Home / Gaya Hidup Sehat / Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional Tanpa Obat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional Tanpa Obat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional – Telat datang bulan atau menstruasi merupakan siklus keluarnya darah secara teratur dari rahim akibat proses ovulasi, dengan jangka waktu mengalami telat datang bulan selam 7 hari, siklus biasanya teratur. Telat datang bulan atau menstruasi biasanya di alami oleh seorang wanita yang telah mengalami masa pubertas. Namun bagaimana jika siklus menstruasi telat datang atau mengalami keterlambatan. Tentu saja akan membuat seorang wanita mengalami kekhawatiran dan merasa was-was kenapa datang bulan bisa mengalami telat.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional Tanpa Obat

Terlambat telat datang bulan tidak hanya dikarenakan proses dalam tubuh mengalami gangguan. Keterlambatan juga bisa di sebabkan karena wanita tersebut mengalami stress yang berlebihan, sehingga mendorong hormon yang memproduksi siklus menstruasi dengan lancar. Nah, untuk itulah Anda harus mengetahui Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional dengan menyimak ulasan berikut ini!

Nyaman saat haid tanpa Obat

Di bawah ini ada beberapa Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional yang wajib Anda ketahui. Adapun caranya diantaranya:

Memperhatikan Asupan Makanan

Cara mengatasi telat datang bulan selama beberapa bulan yang pertama dengan memperhatikan asupan makanan. Asupan makanan memang menjadi hal terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh. Asupan makanan yang dimaksut berupa asupan yang banyak mengandung nutrisi, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Makanan tersebut akan membuat nutrisi yang ada di dalamnya bisa memperlancar siklus menstruasi.

Melakukan Latihan Fisik

Cara yang selanjutnya dengan melakukan latihan fisik. Latihan fisik dilakukan dengan cara memberikan ruang kepada tubuh untuk lebih bergerak aktif dan juag melaksanakan latihan fisik. Dengan melakukan latihan fisik akan menjaga keseimbangan hormonnya serta dapat mengurangi stress sehingga datang bulan bisa menjadi lancar. Oleh karena itu, usahakan Anda untuk melakukan latihan fisik untuk menjaga kesehatan tubuh menjadi lebih baik dan siklus menstruasi menjadi lancar.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Bahaya Kolesterol yang wajib kita ketahui

Mengkonsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu obat herbal yang memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan minum jahe menggunakannya untuk membuat wedang juga bisa membuat seseorang yang meminumnya bisa dapat merasa tenang dan juga merasa lebih baik. Selain itu dengan mengkonsumsi jahe dengan mentah dapat memperlancar siklus menstruasi yang telat. Untuk itulah usahakan Anda untuk menggunakan jahe sebagai cara untuk memperlancar siklus telat datang bulan.

Mengkonsumsi Pare

Cara mengatasi telat datang bulan secara tradisional juga bisa dengan mengkonsumsi pare. Pare merupakan salah satu syauran yang memiliki rasa pait. Namun meskipun memiliki rasa pahit, pare banyak mengandung vitamin, zat seng, magnesium, folat, dan zat besi. Dengan banyaknya kandungan yang didalamnya tersebut tentunya akan sangat bisa membantu seseorang yang mengalami telat datang bulan. Caranya Anda bisa menggunakan pare dengan memasaknya dengan menumis.

Olahraga

Cara mengatasi telat datang bulan yang selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga. Olahraga memang menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan untuk mengatasi telat datang bulan. Sebab dengan melakukan olahraga dapat membuat tubuh akan selalu sehat dan juga fit. Dengan begitu, tak heran jika olahraga juga bisa membuat datang bulan bisa teratasi. Namun demikian, tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berlebihan dan mengeluarkan tenaga yang ekstra. Anda hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti yoga dan jogging. Yang dilakukan setiap hari.

Jauhi Stress

Salah satu penyebab haid mengalami keterlambatan yaitu stress. Stress yang berlebihan dapat membuat siklus haid juga akan terganggu. Dengan begitu, sangat disarankan untuk Anda menjauhi stress dan jangan biarkan Anda memiliki pikiran yang berlebihan. Sebab selain bisa menyebabkan keterlambatan haid, stress juga bisa memicu penyakit yang lainnya. Untuk mengatasi stress Anda bisa dengan berkumpul dengan keluarga atau pun bersama dengan teman-teman. Dengan demikian, Anda tidak akan memikirkan hal-hal yang bisa memicu Anda akan mengalami stress. Sehingga dengan menjauhi stress  bisa dilakukan untuk cara mengatasi telat datang bulan.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tanda-Tanda Penyakit Liver Yang Sudah Parah Yang Betul-Betul Harus Diketahui Dan Diwaspadai

Banyak Mengkonsumsi Buah

Cara mengatasi telat datang bulan yang selanjutnya yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah. Mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin dan juga gizi, tentunya akan membuat tubuh akan mengalami sistem metabolisme yang baik. Dengan begitu, tentunya berpengaruh terhadap siklus dari haid. Dengan demikian, Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin A, B, C, dan E. Buah yang sangat bagus yaitu buah pepaya dan buah jeruk. Caranya pun sangat mudah Anda bisa mengkonsumsinya lansung atau dengan menggunakannya sebagai jus. Konsumsilah dengan teratur, hingga siklus haid Anda tidak akan mengalami keterlambatan lagi.

Mengkonsumsi Jamu Kunyit Asam

Jamu menjadi salah satu cara yang banyak digunakan bagi para wanita untuk mengatasi beberapa penyakit. Salah  satunya yaitu dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam ini untuk dijadikan sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Sebab dalam ramuan tersebut dapat membuat siklus haid akan mengalami perbiakan dan bisa membuat siklus haid akan berjalan dengan lancar. Apalagi jamu ini juga bisa Anda buat dengan sangat mudah. Selain itu, mengkonsumsi jamu kunyit asam ini juga sangat baik untuk dikonsumsi meskipun Anda sedang haid. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan kunyit yang dihaluskan, dan beri sedikit asam jawa. Kemudian seduh di air hangat dan minum selagi hangat. Minum ramuan tersebut dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Mengurangi Aktivitas Yang Terlalu Padat

Salah satu penyebab dari telat datang bulan yaitu akibat aktivitas yang dilakukan. Jika tubuh mengalami kelelahan dipastikan tubuh juga akan merangsang dengan merespon sistem imun akan mengalami penurunan. Dengan begitu, tubuh akan sangat mudah terjangkiti penyakit dan akan menyebabkan siklus haid juga akan mengalami gangguan. Dengan demikian, sangat disarankan Anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan juga kesehatan kewanitaan Anda. dengan membatasi aktivitas yang berlebihan.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
10 makanan sehat yang wajib dikonsumsi wanita setiap hari

Mengkonsumsi Daun Alpukat

Cara mengatasi telat datang bulan yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi daun alpukat. Siapa sangka jika menggunakan daun alpukat bisa digunakan untuk mengatasi datang bulan. Akan tetapi, faktanya memang bisa dilakukan,  sebab daun alpukat mengandung senyawa yang mampu mengatasi siklus haid yang mengalami masalah. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa daun alpukat dengan air sekitar 2 gelas. Setelah itu didihkan hingga menyisakan air 1 gelas saja. Kemudian minum rebusan daun alpukat tersebut secara teratur. Usahakan setelah mengkonsumsi minuman tradisional ini Anda harus langsun istirahat ya. Hal ini wajib dilakukan agar performa tubuh Anda kembali normal dan haid pun bisa datang.

Oke, itulah tadi beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara tradisional yang bisa Anda coba. Tentunya jangan lakukan cara di atas jika Anda sedang dalam kondisi “hamil”. Kenapa demikian? Karena jika Anda melakukannya bisa jadi Anda mengalami keguguran. Selain itu, jika tidak keguguran nantinya janin Anda akan mengalami cacat. Semoga bermanfaat.

Check Also

Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *