Home / Pengobatan Alami / Cara Mengobati Genital Herpes dengan Pengobatan Rumah

Cara Mengobati Genital Herpes dengan Pengobatan Rumah

Cara Mengobati Genital Herpes dengan Pengobatan Rumah

Cara Mengobati Genital Herpes – Genital herpes adalah penyakit menular seksual yang umum disebabkan oleh dua jenis virus: herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) dan herpes simpleks tipe 2 (HSV-2).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar satu dari enam orang berusia antara 14 dan 49 di Amerika Serikat memiliki herpes genital.

Infeksi semacam ini bisa menyerang siapa saja, tapi wanita memiliki risiko lebih tinggi daripada pria. Memiliki banyak pasangan seksual juga meningkatkan risiko infeksi ini.

Cara Mengobati Genital Herpes

Beberapa gejala umum herpes genital meliputi nyeri, gatal, benjolan merah kecil atau lepuhan putih kecil, luka di daerah genital dan buang air kecil yang menyakitkan. Gejala lainnya meliputi sakit kepala, nyeri pada tubuh dan demam.

Namun, beberapa orang memiliki herpes genital tanpa tanda atau gejala apapun. Untuk itu ada baiknya kita mencoba Cara Mengobati Genital Herpes yang dapat dilakukan di rumah ini.

Virus menular menyebar sebagian besar melalui kontak seksual. Setelah infeksi awal, virus mungkin tetap berada di tubuh dan dapat diaktifkan kembali setelah beberapa saat.

Sebenarnya, tanda dan gejala bisa kambuh lagi, bertahun-tahun. Kekambuhan umumnya tidak terlalu menyakitkan daripada infeksi pertama kali, dan luka biasanya sembuh lebih cepat.

Meskipun tidak ada obat untuk herpes genital, banyak pengobatan di rumah dapat mengurangi gejala dan mengurangi risiko menginfeksi orang lain.

Pengobatan Rumah untuk Genital Herpes

Berikut adalah 10 Cara Mengobati Genital Herpes.

  1. Kompres dingin

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal yang berhubungan dengan herpes genital adalah dengan menggunakan kompres dingin.

Suhu dingin membantu mengontrak pembuluh darah di bawah kulit, yang bermanfaat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Ini juga membantu mengecilkan ukuran luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Bungkus beberapa es batu dengan handuk tipis. Terapkan langsung di daerah yang terkena dampak selama 10 menit, beristirahat beberapa detik dari waktu ke waktu. Ulangi setiap 3 sampai 4 jam untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Pastikan Anda menggunakan handuk bersih setiap saat dan cuci handuk bekas dengan air panas.
  • Pilihan lainnya adalah dengan mendinginkan teh celup bekas di kulkas selama 30 menit dan oleskan pada area yang terkena. Tahan di tempat terinfeksi selama 10 sampai 15 menit. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.
  • Anda juga bisa mencuci daerah yang terkena dengan air dingin beberapa kali agar tetap bersih.
  1. Mandi Garam Epsom
Referensi Hidup Sehat Lainnya
6 Jenis Makanan Sehat yang Membantu Buang Air Besar Lebih Mudah

Mandi dengan garam Epsom dapat mempercepat penyembuhan luka atau lecet karena wabah herpes genital. Hal itu dilakukan agar dapat mengeringkan lepuh lebih cepat. Bisa juga meringankan rasa sakit dan mengurangi rasa gatal.

  • Isi bak mandi dengan air suam-suam kuku.
  • Tambahkan 1 sampai 2 cangkir garam Epsom.
  • Aduk air untuk memastikan garam larut sepenuhnya.
  • Rendam bagian bawah tubuh Anda dalam air ini selama 10 sampai 30 menit untuk penyerapan kulit maksimal.
  • Setelah selesai, keringkan area genital.
  • Gunakan obat ini 1 atau 2 kali seminggu saja.
  1. Minyak Kelapa

Potensi obat dan penyembuhan minyak kelapa menjadikannya obat alami yang baik. Minyak kelapa memiliki khasiat antioksidan dan anti-inflamasi.

Trigliserida rantai menengah, asam laurat dan kaprat memiliki efek antivirus, yang dapat menghancurkan virus yang menyebabkan infeksi ini. Minyak kelapa juga mengurangi gatal dan pembengkakan.

  • Oleskan minyak kelapa extra virgin ke daerah yang terkena sebelum tidur. Biarkan selama semalam, dan bilas area ini dengan air hangat suam-suam kuku keesokan paginya. Ulangi setiap hari
  • Sebagai alternatif, buat salep dengan mencampur minyak kelapa extra virgin dan madu asli yang cukup banyak. Oleskan pada area kulit dimana ada luka terbuka, 2 atau 3 kali sehari.
  • Selain itu, sertakan 2 sampai 3 sendok makan minyak kelapa extra-virgin dalam makanan harian Anda.
  1. Aloe Vera

Lidah buaya adalah agen antiviral alami yang bisa digunakan untuk mengobati semua jenis herpes.

Ini membantu menyembuhkan lesi sekaligus menghilangkan rasa sakit, radang dan gatal.

  • Bilas daun lidah buaya dan ekstrak gelnya.
  • Terapkan pada area yang terkena.
  • Biarkan kering dengan sendirinya.
  • Usap dengan lap yang direndam dalam air hangat.
  • Lakukan ini 3 atau 4 kali sehari selama beberapa hari.

Anda juga bisa minum jus lidah buaya sekali sehari untuk meningkatkan penyembuhan . Untuk menyiapkan jus, campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya segar bersama dengan 1 cangkir jeruk atau jus lainnya. Jangan minum lebih dari 2 sendok makan gel lidah buaya dalam sehari karena mungkin memiliki efek pencahar.

  1. Hidrogen Peroksida
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Makanan yang Baik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Hidrogen peroksida adalah obat rumah yang cukup populer untuk herpes genital.

Molekul oksigen tambahan dalam hidrogen peroksida bereaksi secara kimiawi dengan bakteri dan virus anaerobik (berbahaya) dan menghancurkannya. Bahan ini dapat mempercepat waktu penyembuhan.

  • Menggunakan bola kapas, oleskan hidrogen peroksida 3% pada area yang terkena. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air suam-suam kuku. Ulangi setiap beberapa jam selama beberapa hari.
  • Anda juga bisa menghancurkan tablet lisin, mencampurnya dengan hidrogen peroksida dan menerapkan pada area yang terkena. Bilas saja setelah 10 menit dengan air suam-suam kuku. Lakukan ini sekali sehari.
  1. Lisin

Lisin, asam amino, bisa membantu mempercepat penyembuhan herpes genital.

  • Ikuti diet tinggi lisin tapi rendah dalam arginin. Makan lebih banyak kacang, daging sapi, ikan, Buah-buahan, sayuran hijau dan yogurt.
  • Ambil suplemen. Anda dapat mengkonsumsi 3.000 sampai 9.000 mg lisin dalam proses penyembuhan dan 1.000 mg tiga kali sehari untuk mencegah penyakit ini kambuh. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen.

Catatan: Jika Anda memiliki kolesterol tinggi , penyakit jantung atau trigliserida tinggi, minum lisin hanya bisa dilakukan di bawah pengawasan dokter.

  1. Cuka Apel

Pengobatan lain yang efektif adalah cuka sari apel. Menjadi kaya akan khasiat antivirus, membantu menghancurkan virus yang bertanggung jawab atas infeksi ini.

Plus, sifat desinfektan, zat dan anti-inflamasinya membantu mengurangi keparahan gejala dan bahkan membantu mencegah kekambuhan.

  • Celupkan bola kapas ke dalam cuka sari apel yang mentah dan tidak disaring dan oleskan di daerah yang terkena. Ini akan sedikit perih. Lakukan ini 3 atau 4 kali sehari.
  • Selain itu, tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel mentah dan tidak disaring dan sedikit madu mentah sampai 1 gelas air. Minumlah dua kali sehari untuk membantu melawan infeksi.
  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa kimia yang memiliki khasiat antivirus. Allicin membantu menghancurkan virus yang bertanggung jawab atas wabah herpes dan dapat digunakan sebagai salah satu Cara Mengobati Genital Herpes.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
6 Cara Cepat Menyembuhkan Cacar Air dengan Bahan Alami

Bawang putih adalah sumber vitamin C yang kaya, yang merangsang produksi interferon, zat melawan virus alami.

  • Oleskan bawang putih mentah atau minyak bawang putih ke daerah yang terkena.
  • Biarkan untuk selama 15 menit. Akan ada sedikit sensasi terbakar pada awalnya, tapi dengan cepat akan hilang.
  • Bilas dengan air suam-suam kuku.
  • Ulangi prosesnya 2 kali sehari.

Juga, makan 1 atau 2 siung bawang putih yang dihancurkan setiap hari pada saat perut kosong memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda.

  1. Baking Soda

Pengobatan rumah untuk mengobati herpes genital berikutnya adalah baking soda.

Bahan rumah tangga yang umum ini sangat efektif untuk membantu mengeringkan herpes dan dapat meningkatkan penyembuhan lebih cepat. Baking soda juga membantu meringankan rasa gatal dan nyeri.

  • Celupkan bola kapas ke dalam air, lalu celupkan ke dalam baking soda.
  • Usap bola kapas pada luka Anda, pastikan luka itu benar-benar dilapisi dengan baking soda.
  • Biarkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.
  • Lakukan ini dua kali sehari.

Tips Tambahan

  • Dilarang melakukan aktivitas seksual atau menggunakan kondom lateks setiap kontak seksual. Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala apapun, Anda masih bisa menginfeksi orang lain dengan virus herpes.
  • Hindari memiliki banyak pasangan seksual.
  • Istirahat yang cukup saat menderita herpes untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Hindari mengerahkan diri Anda, seperti dengan berolahraga atau joging, saat Anda menderita wabah.
  • Mengelola stres dalam hidup Anda dapat membantu mempercepat waktu penyembuhan.
  • Pakailah pakaian longgar agar udara mudah meringankan kulit Anda. Hindari mengenakan pakaian sintetis atau sutra dan hanya memilih celana dalam berbahan katun.

Wanita yang hamil dan menderita herpes genital harus segera berkonsultasi dengan dokter mereka untuk mencegah agar virus tidak ditransmisikan ke bayi saat melahirkan.

Demikianlah info Cara Cara Mengobati Genital Herpes yang dapat dilakukan sendiri dirumah, semoga bermanfaat, jangan lupa selalu konsultasikan ke dokter ahli perkembangan penyakit Anda.

Check Also

Cara Mengobati Hidung tersumbat

Cara Mengobati Hidung tersumbat dengan Cepat dan Efektif

Cara Mengobati Hidung tersumbat dengan Cepat dan Efektif Hidung tersumbat bisa menyebalkan sekaligus tidak nyaman. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *