Home / Gaya Hidup Sehat / Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Tradisional

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Tradisional

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar – Buang air besar atau BAB merupakan salah satu aktivitas biologis tubuh yang harus diperhatikan. Dalam hal ini tidak sedikit orang yang sering mengabaikan karena dianggap terlalu sepele. Padahal, jika kita kurang perhatian akan hal ini, bisa jadi kita terkena susah buang air besar atau akrab dikenal dengan semebelit.

Tentunya, ketika seseorang mengalami masalah susah buang besar, perut akan menjadi kembung dan akan terasa sakit. Lantas kalau sudah seperti ini harus bagaimana lagi? Memang ada banyak sekali cara mengatasi susah buang air besar yang kita lakukan. Namun alangkah lebih baik lagi jika kita memperhatikan pola aktivitas, pola konsumsi makan, dan juga waktu untuk buang air besar.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Nah jika Anda saat ini sedang mengalami masalah buang air besar, kami punya beberapa cara mengatasi susah buang besar yang bisa Anda coba. Beberapa cara di bawah ini merupakan cara tradisional sehingga aman untuk Anda coba. Selengkapnya simak uraian berikut ini!

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi susah buang air besar yang bisa Anda coba. Tentunya, beberapa cara di bawah ini sudah terbukti manjur mampu mengatasi sembelit yang terjadi. Adapun beberapa caranya ialah dengan:

Mengkonsumsi Buah Pepaya

Bukan lagi suatu rahasia jika dengan mengkonsumsi buah pepaya bisa digunakan untuk cara mengatasi susah buang air besar. Apalagi buah yang satu ini juga sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah. Sehingga kebanyakan orang menggunakan buah ini untuk dijadikan pelancar buang air besar. Kandungan serat yang tinggi dalam buah pepaya lah yang membuat kotoran yang ada didalam perut bisa keluar. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan pepaya, kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian makan dengan teratur.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Menu Sehat untuk Makan Malam, Pola Hidup Sehat

Mengkonsumsi Lemon

Selain mengkonsumsi pepaya, lemon juga bisa digunakan untuk cara mengatasi susah buang air besar. Apalagi buah lemon ini bisa merangsang sistem pencernaan. Selain itu, juga bisa mengeluarkan racun dan sisa makanan yang  belum bisa dicerna dalam usus besar. Sehingga dengan mengkonsumi buah lemon ini sangatlah tepat. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya memang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Caranya pun snagat mudah yaitu dengan menyiapkan satu buah lemon, kemudian peras. Dan campurkan perasan lemon dengan menggunakan satu gelas air hangat. Setelah itu, campurkan dan minum selagi hangat. Konsumsilah secara teratur, hingga Anda sudah bisa buang air besar dengan teratur.

Menggunakan Minyak Zaitun

Siapa yang tidak tahu dengan minyak zaitun. Minyak yang banyak digunakan untuk kecantikan ini, ternyata juga bisa digunakan untuk meredakan dan mengatasi segala penyakit. Kandungan anti inflamasi yang ada dalam minyak zaitun ternyata juga bisa digunakan untuk cara mengatasi susah buang air besar. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun dengan perasan jeruk nipis dengan menggunakan air hangat. Kemudian campurkan dan minum selagi hangat. Minum secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran merupakan salah satu cara yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi susah buang air besar. Apalagi sebagian besar sayuran mengandung serat yang baik untuk mengatasi buang air besar dan melancarkan sistem pencernaan. Namun demikian, Anda harus bisa memilih sayuran yang tepat untuk dikonsumsi. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi bayam dan jga wortel. Sehingga sangat disarankan Anda untuk mengkonsumsi sayuran tersebut.

Olahraga Dengan Teratur

Olahraga memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi beberapa penyakit. Dengan aktif bergerak tentunya akan membuat seluruh bagian tubuh akan selalu fit dan juga kekebalanya juga meningkat. Selain itu, dengan olahraga ternyata juga bisa melancarkan susah buang air besar. sebab dengan melakukan olahraga maka usus besar akan terangsang dan bergerak sehingga akan membuat buang air besar menjadi rutin. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda bisa melakukan olahraga yang menyenangkan yaitu dengan jogging atau bersepeda.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Menghindari Makan Terlalu Kenyang

Cara mengatasi susah buang air besar yang selanjutnya yaitu dengan menghindari makan terlalu kenyang. Makan terlalu kenyang ternyata juga bisa membuat usus besar akan merasa terbebani. Dengan begitu, usus besar akan mengalami perubahan dan merangsang dengan sulitnya buang air besar. dengan demikian, sangat disarankan Anda untuk makan dengan porsi secukupnya saja. Untuk menghindari susah buang air besar.

Minum Kopi

Cara mengatasi susah buang air besar juga bisa dilakukan dengan minum kopi. Mengkonsumsi kopi seakan menjadi salah satu kebutuhan penting untuk kebanyaka orang. Dengan mengkonsumsi kopi akan membuat seseorang akan merasa sangat nyaman. Akan tetapi, ternyata dengan mengkonsumsi kopi juga bisa digunakan untuk  mengatasi buang air besar. Caranya Anda hanya perlu mengkonsumsi kopi dengan teratur jika Anda mengalami susah buang air besar. Hal ini bisa terjadi karena kopi memiliki sifat asam yang mampu memicu atau merangsang tubuh kita untuk buang air besar. Namun sangat kami sarankan jika Anda memiliki riwayat sakit magh atau tifus, agar mengkonsumsi kopi sesuai takaran.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih secara seimbang juga sangat diperlukan agar aktivitas buang air besar berjalan dengan lancar. Hal ini mengingat air yang kita konsumsi bisa membuat proses berubahnya makanan menjadi feses bisa berjalan dengan lancar. Hal ini bisa Anda jumpai ketika Anda buang air besar dan feses yang keluar sangat lunak namun tetap menggumpal. Jika feses Anda keras dan sulit untuk keluar, bisa jadi ketika proses pembentukan feses kurang adanya serat, bakteri pembusukan, dan juga air.

Usahakan Buang Air Besar Ketika Pagi

Sudah menjadi kebiasaan yang umum dan menyehatkan ketika kita bangun tidur dan melakukan buang air besar. Hal ini normal adanya. Namun jika Anda jarang atau tidak pernah melakukannya, mulai sekarang sangat kami anjurkan untuk rutin melakukan BAB di pagi hari. Hal ini mengingat ketika kita tidur pada malam harinya, maka organ perut khususnya usus akan melakukan pembusukan pada makanan yang kita konsumsi agar siap dikeluarkan di pagi harinya. Nah sekarang coba Anda bayangkan jika Anda tidak melakukan BAB di pagi hari? Tentu hal ini akan menyebabkan kotoran atau feses akan menumpuk dan bisa membuat Anda kesulitan untuk BAB selanjutnya.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anda

Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Cara mengatasi susah buang air besar yang paling manjur ialah dengan mengkonsumsi serat sesuai kadarnya. Usahakan ketika Anda melakukan sarapan atau makan siang dan makan malam, haruslah disertai dengan sayuran atau buah yang memiliki kandungan serat melimpah. Adapun beberap buah yang memiliki kandungan serat melimpah ialah pepaya, mangga, apel, dan juga buah pir.

Itulah tadi cara mengatasi susah buang air besar yang bisa Anda coba. Jika dirasa Anda sudah melakukan cara di atas namun tetap mengalami susah buang air besar, maka segeralah mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena bisa jadi Anda terkena penyakit organ pencernaan seperti kanker usus. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Check Also

Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif

Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang Efektif Cara Mengobati Stress dengan Cara Alami yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *