceria. Dengan rutin melakukannya setiap sore, Anda akan mendapatkan kulit muka yang kenyal dan kencang.

  1. Melakukan pola diet yang sehat

Diet tidak selamanya ditujukan untuk penurunan berat badan. Mengonsumsi makanan diet yang berkualitas merupakan salah satu cara menjaga kulit muka tetap awet muda. Maksud dari makanan diet yang baik untuk kesehatan kulit adalah makanan dengan kandungan serat, vitamin, mineral dan nutrisi yang tinggi. Maka sayuran dan buah – buahan adalah jenis makanan utama yang sangat baik. Dengan mengonsumsi makanan seperti itu akan membuat kulit muka Anda menjadi lebih segar, sehat dan awet muda.

  1. Melakukan ritual masker
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Masker wajah sangat penting digunakan untuk menjaga kecantikan kulit muka Anda. Dengan menggunakan masker wajah seminggu sekali adalah cara menjaga kulit muka tetap awet muda yang terbaik. Untuk hasil yang natural, Anda bisa menggunakan masker dari bahan yang alami.

Bahan alami untuk masker awet muda Anda

  1. Minyak zaitun dan lemon

Sudah sejak dahulu kala, khasiat minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, minya zaitun juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Selain itu, menggunakan masker dari minyak zaitun adalah cara menjaga kulit muka tetap awet muda yang terbaik. Sebab di dalam minyak zaitun terdapat kandungan akan vitamin C, D dan E yang sangat baik untuk regenerasi kulit.

Cara membuat masker minyak zaitun, cukup dengan siapkan minyak zaitun, aotmeal instan, putih telur dan perasan air lemon. Masak oatmeal instan terlebih dahulu kemudian dinginkan. Setelah itu campurkan 1 sdm minyak zaitun, putih telur dan perasan air lemon pada oatmeal tadi. Lalu balurkan pada muka dan leher Anda secara merata. Tunggu selama 15 hingga 30 menit, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Langkah terakhir gunakan pelembab harian Anda.

  1. Pisang

Pisang sendiri adalah jenis buah yang memiliki harga terjangkau dan sangat mudah ditemui di pasaran. Jika selama ini pisang digunakan untuk menu makanan diet, ternyata pisang merupakan masker yang bisa Anda gunakan agar tetap awet muda.

Cara menjaga kulit muka tetap awet muda dengan pisang, cukup dengan menyiapkan satu buah pisang yang sudah matang dan lembut. Setelah itu, blender atau lumatkan buah pisang tadi hingga menjadi halus. Kemudian, oleskan masker pisang tersebut secara merata pada muka dan leher Anda. Biarkan selama 30 menit dan setelahnya bilas dengan menggunakan air bersih. Langkah terakhir tepuk – tepuk kulit  muka Anda hingga kering agar nutrisi pisang meresap ke kulit.

  1. Madu
Referensi Hidup Sehat Lainnya
7 Makanan yang Membantu Menumbuhkan Rambut Anda

Madu merupakan salah satu jenis bahan alami yang memang terkenal akan manfaat, baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan alami di dalam madu sangat baik untuk menjaga kekenyalan kulit Anda dan juga mencegah adanya keriputan untuk timbul. Dengan begitu, penggunaan madu merupakan salah satu cara menjaga kulit muka agar tetap awet muda.

Cara membuat masker madu cukup mudah. Cukup oleskan madu murni langsung secara merata pada muka Anda. Namun sebelum itu, cuci muka Anda dengan menggunakan air hangat. Diamkan masker madu selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bilas kembali dengan menggunakan air hangat. Langkah terakhir gunakan es batu untuk menyegarkan muka Anda. Madu juga berguna untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam.

  1. Nanas

Nanas adalah jenis buah yang kaya akan vitamin dan baik dalam mencegah adanya penuaan dini. Kandungan vitamin C di dalam nanas lah yang berperan aktif menyamarkan kerutan di wajah Anda. Cara menggunakan nanas sebagai masker, cukup siapkan nanas segar yang telah dikupas dan dibersihkan. Setelah itu, langsung oleskan daging buah nanas pada kulit muka Anda yang bermasalah. Diamkan selama beberapa menit hingga air nanas mengering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Penggunaan nanas sebagai masker adalah salah satu cara menjaga kulit muka agar tetap awet muda tanpa kerutan.

Check Also

Produk perawatan wajah berjerawat

Kandungan Produk perawatan wajah berjerawat sesuai dengan Jenis Jerawatnya

Produk perawatan wajah berjerawat memang sangat banyak macamnya. Namun tidak semua produk perawatan wajah berjerawat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *