Home / Pengobatan Alami / Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami – Chikungunya menyebar seperti epidemi, dengan semakin banyak kasus dilaporkan setiap harinya.

Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan AlamiMenurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dunia, chikungunya adalah infeksi virus yang terutama disebarkan oleh nyamuk Aedes albopictus dan nyamuk Aedes aegypti.

Hal ini lazim di benia Asia dan Afrika termasuk di Indonesia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Gejala chikungunya mulai muncul tiga sampai tujuh hari setelah digigit nyamuk pembawa virus. Gejalanya bisa meliputi demam, nyeri sendi, bengkak sendi, sakit kepala, nyeri otot, ruam kulit, mual, muntah dan kelelahan.

Di antara semua gejala ini, nyeri sendi adalah salah satu yang paling menonjol dan menyakitkan. Pasien mungkin mengalami nyeri sendi yang ekstrem, yang hampir tak tertahankan dan bisa bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan lebih lama lagi.

Tidak ada obat untuk penyakit ini, dan efek sampingnya bisa sangat menyakitkan. Namun, ada beberapa pengobatan di rumah yang dianggap efektif dalam mengelola gejala chikungunya, terutama nyeri sendi.

Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami, berikut adalah 10 home remedies untuk chikungunya.

  1. Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi peradangan dan nyeri sendi akibat chikungunya.

Kompres dingin menawarkan efek mati rasa pada ujung saraf dan memperlambat aliran darah ke daerah tersebut, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

  • Ambil segenggam es batu dan hancurkan.
  • Bungkusnya dengan handuk tangan.
  • Pegang kompres di atas area yang sakit selama 3 sampai 5 menit.
  • Ulangi beberapa kali di siang hari sesuai kebutuhan.

Catatan: Jangan gunakan es langsung di kulit Anda. Bisa menyebabkan kerusakan jaringan.

  1. Pijat

Pijat adalah pengobatan sederhana dan alami lainnya untuk mengatasi nyeri sendi yang berhubungan dengan chikungunya.

Pijat melemaskan otot serta mengurangi pembengkakan dan kekakuan di daerah yang terkena. Selain itu, ini meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk memijat, Anda bisa menggunakan minyak jenis apapun, seperti olive, coconut, wijen atau mustard oil.

  • Oleskan beberapa minyak hangat pilihan Anda di daerah yang menyakitkan. Menggunakan kedua jempol Anda, tekan lembut selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sehari sampai rasa sakit mereda.
  • Pilihan lain adalah dengan sedikit menghangatkan minyak pilihan Anda dan tambahkan sedikit bubuk kayu manis untuk campurannya. Campur dengan baik dan pijat sendi yang sakit dengan lembut selama beberapa menit, gunakan 2 atau 3 kali sehari.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gejala Penyakit Chikungunya

Catatan: Pijatlah dengan lembut, karena stres tambahan bisa memperparah kondisi.

  1. Garam Epsom

Garam Epsom dapat meringankan rasa sakit. Magnesium sulfat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Selanjutnya, Air hangat dapat mendorong relaksasi dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

  • Campur 1 cangkir garam Epsom dan masukkan ke bak mandi yang berisi air suam-suam kuku. Rendam tubuh Anda dalam air yang menenangkan ini selama 15 menit. Nikmati mandi ini setiap hari.
  • Untuk nyeri, isi mangkuk dengan beberapa air hangat dan campurkan dalam 1 sendok makan garam Epsom. Rendam daerah yang terkena di dalamnya selama 5 menit. Lakukan 4 atau 5 kali sepanjang hari.
  1. Kunyit

Obat rumah lain yang sangat efektif untuk meringankan gejala chikungunya adalah kunyit. Kurkumin dalam kunyit bertindak sebagai antioksidan kuat dan agen anti-inflamasi untuk membantu mengatasi rasa sakit. Kunyit menjadi salah satu bahan utama sebagai Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami.

Sebuah studi tahun 2009 yang dipublikasikan di The International Journal of Biochemistry & Cell Biology menyoroti sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit pada kunyit.

  • Tambahkan ½ sendok kunyit ke segelas susu panas, dan campurkan dengan baik agar tercampur rata. Minumlah selagi masih hangat, gunakan dua kali sehari.
  • Anda juga dapat memilih untuk mengambil suplemen kurkumin, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda dengan dosis yang benar.
  1. Jahe

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit yang bisa membantu mengatasi rasa sakit dan peradangan yang dialami seseorang saat menderita chikungunya. Senyawa ampuh yang disebut jahe mengurangi rasa sakit.

Jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan merupakan ramuan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe dapat menjadi salah satu Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami

  • Minum teh jahe hingga 3 kali sehari. Untuk membuat teh , rebus 1 atau 1½ gelas air, tambahkan 5 atau 6 irisan jahe ke dalamnya dan biarkan mendidih selama 5 sampai 10 menit. Minumlah teh selagi masih hangat.
  • Selain itu, Anda bisa memijat daerah yang sakit dengan minyak jahe beberapa kali sehari.
  • Anda bisa memilih suplemen jahe 500 sampai 1.000 mg 3 atau 4 kali sehari, tapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
  1. Bawang putih
Referensi Hidup Sehat Lainnya
5 Cara Detoksifikasi Alami Yang Dapat Dilakukan Sekarang Juga

Obat rumah lain yang efektif untuk chikungunya adalah bawang putih. Yang kaya adalah khasiat antiinflamasi sekaligus antioksidan yang membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang menyerang tubuh Anda.

Kandungan belerang dan selenium pada bawang putih juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi. Selain itu, bawang putih mengurangi peradangan, sekaligus meningkatkan sirkulasi.

  • Pijat daerah yang sakit dengan minyak bawang putih buatan sendiri. Goreng 2 siung bawang putih cincang ditambah 2 sendok makan minyak wijen sampai siung bawang putih menjadi hitam. Keluarkan dari wajan dan biarkan minyak mendingin. Pijat daerah yang terkena dampak dengan minyak ini, dan biarkan selama beberapa jam sebelum mencucinya. Lakukan ini dua kali sehari.
  • Bawang putih mentah atau dimasak dalam makanan Anda, juga dapat kalian pertimbangkan untuk dikonsumsi sebagai suplemen bawang putih, tapi konsultasikan dulu dengan dokter Anda.
  1. Air Kelapa

Saat menderita chikungunya, tubuh Anda menjadi lemah dan kekurangan energi. Air kelapa, sumber karbohidrat yang baik, membantu mengangkat tingkat energi Anda. Selain itu, untuk pengobatan chikungunya, air kelapa membantu mempercepat penyembuhan dengan cara mendetoksifikasi hati.

Apalagi air kelapa memiliki efek alkalizing yang membantu mengembalikan pH yang sehat ke dalam tubuh dan juga mencegah dehidrasi, sehingga dapat menjadi Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami.

  • Minum 3 sampai 4 gelas air kelapa setiap hari. Selalu pilih air kelapa segar dan murni mendapatkan manfaat yang maksimal.
  1. Istirahat

WHO menganjurkan agar beristirahat dengan baik adalah salah satu cara terbaik untuk membantu tubuh Anda pulih lebih cepat dari virus ini. Istirahat akan membantu mengurangi rasa sakit dan radang, dan memberi tubuh Anda waktu yang dibutuhkan untuk sembuh.

  • Istirahat sebanyak mungkin dan mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan untuk mencegah kelelahan fisik.
  • Juga, pastikan Anda cukup tidur, agar tubuh bisa rileks dan pulih lebih cepat dari nyeri sendi.
  1. Latihan Aerobik

Latihan aerobik yang melibatkan gerakan peregangan dan gerakan lambat dapat membantu menghilangkan nyeri sendi yang berhubungan dengan chikungunya.

Istirahat, seperti yang disebutkan di atas itu penting. Tapi jika Anda tidak bergerak dan hanya duduk atau berbaring di satu tempat sepanjang waktu, persendian Anda akan menjadi kaku dan keadaan akan menjadi lebih buruk lagi. Dengan melakukan latihan peregangan ringan dan aerobik, Anda bisa pulih lebih cepat serta mengurangi rasa sakit.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
6 Obat Alami Kanker Serviks

Cobalah untuk berjjalan-jalan keliling rumah Anda. Berjalan adalah salah satu latihan aerobik dengan dampak rendah terbaik.

  1. Diet Alkali

Untuk mengurangi rasa sakit dan memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan, makanlah diet alkalin seimbang. Makanan alkali membantu menjaga tingkat pH tubuh yang tepat , yang penting untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Diet alkali untuk menyembuhkan chikungunya

  • Konsentrasikan pada makanan yang kaya vitamin C, yang berarti antioksidan tinggi.
  • Campur jus setengah lemon dalam secangkir air. Minumlah 2 atau 3 kali sehari untuk meningkatkan alkalinitas tubuh Anda.
  • Konsumsilah banyak sayuran berdaun hijau, yang kaya vitamin E dan kandungan zat besi.
  • Minum 3 atau 4 cangkir teh hijau setiap hari.
  • Hindari makanan hewani, gula, makanan olahan, minuman berkafein, alkohol dan biji-bijian halus.

Tips Tambahan

  • Jika memungkinkan, hindari bepergian ke tempat-tempat di mana ada berita tentang wabah chikungunya. Nyamuk menularkan virus dengan memberi makan orang yang terinfeksi dan menyebarkan virus saat mereka menggigit orang yang tidak terinfeksi.
  • Di daerah yang terkena chikungunya, hindari berjalan atau berada di luar setelah siang hari.
  • Kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang untuk melindungi tubuh Anda sebanyak mungkin untuk menghindari gigitan nyamuk. Selain itu, pilihlah pakaian berwarna terang.
  • Gunakan kelambu di malam hari untuk melindungi diri dari nyamuk saat tidur.
  • Jaga agar rumah Anda dan daerah sekitarnya bersih dan higienis. Simpan semua makanan dan air setiap saat. Jangan biarkan air yang tergenang terlalu lama.
  • Pemaparan harian sinar matahari pagi selama 10 menit juga menyembuhkan dan memberi energi saat Anda sedang sakit.
  • Arang aktif dapat diambil dalam bentuk tablet, kapsul atau bubuk untuk mengobati virus pembawa nyamuk. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang sesuai.
  • Krim capsaicin juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit.
  • Daun pepaya bisa dijadikan teh dan dikonsumsi 2 atau 3 kali sehari untuk melawan virus nyamuk.

Demikian info Cara Mengobati Chikungunya dengan Bahan Alami, semoga berguna buat kita semua.

Check Also

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat – Pembengkakan gusi adalah masalah yang umum terjadi. Jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *