Home / Gaya Hidup Sehat / Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif – Kebanyakan orang mengalami stres dari waktu ke waktu. Istilah ‘stres’ mengacu pada respons tubuh yang tidak spesifik terhadap tuntutan perubahan. Ada banyak tuntutan hidup yang bisa menimbulkan stres, terutama pekerjaan, hubungan dan masalah uang. Peristiwa traumatis juga dapat menyebabkan stres.

Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif
Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Efek fisik yang umum dari stres adalah sakit kepala, ketegangan otot atau nyeri, nyeri dada, kelelahan, sering buang air kecil, sakit perut dan sulit tidur . Diperlukan Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif.

Ini juga memiliki efek langsung pada suasana hati dan perilaku Anda, yang menyebabkan gejala seperti kegelisahan,kurangnya motivasi, mudah tersinggung, kemarahan, kesedihan dan depresi.

Stres bisa akut atau kronis. Terlalu banyak tekanan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, kegelisahan dan depresi, di antara masalah lainnya. Bahkan bisa mengurangi kenikmatan hidup seseorang pada umumnya.

Stres adalah bagian kehidupan yang tak terhindarkan, namun ada banyak cara mudah untuk mengatasinya. Dengan menjaga pandangan positif, membuat beberapa perubahan gaya hidup, mengonsumsi makanan sehat dan menggunakan beberapa solusi rumah sederhana, Anda dapat mengelola stres secara efektif.

Pengobatan rumah untuk mengatasi stres

Berikut adalah 10 pengobatan rumah untuk mengobati stres.

  1. Pernapasan
Pernafasan
Pernafasan

Pernapasan yang lambat dan dalam dapat membantu Anda mendinginkan diri dalam situasi yang penuh tekanan. Dengan pernapasan dalam, lebih banyak oksigen masuk ke dalam tubuh, yang memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran Anda . Cobalah, 15 sampai 30 menit lakukan pernapasan lambat dan dalam, pernapasan dalam setiap hari bisa membantu mencegah stres. Bahkan bisa membantu Anda berpikir lebih jernih, sehingga Anda bisa mengatasi stres dengan lebih mudah.

  • Bila Anda berada di bawah tekanan, duduk atau berbaring di tempat yang sepi dan nyaman.
  • Tutup mata Anda dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung sampai hitungan 5.
  • Tahan napas Anda selama 5 hitungan, lalu buang napas selama 5 hitungan.
  • Ulangi 5 atau 6 kali lagi atau sampai Anda tenang dan merasa rileks.
  1. Garam Epsom
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ingin Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up? Ini Rahasianya
Garam Epsom
Garam Epsom

Garam Epsom adalah obat yang berguna dan efektif untuk membantu Anda tenang saat berada dalam tekanan. Stres menyebabkan kadar magnesium rendah dalam tubuh dan meningkatkan kadar adrenalin.

Garam epsom mengandung magnesium tinggi, yang membantu meningkatkan kimia serotonin penguat mood di otak serta dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan relaksasi dan meredakan kecemasan, mudah tersinggung, insomnia dan irama jantung yang tidak normal. Sehingga Garam Epsom ini cocok digunakan sebagai Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif.

  • Tambahkan 1 cangkir garam Epsom dan beberapa tetes minyak esensial aromatik pilihan Anda untuk menghangatkan air mandi.
  • Aduk sampai rata, sampai butiran garam larut dalam air.
  • Berendam dalam air yang menyejukkan ini selama 20 menit.
  • Anda bisa menikmati bak mandi yang menenangkan ini 2 atau 3 kali seminggu.
  1. Teh Chamomile
Teh Chamomile
Teh Chamomile

Chamomile adalah ramuan yang efektif untuk mengurangi stres. Sifat menenangkan dan menenangkan memiliki efek sedatif pada sistem saraf pusat sehingga dapat membantu merilekskan otot, meredakan kecemasan dan meningkatkan tidur yang lebih baik .

  • Anda bisa minum sampai 4 cangkir teh chamomile setiap hari untuk melawan stres. Untuk membuat teh, tambahkan 2 sendok teh chamomile kering ke secangkir air panas. Tutup dan biarkan selama 10 menit. Saring, tambahkan madu mentah sesuai selera dan minumlah.
  • Anda juga bisa menambahkan bunga chamomile segar atau beberapa tetes minyak esensial chamomile untuk menghangatkan air mandi untuk merendam saraf yang menenangkan.
  • Anda bahkan bisa mengkonsumsi ramuan ini dalam bentuk suplemen. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan dosis yang tepat.
  1. Pijat

Pijat tubuh juga bekerja sebagai pereda stres bagi banyak orang. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, pijat membantu membuka saluran energi yang terblokir untuk mengurangi stres dan memperbaiki kesehatan secara keseluruhan.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Pola hidup sehat dan benar yang akan mengubah Gaya Hidup Anda

Pijat minyak hangat dari kaki, tangan, punggung dan kepala membantu melemaskan otot yang tegang, memperbaiki sirkulasi dan melawan kecemasan.

Untuk pijat, Anda bisa menggunakan wijen, olive atau coconut oil.

  • Gunakan sedikit minyak pilihan Anda.
  • Gunakan minyak hangat untuk memijat dahi, leher, bahu, punggung dan bawah kaki Anda.
  • Lalu, lakukan mandi hangat.
  • Pijat tubuh Anda setiap hari atau bila perlu untuk mengurangi stres.
  1. Daun kemangi
Daun Kemangi

Kemangi adalah ramuan tradisional yang bekerja sebagai agen anti-stres alami. Sebagai ramuan adaptogenik, ini meningkatkan respons alami tubuh terhadap stres fisik dan emosional. Plus, ini membantu tubuh berfungsi dengan baik selama masa stres.

Menurut sebuah penelitian tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, daun kemangi dapat melindungi dari perubahan pengekangan kronis akibat stres.

Minum Teh Kemangi untuk Mengurangi Stres Anda

  • Kunyah 10 sampai 12 daun kemangi segar dua kali sehari.
  • Anda bahkan bisa minum secangkir teh kemangi untuk mengurangi stres. Untuk membuat teh, masukkan 1 sendok makan daun kemangi segar ke dalam cangkir air mendidih. Tutup dan diamkan selama 5 menit. Saring, tambahkan madu mentah dan serap tehnya perlahan.
  1. Teh Hijau
Teh Hijau

Anda juga bisa menghilangkan stres Anda dengan secangkir teh hijau . Teh hijau mengandung L-Theanine, asam amino yang mempromosikan produksi gelombang otak alfa, yang dapat mengurangi stres, mendorong relaksasi dan memperbaiki fokus dan kewaspadaan mental.

Selain itu, asam amino ini memegang peranan penting dalam pengembangan gamma-aminobutyric acid (GABA), sebuah neurotransmiter yang mendorong relaksasi.

  • Tambahkan 2 sendok teh daun teh hijau ke secangkir air panas.
  • Tutup dan diamkan selama 5 menit.
  • Saring dan tambahkan beberapa jus lemon segar dan madu alami.
  • Anda bisa minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau sehari untuk mengurangi stres.
  1. Olaharaga
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Tradisional
Olahraga

Olahraga sebagai penghilang stres yang hebat, baik itu olahraga aerobik, intensitas sedang atau intensitas tinggi. Cara ini dapat membantu mengurangi hormon stres dan meningkatkan hormon “rasakan baik” di tubuh Anda. Selain itu, ini meningkatkan mood Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari kekhawatiran sehari-hari.

Cobalah meluangkan waktu untuk melakukan beberapa jenis latihan saat Anda mengalami stres. Anda bisa berjalan-jalan sebentar, berenang, menari atau main olahraga.

Anda juga bisa berlatih yoga untuk melawan stres. Yoga bekerja sebagai meditasi, yang membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Cara ini juga memperbaiki fokus Anda dan membantu Anda tetap tenang dan jelas dalam segala hal yang Anda lakukan.

  1. Vitamin B
Vitamin B
Vitamin B

Untuk mencegah stres dan memperbaiki mood Anda, mulailah meminum vitamin B. Vitamin B delapan – B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12 – berfungsi dengan baik di otak dan sistem saraf, serta membantu meningkatkan relaksasi dan melawan stres dan kelelahan.

Kekurangan vitamin B dalam tubuh bisa menyebabkan iritabilitas, depresi dan apatis. Jadi, saat Anda sedang stres, makan lebih banyak makanan kaya vitamin B.

  • Makan Makanan yang mengandung vitamin B tinggi seperti biji-bijian, kacang polong, kacang polong, kacang tanah, bayam, kangkung, gula merah, alpukat, kentang, pisang, kacang polong, telur dan produk susu.
  • Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis vitamin B yang dibutuhkan tubuh Anda.

Check Also

Cantik Alami Tanpa Make-Up

Ingin Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up? Ini Rahasianya

Ingin Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up? Ini Rahasianya…. Semua wanita pasti ingin tampil cantik. Banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *