Home / Pengobatan Alami / Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah bening

Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah bening

Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah bening

Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah bening – Kelenjar getah bening yang ditemukan di seluruh tubuh Anda, merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka membantu tubuh mengenali dan melawan kuman dan zat asing lainnya.

Area umum dimana kelenjar getah bening berada meliputi leher, di bawah rahang dan dagu, di belakang telinga, di bagian belakang kepala, ketiak dan selangkangan.

Bila kelenjar getah bening bengkak, dapat menyebabkan suatu masalah kesehatan yang biasa dikenal sebagai limfadenopati atau limfadenitis. Kelenjar getah bening yang bengkak bisa berkisar dari seukuran kacang polong sampai sel telur.

Kelenjar getah bening yang membengkak adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah di suatu tempat di tubuh Anda. Penyebab yang paling umum adalah infeksi, yang mencakup sakit gigi, infeksi telinga, flu biasa, campak, mononukleosis, radang amandel, radang gusi, dan infeksi kulit .

Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah beningGangguan imun atau autoimun tertentu, seperti rheumatoid arthritis, lupus dan HIV, juga dapat menyebabkan kelenjar getah bening bengkak. Terkadang, kanker dan obat tertentu juga menyebabkan masalah ini.

Selain bertambah besar, kelenjar getah bening bengkak bisa terasa nyeri dan nyeri . Bergantung pada penyebabnya, gejalanya mungkin termasuk pilek, sakit tenggorokan, demam, batuk, anggota badan bengkak, keringat malam dan kelelahan.

Pengobatan untuk limfadenitis tergantung pada penyebabnya. Dalam beberapa kasus, pembengkakan akan berkurang seiring berjalannya waktu. Anda juga dapat menggabungkan perubahan gaya hidup dan Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah bening yang membengkak.

Namun, jika pembengkakan berlangsung atau terus membesar lebih dari beberapa minggu, carilah bantuan medis atau dokter.

Berikut adalah 10 pengobatan rumah untuk Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah bening yang bengkak.

  1. Kompres hangat
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara pengobatan ini telah teruji dapat mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening adalah dengan metode kompres hangat. Suhu panas dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi pembengkakan sekaligus rasa sakit.

  • Celupkan kain atau lap ke dalam air panas dan peras kelebihan air.
  • Letakkan kain atau lap hangat di area kelenjar getah bening yang membengkak selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.
  • Ulangi cara ini beberapa kali sehari sampai bengkak hilang.
  • Anda bahkan bisa mencuci daerah bengkak dengan air hangat beberapa kali sehari.
  1. Pijat

Obat lain yang efektif adalah memijat kelenjar getah bening. Pijat merangsang kelenjar getah bening untuk membantu mereka berfungsi secara normal. Ini membantu mereda pembengkakan selama periode waktu tertentu.

  • Lakukan pijatan lembut kelenjar getah bening selama sekitar 5 menit. Lakukan metode ini 2 atau 3 kali sehari sampai pembengkakan hilang.
  • Anda juga bisa menyewa seorang profesional untuk memberi Anda pijat drainase getah bening.
  1. Air Garam

Kumur air garam dapat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher yang disebabkan oleh infeksi di tenggorokan.

  • Campur ½ sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat.
  • Berkumurlah dengan solusi ini untuk mendapatkan kelegaan.
  • Lakukan ini beberapa kali setiap hari selama sekitar satu minggu.
  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kelenjar getah bening. Makanan antibiotik ini juga membantu membersihkan sistem, memudahkan gejala dan meningkatkan penyembuhan.

  • Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah setiap hari. Sertakan bawang putih dalam masakan Anda juga.
  • Pijat area bengkak dengan minyak bawang putih selama beberapa menit, 2 atau 3 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, minumlah suplemen bawang putih setiap hari, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
  1. Cuka Apel
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Buah dan Sayur untuk Penderita Anemia agar hemoglobin normal

Cuka sari apel adalah obat rumah yang efektif untuk kelenjar getah bening yang membengkak. Ini membantu menciptakan lingkungan alkalin dan menjaga tingkat pH yang sehat di tubuh Anda.

Selain itu, sifat antibakterinya membantu melawan infeksi yang mungkin menyebabkan masalah ini.

  • Campurkan sejumlah cuka sari apel dan air dengan baik. Rendam kain lap di larutan dan oleskan di area bengkak. Tunggu 5 menit sebelum membilasnya dengan air hangat lalu tepuk kering. Ulangi sekali atau dua kali sehari.
  • Selain itu, campurkan 1 sendok makan cuka sari apel mentah dan sedikit madu asli di segelas air. Minumlah dua kali sehari.
  1. Madu

Madu adalah obat alami lain yang membantu mengobati kelenjar getah bening yang membesar. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu, sifat antibakterinya membantu melawan infeksi yang kemungkinan menyebabkan masalah ini.

  • Campur 1 sampai 2 sendok teh madu alami dan beberapa jus lemon segar di secangkir air. Minumlah dua kali sehari selama seminggu.
  • Oleskan beberapa madu mentah di area bengkak, biarkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari sampai bengkak mereda.
  1. Minyak Jarak

Anda juga bisa menggunakan minyak jarak, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik, untuk mengurangi pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Ini meningkatkan aliran getah bening ke seluruh tubuh, mempercepat pengangkatan racun. Ini membantu mengurangi ukuran kelenjar getah bening yang membengkak. Bahkan memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda .

  • Gosok perlahan beberapa minyak jarak yang ditekan di area yang membengkak selama 5 menit.
  • Letakkan kompres hangat di area ini selama 5 sampai 10 menit lagi.
  • Ulangi obat ini satu atau dua kali sehari selama seminggu.
  1. Kunyit
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes Zoster secara Alami

Ramuan terapeutik ini sangat efektif untuk menurunkan pembengkakan kelenjar getah bening yang membesar. Ini memiliki sifat anti-inflamasi serta analgesik yang membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. Bahkan bisa melawan infeksi dan mempermudah penyembuhan.

  • Campur 1 sendok makan bubuk kunyit dengan madu secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pada area bengkak, tunggu 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan herbal alami ini dua kali sehari selama sekitar satu minggu.
  • Minumlah segelas susu kunyit hangat dua kali sehari.
  • Pilihan lainnya adalah mengkonsumsi suplemen kunyit, setelah berkonsultasi dengan dokter.

Tips Tambahan

  • Istirahat yang cukup untuk membantu pemulihan.
  • Mandi air hangat atau shower dua kali sehari.
  • Minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari.
  • Hindari stres fisik dan mental.
  • Cobalah yoga, akupunktur, meditasi dan olahraga untuk melawan gejala.
  • Berhenti merokok sekaligus hindari asap rokok.
  • Berhenti minum alkohol karena bisa memperburuk kondisi Anda.
  • Ikuti diet sehat kaya vitamin C dan E, zat besi, kalsium, magnesium dan asam lemak omega-3.

Demikianlah informasi tentang Cara Mengobati pembengkakan kelenjar getah bening secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan Dokter Ahli Anda.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat – Pembengkakan gusi adalah masalah yang umum terjadi. Jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *