Home / Gaya Hidup Sehat / Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara mengatasi rambut rontok memang gampang-gampang susah. Pasalnya, setiap orang mempunyai karakteristik rambut yang berbeda. Meskipun gampang-gampang susah, dengan ulasan artikel ini, Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik untuk mengatasi persoalan tersebut.

Kerontokan rambut merupakan momok yang menakutkan bagi kaum wanita. Segala upaya pun akan dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut walaupun memakan biaya yang cukup mahal. Namun dengan artikel ini Anda akan dapat mengetahui cara merawat rambut yang efektif dan murah. Apa sajakah kira-kira? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok secara alami

  1. Memanfaatkan Lidah buaya

Salah satu khasiat lidah buaya untuk rambut adalah dapat mengatasi masalah rontok berlebihan yang Anda alami. Dengan kandungan protein dan asam-asam amino pada lidah buaya, dapat memberikan nutrisi yang sangat baik dalam menstimulasi pertumbuhan rambut Anda. Selain itu, vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam lidah buaya dapat mempertahankan kesegaran rambut Anda sepanjang hari.

Fungsi lidah buaya untuk rambut yang tidak kalah pentingnya adalah dapat menghilangkan ketombe membandel. Ketombe dapat muncul sebagai akibat dari cuaca yang panas serta polusi udara yang kotor, sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi kotor dan kering. Dikenal sebagai kondisioner alami, lidah buaya dapat menjaga kelembaban rambut Anda meskipun padat beraktifitas sepanjang hari. Sehingga rambut menjadi lembab dan kotoran tidak mudah masuk ke bagian kulit kepala.

Cara memakai lidah buaya untuk rambut sangatlah sederhana. Anda hanya cukup dengan memotong lidah buaya, kemudian mengoleskan gel yang dihasilkan ke rambut Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan ekstrak lemon dalam suatu wadah. Kemudian oleskan campuran tersebut ke rambut Anda hingga menempel kulit kepala dan didiamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukanlah seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam menumbuhkan rambut.

  1. Menggunakan minyak zaitun
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ingin Tampil Cantik Alami Tanpa Make-Up? Ini Rahasianya

Asam-asam lemak seperti oleat, palmitat dan squalene dapat memberikan kelembutan pada rambut dan memiliki sifat fungisida untuk kulit kepala Anda. Selain itu, kandungan vitamin K dan E pada minyak zaitun dapat memberikan nutrisi yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut Anda. Sama halnya dengan menyembuhkan kulit yang terluka, vitamin E pada rambut pun dapat merangsang pertumbuhan rambut karena memiliki sifat regenerasi yang tinggi, sehingga dapat mencegah kerontokan.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaiman cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun, Anda dapat menambahkan ekstrak buah lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menakar minyak zaitun dan ektrak buah lemon sebanyak 2 sendok teh serta diaduk secara merata dalam suatu wadah. Kemudian pijat perlahan-lahan pada kulit kepala dan diamkan selama 20 menit agar meresap. Setelah itu bilaslah dengan air bersih.

  1. Menggunakan tea tree oil

Manfaat tea tree oil untuk rambut sangatlah banyak, antara lain yaitu dapat mengatasi rambut rontok, berketombe, kusam, dan kusut. Tea tree oil memiliki sifat antimikroba, antioksidan, antijamur dan antiinflamasi sehingga dapat membuat kulit kepala menjadi bersih tak berketombe serta memberikan efek yang menenangkan pada diri Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan kejadian menggaruk-garuk kepala yang dapat menyebabkan lecet akibat keberadaan ketombe tersebut.

Cara memperbaiki rambut rusak dengan tea tree oil adalah dengan mencampurkannya bersama minyak pembawa, salah satunya adalah minyak kelapa. Sama-sama memiliki sifat melembabkan dan merangsang pertumbuhan rambut secara cepat, perpaduan kedua bahan tersebut sangatlah tepat untuk memperbaiki masalah kerusakan rambut Anda. Pijat perlahan pada rambut dan diamkan selama 15 menit, kemudia bilas dengan air hangat untuk memberikan efek yang menenangkan di kepala Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat melakukannya 3 kali dalam seminggu.

  1. Memanfaatkan Daun Seledri
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ciri-Ciri Radang Usus, Ayo Jaga Pencernaan Kita

Terlepas dari bahan sayur-sayuran, daun seledri memiliki manfaat yang sangat melimpah untuk rambut Anda. Manfaat tersebut antara lain yaitu dapat membuat rambut menjadi hitam berkilau, tidak kusut, bebas ketombe, dan bagi Anda yang memiliki rambut keriting, dengan menggunakan daun seledri ini dapat meluruskan rambut Anda tanpa melakukan rebonding karena memiliki kandungan vitamin A, C, E, protein nabati, serta asam-asam amino esensial dan berbagai macam mineral

Cara memperbaiki rambut rusak yang Anda alami dengan daun seledri adalah dengan mencucinya terlebih dahulu dengan air bersih, kemudian tumbuklah hingga halus. Untuk membuat rambut Anda menjadi hitam berkilau, tidak berketombe, tidak kering, dan mudah disisir, Anda dapat menambahkan minyak zaitun dan sari lemon agar mendapatkan hasil yang maksimal. Oleskan dan pijatkan perlahan pada kulit kepala Anda selam 20 menit. Lakukanlah 2 kali dalam seminggu.

  1. Memanfatkan kemiri

Kemiri merupakan salah satu bumbu yang memiliki kandungan minyak sebesar 70%. Dilengkapi dengan kandungan mineral seperti zat besi (Fe), kalsium (Ca), dan Kalium (K) dapat dijadikan salah satu cara mengatasi rambut rontok yang Anda alami. Ekstrak minyak kemiri ini biasanya digunakan oleh ibu-ibu untuk mempercapat pertumbuhan rambut pada bayi. Begitu pula industri perlengkapan bayi yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai bahan untuk produk shampoo mereka.

Cara menggunakan minyak kemiri sangatlah mudah. Sangrailah terlebih dahulu kemiri yang telah disiapkan, kemudian haluskan hingga minyaknya keluar dan oleskan secara merata pada seluruh permukan rambut Anda, termasuk bagian kulit kepala. Diamkan selama 30 menit untu mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila Anda ingin menggunakan cara yang sederhana, Anda dapat membeli minyak kemiri yag tersedia di toko.

  1. Menggunaka santan
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Hindari Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Santan merupakan hasil dari perasan buah kelapa yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin B yang dapt memperbaiki struktur kulit kepala Anda dan dapat merawa rambut Anda tetap berkilau, lebat, dan tidak mudah berketombe. Santan pun mengandung minyak yang dapat memberikan efek melembabkan rambut.

Cara memperbaiki rambut rusak dengan santan adalah dengan membersihkan rambut Anda terlebih dahulu dan siapkanlah satu gelas perasan air kelapa. Oleskan merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala kemudian tunggu hingga 30 menit agar terserap dengan baik. Bilas dengan air hangat untuk menciptakan efek yang menenangkan serta gunakanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  1. Yoghurt

Produk olahan susu ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok. Dengan kandungan kalsium (Ca), probiotik bakteri asam laktat, rotein yang tinggi serta glukosa yang terdapat pada yoghurt dapat menjaga dan merawat kesehatan rambut Anda. Bagaimana tidak? Bakteri asam laktat pada yoghurt merupakan bakteri yang baik dan dapat memerangi bakteri jahat yang terdapat pada rambut Anda.

Cara menggunakan yoghurt cukup sederhana. Anda hanya perlu mengoleskan yoghurt hingga merata pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Tekanlah pelan-pelan pada kulit kepala Anda. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, tunggulah hingga 30 menit agar terserap maksimal oleh kulit kepala.

Nah, kira-kira begitulah cara mengatasi rambut rontok secara alami yang mudah dan murah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mempraktekannya.

Check Also

Menu Sehat untuk Makan Malam

Menu Sehat untuk Makan Malam, Pola Hidup Sehat

Menu Sehat untuk Makan Malam Menu Sehat untuk Makan Malam – Ваnуаk оrаng уаng sеdаng …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *