Home / Pengobatan Alami / Cara Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat

Cara Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat

Cara Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat

Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringatApakah Anda takut berjabat tangan dengan seseorang karena telapak tangan Anda berkeringat? Apakah Anda merasa malu dengan kaki bau karena kaki berkeringat? Nah, Anda tidak sendiri. Banyak orang menderita telapak tangan dan kaki berkeringat.

Berkeringat berlebihan terjadi saat Anda berkeringat lebih banyak dari yang Anda duga karena suhu sekitarnya atau tingkat aktivitas atau stres Anda.

Dalam istilah medis, keringat berlebihan dikenal sebagai hiperhidrosis. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun, namun area yang paling umum adalah telapak tangan, telapak kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini sering dikaitkan dengan predisposisi genetik karena kebanyakan pasien memiliki saudara kandung atau orang tua juga menderita kondisi yang sama.

Penyebab yang mendasari berkeringat ekstrem adalah overaktivitas saraf yang memicu kelenjar keringat.

Hal ini dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu, hot flashes menopause, obesitas, penyalahgunaan zat, gula darah rendah, tiroid yang terlalu aktif, serangan jantung atau penyakit menular seperti malaria atau tuberkulosis. Bahkan kekurangan nutrisi serta pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak higienis dapat menyebabkan berkeringat berlebihan.

Hyperhidrosis bisa menjadi tidak nyaman, karena sering mengganggu aktivitas sehari-hari yang khas dan menyebabkan kegelisahan atau rasa malu. Namun, beberapa pilihan perawatan sederhana di rumah bisa memberi sedikit kelegaan.

Pengobatan rumah untuk telapak tangan dan kaki berkeringat

Berikut adalah 10 Cara Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat.

  1. Cuka Apel

Salah satu solusi rumah yang paling efektif untuk menangani telapak tangan dan kaki berkeringat adalah cuka sari apel.

Ini memiliki sifat zat alami yang membantu mengendalikan keringat berlebihan dengan menjaga pori-pori tetap kencang. Selain itu, jika dikonsumsi, cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
6 Jenis Makanan Sehat yang Membantu Buang Air Besar Lebih Mudah

Plus, cuka sari apel meningkatkan metabolisme tubuh Anda untuk melawan obesitas , salah satu alasan di balik hiperhidrosis.

  • Bilas daerah yang berkeringat dengan air hangat. Kemudian, gunakan bola kapas untuk menerapkan beberapa cuka sari buah apel di daerah tersebut. Biarkan pada semalam. Keesokan paginya mandi, kemudian oleskan beberapa bedak bayi. Jika Anda memiliki kulit sensitif maka campurkan cuka sari apel dengan jumlah air yang sama dan kemudian oleskan.
  • Sebagai alternatif, buat solusi dengan mencampur bagian yang sama dari cuka sari apel dan air mawar. Terapkan pada area yang terkena 2 atau 3 kali sehari.
  • Selain itu, Anda bisa menambahkan 1 sampai 2 sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu ke segelas air hangat dan minum dua kali sehari.
  1. Tepung Maizena

Obat rumah lain untuk Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat adalah tepung maizena. Ia bekerja sebagai antiperspirant alami, yang membantu menyerap kelembaban dan menetralisir bau yang tidak sedap.

Plus, karena tepung maizena cukup mudah didapatkan, ini juga merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang sering bepergian.

  • Campur sejumlah tepung maizena dan baking soda yang sama dan simpan dalam botol bubuk talek.
  • Angkat keringat berlebih dari daerah di mana Anda berkeringat paling deras dengan beberapa tisu atau handuk kertas.
  • Tabur beberapa campuran ini ke daerah yang berkeringat.
  • Gunakan obat sederhana ini sesuai kebutuhan.
  1. Jus lemon

Lemon adalah obat rumah sederhana dan mudah didapat lainnya untuk Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat. Ia bekerja sebagai deodoran alami.

Plus, lemon membantu menghilangkan bakteri dan membuat Anda tetap bau dan segar .

  • Peras jus dari lemon segar dan 1 sendok teh baking soda dan campurkan hingga menjadi pasta yang halus. Terapkan itu di daerah di mana Anda berkeringat. Tunggu 10 menit, lalu bilas dari pasta. Ulangi sekali sehari.
  • Sebagai alternatif, tambahkan jus 1 lemon ke secangkir air. Rendam kain lap di dalamnya dan gosokkan seluruh tubuh Anda. Biarkan selama 20 menit, lalu mandi. Lakukan ini sekali sehari.
  • Pilihan lainnya adalah dengan memercikkan garam ke sepotong lemon dan gosok perlahan pada area yang terkena sampai area menjadi kering. Obat ini memperlambat aktivitas kelenjar keringat.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menyembuhkan Penyakit Tiroid secara Alami

Catatan: Jangan segera keluar di bawah sinar matahari setelah menggunakan jus lemon, karena dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih peka terhadap sinar ultraviolet.

  1. Tomat

Sifat pendinginan dan zat dari tomat juga dapat membantu mengendalikan masalah tangan dan telapak tangan yang berkeringat.

Menjadi zat alami, tomat membantu mengecilkan pori-pori dan menghalangi saluran yang mengeluarkan keringat. Bahkan minum jus tomat bisa membantu menurunkan suhu tubuh, yang dapat mengurangi keringat.

  • Cukup potong seiris tomat dan gosokkan ke area tubuh Anda dimana Anda mengalami keringat berlebihan.
  • Sebagai alternatif, oleskan jus tomat yang baru diekstraksi ke bagian tubuh yang berkeringat dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan sekali sehari.
  • Selain itu, Anda bisa minum 1 cangkir jus tomat segar setiap hari selama seminggu, dan perlahan mengurangi dosisnya menjadi 1 gelas setiap hari selama seminggu lagi.
  1. Arang Aktif

Anda juga bisa mencoba arang aktif untuk Mengobati telapak tangan dan kaki berkeringat. Arang aktif dapat menyerap kelembaban dari tubuh, sehingga mencegah keringat berlebihan .

Cukup konsumsi 1 sendok teh arang aktif dengan segelas air hangat di pagi hari saat perut kosong.

Jika Anda mengalami rasa sakit dan muntah setelah mengambil arang aktif pada waktu perut kosong, memilikinya setelah makan malam Anda.

Catatan: Jangan gunakan arang aktif jika Anda menderita masalah usus. Selain itu, jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan.

  1. Teh Hitam

Teh hitam biasa yang sering Anda minum di pagi hari juga merupakan obat yang efektif untuk hiperhidrosis.

Teh hitam kaya akan tannin yang memiliki kualitas zat. Ini berarti dapat secara efektif menghalangi pori-pori dan mencegah keringat berlebih dari merembes keluar.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengobati Genital Herpes dengan Pengobatan Rumah

Selain itu, tanin membantu menjaga suhu tubuh tetap dingin, sehingga mengurangi kemungkinan berkeringat berlebihan.

  • Tahan kantong teh basah di telapak tangan selama 5 menit. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, buat semangkuk besar teh hitam menggunakan kantong teh bekas. Biarkan dingin, lalu rendam tangan atau kaki Anda selama 30 menit, dua kali sehari.
  • Selain itu, jangan lupa minum 2 sampai 3 cangkir teh hitam setiap hari.
  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh adalah obat lain yang efektif untuk hiperhidrosis. Ini membantu dalam mengendalikan keringat berlebihan karena sifat astringent alami.

Plus, sifat antijamurnya bisa mengurangi risiko infeksi jamur akibat terlalu banyak uap air.

  • Tambahkan 4 atau 5 tetes minyak pohon teh ke semangkuk air hangat.
  • Celupkan bola kapas ke dalam larutan ini dan oleskan ke area yang terkena tubuh Anda.
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari.

Catatan: Sebelum mengoleskan minyak pohon teh pada kulit Anda, lakukanlah tes pada bagian kecil kulit. Hal ini penting karena beberapa orang mungkin sensitif terhadap minyak esensial ini.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui – Tanaman genjer dapat kita temukan pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *