Home / Pengobatan Alami / Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Tepat Tanpa Efek Samping

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Tepat Tanpa Efek Samping

Cara Mengatasi Gusi Bengkak – Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang selalu digunakan hampir setiap saat. Dalam hal ini, ketika seseorang jarang atau mengabaikan kesehatan gigi, tentu akan berdampak juga pada menurunnya kesehatan gusi mereka. Alhasil kebanyakan orang yang jarang melakukan perawatan gigi mereka lebih mudah terkena sakit gusi bengkak.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Tepat Tanpa Efek Samping

Gusi bengkak sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang ditandai dengan pembesaran pada bagian gusi. Adapun beberapa penyebab terjadinya gusi bengkak selain kurangnya perawatan pada kesehatan mulut ialah adanya plak pada gigi yang menumpuk. Selain itu, infeksi virus, kehamilan, dan kurang gizi juga termasuk sebagai salah satu penyebab terjadinya gusi bengkak.

Jika Anda saat ini sedang mengalami masalah gusi bengkak, tentu hal ini cukup mengganggu aktivitas Anda bukan? Untuk itu Anda memerlukan cara mengatasi gusi bengkak dengan cepat. Nah bagi Anda yang ingin tahu cara mengatasi gusi bengkak dengan tepat dan tradisional, mungkin beberapa cara ini bisa Anda coba!

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Tradisional

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara tradisional yang bisa Anda coba. Tentunya cara di bawah ini sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan Anda. Serta, cara di bawah ini sudah terbukti mampu menyembuhkan gusi bengkak kurang dari 2 hari. Adapun beberapa caranya ialah:

Melakukan Kumur-Kumur Dengan Air Garam

Gusi bengkak, pastinya mengganggu kegiatan Anda bukan? Hal ini dikarenakan rasa sakitnya yang tak terelakkan. Bahkan, Anda akan lebih memilih tidur dirumah dari pada melakukan kegiatan dan aktifitas setiap harinya. Maka dari itu kami memberikan solusinya salah satunya adalah dengan melakukan kumur-kumur menggunakan air garam yang hangat.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Banyak masyarakat jaman dahulu mencoba cara mengatasi gusi bengkak dengan ini, dan hasilnya sangat mencengangkan. Mereka sembuh dengan hanya berkumur selama beberapa hari saja. Bahkan bengkak yang berada di sekitaran gusi akan mengecil dengan sendirinya. Ini sangat membuktikan jika kandungan pada garam ternyata mampu meredahkan gusi bengkak.

Bagi Ana yang ingin mencoba, cara mengatasinya tersebut dengan ini  tak menjadi masalah. Karena sangat aman dan tanpa efek samping, bahkan dokter pun sering menyarankannya Cukup berkumur selama 30 – 60 detik saja dalam sehari dan berkali-kali maka Anda akan segera pulih.

Mengompresnya Dengan Air Dingin

Salah satu cara mengatasi gusi bengkak yang selanjutnya adalah dengan mengompresnya dengan air dingin. Cara yang satu ini sudah dipercaya sejak dahulu jika air dingin mampu meredahkan rasa sakit pada gusi yang mengalami pembengkakan. Bahkan tak hanya itu, dengan mengompres dengan air dingin maupun es batu makan gusi yang bengkak akan mengecil begitu saja.

Nah, untuk melakukan pengompresan, Anda hanya membutuhkan es batu yang berbentuk butiran saja. Lalu, masukkan es batu tersebut pada handuk yang digunakan untuk mengompres. Gunakan handuk tersebut sebagai alat pengompresan untuk gusi yang bengkak. Anda bisa menempelkan handuk tersebut pada pipi Anda yang terlihat membengkak. Dengan melakukan secara rutin, maka Anda bisa membuat gusi bengkak tersebut meredah begitu saja.

Dengan Menggunakan Daun Sirih

Seperti yang telah ketahui, jika daun sirih sangatalah berkhasiat untuk mengatasi gangguan penyakit yang ada.salah antiseptik adalah mampu mengatasi gusi Anda yang mengalami pembengkakan. Disini daun sirih sangat berfungsi sebagai antiseptik agar gusi yang bengkak tidak mengalami peradangan.

Untuk cara mengatasi gusi bengkak menggunakan daun sirih ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakannya sebagai obat kumur dan juga ramuan untuk di minum. Tinggal, siapkan saja  7 lembar daun sirih yang segar, lalu sedikit kunyit dan garam. Campurkan bahan-bahan tersebut pada  air  yang sebelumnya telah di rebus. Biarkan hingga airnya mendidih hingga tersisi setengahnya saja. Lalu, dinginkan ramuan tersebut dan saringlah , karena mengingat yang di gunakan hanya air rebusan saja. Nah, air rebusan itulah yang nantinya Anda gunakan sebagai kumur-kumur dan juga di minum setiap harinya. Maka dengan ini dapat dipastikan Anda akan sembuh dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Kanker Serviks Yang Paling Ampuh

Dengan Berkumur Menggunakan Air Lemon

Cara mengatasi gusi bengkak selanjutnya adalah dengan menggunakan perasan air lemon. Seperti yang kita ketahui, jika lemon mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.  Maka dari itu jangan heran jika lemon ini juga dapat mengatasi berbagai gangguan pada tubuh salah satunya adalah gusi bengkak ini.

Dalam melakukan pengobatan dengan menggunakan air lemon ini sangatlah mudah Anda hanya membutuhkan 1/5 buah lemon saja. Lalu, peraslah buah lemon tersebut  dan campurkan dengan air secukupnya. Gunakan air ramuan tersebut sebagai cairan untuk berkumur-kumur. Dengan melakukannya 2 – 3 kali dalam sehari, maka gusi bengkak yang Anda derita akan meredah begitu saja.

Menggunakan Asam Jawa

Apakah Anda tahu dengan asam jawa? Yah, salah satu rempah dapur ini ternyata memiliki khasiat tersendiri untuk mengatasi gusi yang bengkak. Untuk cara mengatasi gusi bengkak dengan asam jawa ini sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa biji asam jawa saja. lalu, sangrailah biji asam tersebut dan setelahnya haluskan sangraian hingga menjadi bubuk. Nah, bubuk itulah yang bisa Anda oleskan ke gusi yang bengkak. Dalam mengoleskannya Anda bisa menggunakan gosok gigi.

Kurangi Merokok

Siapa sangka, rupanya merokok juga termasuk sebagai salah satu penyebab gusi bengkak. Dalam hal ini, asap rokok dan racun yang terdapat pada filter rokok rupanya mampu membuat gusi kita mengalami iritasi. Dilain sis, gusi dan gigi merupakan organ yang bisa bersentuhan langsung dengan zat berbahaya tersebut. Untuk itu, jika Anda saat ini mengalami gusi bengkak maka sangat kami sarankan agar mengurangi konsumsi rokok atau jika perlu Anda berhenti merokok.

Konsumsi Sayur

Cara mengatasi gusi bengkak selanjutnya ialah dengan mengkonsumsi sayuran. Dalam hal ini, sayuran memiliki beberapa zat aktif yang mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab terjadinya gusi bengkak. Beberapa jenisa sayuran yang bisa Anda konsumsi misalnya seperti kangkung, bayam, daun pepaya, dan juga paprika.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Sehat

Konsumsi Buah

Cara mengatasi gusi bengkak juga bisa Anda lakukan dengan cara rutin mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan juga memiliki beberapa zat anti bakteri yang mampu membuat kuman dan bakteri di gigi hilang seketika. Tentunya, Anda juga harus mencukupi kebutuhan kesehatan gigi dengan cara sikat gigi pagi dan malam hari. Selain itu gunakan benang gigi untuk mendapatkan mulut bersih tanpa kuman.

Itulah beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara tradisional yang bisa Anda coba. Melihat beberapa cara di atas sangat mudah dilakukan, tentu kami yakin gusi bengkak Anda akan segera sembuh jika Anda telaten dalam mengatasinya. Namun jika gusi bengkak Anda bertambah parah kian hari, sangat kami anjurkan untuk berobat ke dokter spesialis gigi agar mendapatkan penangan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Check Also

10 Manfaat Daun Calincing Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Daun Calincing Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Khasiat Mengagumkan Daun Calincing Untuk Kesehatan – Daun calincing banyak tumbuh di daerah pegunungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *