Home / Pengobatan Alami / Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena SensitifCara mengatasi gigi ngilu sangat diperlukan bagi Anda yang mengalami gigi sensitif. Gigi ngilu biasa terjadi pada Anda saat mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Gigi ngilu tersebut sering kali disebut sebagai gigi sensitif. Gigi ngilu sendiri terjadi karena adanya beberapa faktor, misalnya gigi berlubang, proses mengunyah atau baru saja ditambal. Beberapa jenis pasta gigi sekarang sudah banyak berguna untuk mengatasi gigi sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan di mana mereka mengalami gigi yang tiba – tiba terasa ngilu. Bahkan saat Anda sedang menikmati es yang dingin, atau mengunyah coklat atau makan makanan yang panas. Rasa ngilu yang terjadi begitu tajam dan menusuk. Bisa dikatakan ada sesuatu yang tidak beres pada gigi Anda. Terutama pada bagian email gigi Anda yang mengalami kerusakan sehingga saat Anda mengunyah makanan jenis tertentu, Anda mengalami gigi ngilu atau gigi sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif

Faktor utama adanya gigi ngilu karena gigi sensitif adalah adanya penipisan email gigi sehingga lapisan tengah gigi terbuka. Di dalam gigi tersebut terdapat lapisan penghubung saraf yang bernama tebula dan dipenuhi dengan cairan. Maka dari itu, saat lapisan tengah gigi terbuka ketika Anda mengonsumsi makanan panas, dingin, manis dan asam akan mengenai cairan pada ujung saraf. Pergerakan akan cairan tersebut bisa mengenai ujung saraf yang menimbulkan gigi ngilu.

Dalam Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Penyebab gigi sensitif

Sebelum Anda mengetahui Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif, ada beberapa faktor penyebab dari gigi sensitif yang perlu Anda ketahui selain yang disebutkan di atas, di antaranya :

  1. Produk pemutih atau pasta gigi
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Manfaat Kapur Sirih Untuk Kesehatan Yang Wajib diketahui

Beberapa jenis produk dari pasta gigi dengan kandungan bahan baking soda dan peroksida bisa menyebabkan masalah gigi sensitif timbul. Namun gigi sensitif yang terjadi biasanya akan bersifat sementara dan bisa sembuh dengan penghentian pemakaian produk tersebut.

  1. Menyikat gigi yang terlalu keras

Perlu Anda ketahui bahwa menggosok gigi dengan terlalu keras dan menggunakan bulu sikat gigi yang kasar bisa merusak email gigi dan membuat lapisan tengah gigi menjadi terbuka. Di samping itu, menggosok gigi yang terlalu keras juga bisa membuat gusi berdarah atau terluka.

  1. Adanya penyusutan gusi

Akar gigi atau dentin yang berhubungan langsung ke pusat saraf biasanya terlindungi oleh lapisan gusi. Namun saat jaringan pelindung tersebut mengalami penyusutan, bagian gigi yang sensitif bisa terbuka. Hal itulah yang menyebabkan adanya gigi sensitif. Penyusutan pada gusi juga bisa disebabkan karena kegiatan menggosok gigi yang terlalu keras.

  1. Sering mengonsumsi makanan yang terlalu asam

Makanan dengan kandungan asam yang tinggi bisa menyebabkan pengikisan email pada gigi. Perlu Anda ketahui bahwa email gigi bertugas melindungi akar gigi dan dentin. Sehingga jika mengalami pengikisan bisa menyebabkan gigi sensitif. Terutama bagi Anda yang memang menderita gigi sensitif, mengonsumsi makanan yang asam bisa menyebabkan gigi semakin ngilu.

  1. Adanya pembusukan pada gigi

Sama halnya dengan gigi yang patah, pembusukan yang terjadi pada gigi bisa menyebabkan gigi mengalami keropos atau berlubang. Sehingga lapisan lunak di bawahnya bisa terjadi iritasi dan tentu saja gigi ngilu atau gigi sensitif.

Tips mengatasi gigi ngilu karena sensitif

  1. Susu sapi

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif yang pertama adalah dengan menggunakan susu sapi. Siapa yang tidak kenal dengan jenis minuman yang satu ini? Susu sapi selain memiliki rasa yang nikmat, susu sapi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama tulang dan gigi. Susu sapi sendiri memiliki kandungan akan ion fosfat, flouride dan kalsium. Kandungan tersebut sangat baik dalam mengatasi dan memperbaiki email gigi yang telah rusak. Seperti yang Anda ketahui sebelumnya bahwa penyebab gigi sensitif adalah email gigi yang terkikis atau rusak. Maka dari itu, mengonsumsi susu sapi setiap hari sebelum tidur merupakan solusi jitu dalam mengatasi email gigi yang menipis atau rusak. Namun sangat tidak dianjurkan mengonsumsi susu sapi dalam kemasan. Hal tersebut dikarenakan adanya tambahan pemanis di dalamnya yang akan membuat gigi berlubang. Anda bisa mengonsumsi susu sapi murni yang tidak ada kandungan pemanis dalam mengobati gigi sensitif Anda.

  1. Minyak cengkeh
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ini Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Minyak cengkeh adalah pengobatan tradisional yang cukup ampuh sebagai salah satu cara mengatasi gigi ngilu karena gigi sensitif, terutama bagi Anda yang telah mengalami gigi berlubang. Minyak cengkeh sendiri dipercaya memiliki kandungan akan antioksidan yang bisa mengatasi ngilu karena gigi sensitif. Anda bisa langsung meminum minyak cengkeh untuk mengatasi gigi ngilu. Sebab minyak cengkeh memiliki rasa yang tawar dan aman.

  1. Es batu

Cara mengatasi gigi ngilu bisa Anda dapatkan dengan cepat jika mengompresnya menggunakan es batu. Efek dingin yang ditimbulkan oleh es batu akan menenangkan saraf Anda secara alami dan bisa menghilangkan rasa sakit yang Anda alami. Cara menggunakannya, cukup dengan membungkus es batu dengan handuk kemudian tempelkan pada bagian luar yang terasa ngilu.

  1. Bawang putih

Satu lagi jenis bumbu dapur yang ampuh dalam mengatasi gigi ngilu karena sensitif, yakni bawang putih. Bawang putih sendiri memiliki sifat antiseptik yang baik dalam membunuh segala jenis kuman yang bisa menyebabkan radang pada gigi Anda. Cara mengatasi gigi ngilu dengan bawang putih cukup mudah. Anda cukup menumbuk 2 hingga 3 siung bawang putih hingga halus. Setelah itu, tempelkan tumbukan bawang putih tersebut pada area gigi Anda yang sakit kurang lebih 10 menit. Kemudian kumur dengan menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

  1. Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi gigi ngilu. Garam sudah digunakan secara turun menurun untuk mengobati gigi yang ngilu. Hal tersebut dikarenakan garam memiliki kandungan yodium yang tinggi dan ampuh dalam mengatasi rasa nyeri atau ngilu pada gigi. Bahkan dengan garam juga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi, jika digunakan dengan rutin. Cara penggunaannya cukup mudah, larutkan 3 hingga 4 sendok pada segelas air hangat. Setelah itu gunakan untuk berkumur selama satu menit.

  1. Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Kanker Serviks Yang Paling Ampuh

Saat ini banyak sekali jenis produk pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi tersebut memang dirancang sebagai salah satu cara mengatasi gigi ngilu. Ciri yang dari pasta gigi khusus gigi sensitif adalah tidak memiliki busa yang banyak.

  1. Menghindari beberapa jenis makanan tertentu

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif yang selanjutnya adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Cara tersebut sangat efektif agar gigi ngilu tidak kambuh lagi. Beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari adalah makanan dingin, panas dan makanan manis.

Demikian beberapa Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Sensitif. Cara tersebut sangat mudah dilakukan dan bahannya bisa didapat dengan mudah di rumah Anda.

Jangan lupa baca juga tips kami yang lain :

  1. Tips Cara Mengatasi Rambut Mengembang Secara Alami
  2. Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami

Check Also

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan – Sering kita mendapati daun lidah ayam di depan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *