Home / Pengobatan Alami / Cara Mengobati Alergi Makanan dengan Mudah dan Alami

Cara Mengobati Alergi Makanan dengan Mudah dan Alami

Cara Mengobati Alergi Makanan dengan Mudah

Cara Mengobati Alergi Makanan – Saat kita terkena alergi makanan, pastikan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk diagnosis dan mendapatkan perawatan yang tepat. Gunakanlah pengobatan rumahan sebagai pengobatan tambahan.

Alergi makanan mempengaruhi 4 sampai 6 persen anak-anak dan 4 persen orang dewasa setiap tahun, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Bila Anda menderita alergi makanan, sistem kekebalan Anda secara keliru mengidentifikasi makanan atau zat tertentu sebagai sesuatu yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Dalam menghadapi ancaman yang dirasakan tubuh, tubuh Anda melepaskan antibodi untuk menetralisir zat asing. Hal ini menyebabkan sejumlah gejala alergi.

Cara Mengobati Alergi Makanan
Cara Mengobati Alergi Makanan

Gejalanya bisa berkisar dari ringan hingga berat dan melibatkan kulit, saluran pencernaan, sistem kardiovaskular dan saluran pernafasan.

Anda bisa mengalami gejala seperti muntah, sakit perut, gatal-gatal, sesak napas, mengi, batuk berulang, ruam, pembengkakan bibir atau bagian tubuh lainnya, pilek dan pusing. Sebagian besar gejala terjadi dalam beberapa menit sampai satu jam setelah makan.

Sementara makanan apa saja dapat menyebabkan reaksi tubuh terhadap alergi, ada beberapa makanan umum yang menyebabkan reaksi alergi. Contohnya seperti  telur, susu, kacang tanah, kacang pohon, kerang, gandum, jagung, kedelai dan stroberi .

Siapapun bisa terkena alergi makanan. Faktor keturunan, faktor lingkungan, usia muda dan riwayat alergi makanan dapat membuat Anda berisiko tinggi. Kita harus segera mengetaui Cara Mengobati Alergi Makanan.

Alergi makanan harus Kita perhatikan dan Kita harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah reaksi dan mengobatinya saat terjadi. Untuk membantu mengobati gejala alergi dan bahkan menyembuhkan alergi, ada banyak pilihan bahan alami yang dapat membantu mengatasinya. Berikut ini Cara Mengobati Alergi Makanan secara alami.

Cara untuk mengobati alergi makanan

Referensi Hidup Sehat Lainnya
10 Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak

Berikut adalah 10 pengobatan rumah untuk mengobati alergi makanan.

  1. Hindari Makanan penyebab alergi

Hal terpenting agar kita dapat menghilangkan gejala alergi makanan adalah dengan mengidentifikasi makanan yang menyebabkan alergi dan tidak mengkonsumsinya sama sekali .

Untuk mengidentifikasi makanan penyebab alergi, tuliskan semua yang Anda makan atau minum dalam 2 sampai 3 hari sebelum gejala alergi muncul. Lalu, cari makanan yang baru dikonsumsi di tubuh Anda. Cobalah hindari makanan yang telah yang dianggap menyebabkan alergi dan jangan mengkonsumsinya lagi sampai keadaan membaik.

Setelah keadaan membaik, kalian bisa mencoba makan makanan yang menyebabkan alergi secara perlahan ke dalam makanan Anda. Jika makanan tersebut menyebabkan gejala alergi lagi, langkah yang terbaik adalah menghindari makanan tersebut.

Sebelum membeli makanan, baca labelnya dengan cermat untuk mengetahui terdapat atau tidak bahan yang dapat menyebabkan kalian alergi dan juga saat memesan makanan di restoran, tanyakanlah bahan dasar makanannya.

  1. Cuka Apel

Karena antihistamin dan khasiat bermanfaat lainnya, cuka sari apel dapat membantu melawan banyak gejala alergi makanan.

Cara ini dapat membantu mengembalikan beberapa nutrisi dalam tubuh , yang dapat mengatur respons kekebalan tubuh. Selain itu, membantu mengembalikan pH basa dalam tubuh.

  1. Tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel ke segelas air hangat.
  2. Campurkan 1 sendok teh madu dan jus lemon.
  3. Minumlah 2 atau 3 kali sehari ini sampai Anda merasa membaik.
  1. Makanan Probiotik

Untuk memudahkan gejala seperti sakit perut dan diare, makan lebih banyak makanan probiotik. Bahan alami ini mengandung sejumlah bakteri baik (lactobacilli) yang membantu memulihkan keseimbangan alami bakteri pada usus Anda dan dapat mengobati masalah pencernaan. Makanan semacam ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

  1. Berbicara soal makanan probiotik, pilihan terbaik adalah yogurt. Usahakan makan 2 sampai 3 cangkir yogurt murni dan tanpa pemanis setiap hari.
  2. Makanan probiotik baik lainnya adalah kefir, asinan kubis, miso, kimchi, tempe dan sebagainya. Sertakan 2 atau 3 makanan probiotik dalam makanan Anda selama 1 sampai 2 minggu.
  1. Jahe
Referensi Hidup Sehat Lainnya
6 Jenis Makanan Sehat yang Membantu Buang Air Besar Lebih Mudah

Jahe efektif untuk mengobati berbagai ketidaknyamanan gastrointestinal yang terkait dengan alergi makanan. Sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakterinya dapat mengurangi kejang pencernaan, mual, muntah, gangguan pencernaan serta diare.

  1. Minum 2 sampai 3 cangkir teh jahe. Untuk membuat teh , didihkan beberapa potong jahe dalam 2 gelas air mendidih selama 10 menit. Saring, tambahkan madu secukupnya dan minumlah teh hangat ini.
  2. Campurkan 1 sendok teh jus jahe yang baru diekstraksi dan madu. Minumlah campuran ini sebelum makan makanan Anda untuk memperbaiki pencernaan Anda.
  1. Lemon

Lemon adalah buah jeruk yang sangat baik yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah alergi makanan sekaligus mengobati gejalanya. Buah ini dapat bekerja sebagai produk antitoksin untuk membantu menyiram racun dari tubuh Anda. Ini juga membuat tubuh Anda menjadi normal.

  1. Tambahkan jus 1 lemon ke secangkir air hangat.
  2. Tambahkan madu dan aduk rata.
  3. Minumlah saat perut kosong pada pagi hari dan beberapa kali di siang hari.
  4. Lanjutkan setiap hari sampai gejalanya hilang.
  1. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu obat rumah terbaik untuk mengobati gejala perut yang terkait dengan alergi makanan. Selain itu, bahan alami ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antihistamin dan juga membantu sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda .

  1. Masukkan 1 sampai 2 sendok teh teh hijau berkualitas baik ke dalam cangkir dan tuangkan air panas ke atasnya.
  2. Tutup dan biarkan selama beberapa menit.
  3. Saring, lalu tambahkan sedikit madu dan lemon secukupnya.
  4. Minum 3 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari.
  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung quercetin, antihistamin alami yang sangat efektif untuk mengobati alergi makanan. Selain itu, sifat anti-inflamasi, antibiotik, dan antioksidannya akan membantu mengurangi gejala dan membantu pemulihan dengan cepat.

  1. Kunyah 2 sampai 3 siung bawang putih mentah setiap hari untuk mengatasi berbagai gejala.
  2. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen bawang putih setelah berkonsultasi dengan dokter.
  1. Minyak Jarak
Referensi Hidup Sehat Lainnya
10 Manfaat Daun Calincing Untuk Kesehatan Tubuh

Minyak jarak adalah pilihan pengobatan lain yang bermanfaat. Bahan alami ini dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan perut dari berbagai makanan yang kita konsumsi. Sehingga memudahkan mengatasi masalah gastrointestinal yang terkait dengan alergi makanan.

  1. Campur ½ sendok teh minyak jarak dalam segelas jus buah, jus sayuran atau air biasa.
  2. Minumlah saat perut kosong di pagi hari.
  3. Gunakan obat ini setiap hari selama beberapa hari sampai kondisinya membaik.
  1. Makan Makanan Kaya akan Vitamin C

Makanan vitamin C membantu memberikan manfaat antioksidan dan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga mencegah pembentukan histamin dan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

  1. Sertakan lebih banyak buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dalam makanan Anda. Beberapa sumber vitamin C yang baik adalah lemon, jeruk, brokoli, jeruk bali, kiwi, cabai rawit, stroberi, kecambah dan tomat. Namun, pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap salah satu buah dan sayur tersebut.
  2. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari, tapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Demikianlah info dari Kami tentang Cara Mengobati Alergi Makanan yang dapat dengan mudah dilakukan, semoga Anda terhindar dari alergi makanan.

Check Also

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat

Cara mengurangi pembengkakan gusi dengan Cepat – Pembengkakan gusi adalah masalah yang umum terjadi. Jaringan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *