Home / Gaya Hidup Sehat / Cara mencegah kanker payudara sejak dini agar terhindar dari Kanker

Cara mencegah kanker payudara sejak dini agar terhindar dari Kanker

Cara mencegah kanker payudara sejak dini

Cara mencegah kanker payudara sejak dini adalah dengan menjaga pola hidup sehat yaitu mengkonsumsi banyak buah-buahan, rutin berolahraga dan menghindari minuman beralkohol. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang sangat umum terjadi pada wanita. Bahkan belakangan, kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian terbesar pada wanita. Sebagian wanita mungkin tidak aware terhadap hal ini, oleh karenanya mereka cenderung menerapkan gaya hidup yang salah sehingga akan sangat mudah terkena kanker payudara. Oleh karena itu, pedulilah terhadap kondisi dan keadaan payudara Anda sejak dini agar terhindar dari berbagai resiko terkena kanker payudara.

Sama halnya dengan penyakit lainnya, kanker payudara juga memiliki beberapa faktor penyebab. Kebanyakan dari faktor tersebut adalah faktor yang tidak bisa dihindari seperti faktor genetik, usia dan faktor kehamilan. Namun sebenarnya faktor-faktor tersebut masih bisa diminimalisir selama Anda menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga dan menjaga pola hidup Anda dengan melakukan kegiatan dan aktivitas yg dikatakan sebagai Cara mencegah kanker payudara.

Cara mencegah kanker payudara

Faktor penyebab kanker payudara

  1. Genetik

Faktor genetik merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam resiko terkena penyakit kanker payudara. Faktor genetik menyumbang sebanyak 5 hingga 10% resiko terkena kanker payudara. Namun, kebanyakan wanita yang telah menderita kanker payudara tidak berasal dari keluarga yang telah menderita kanker payudara sebelumnya. Ini berarti masih ada kemungkinan yang cukup besar bagi Anda yang memiliki keturunan kanker payudara untuk tidak terkena resiko tersebut.

  1. Usia

Wanita yang memiliki usia semakin tua maka semakin tinggi pula resiko terkena kanker payudara. Terutama pada wanita yang sudah mengalami menstruasi ketika umurnya berada di bawah umur 12 tahun dan manepouse di umur 51 tahun. Mereka akan memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena kanker payudara dibanding wanita lainnya.

  1. Kehamilan
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ciri-Ciri Radang Usus, Ayo Jaga Pencernaan Kita

Wanita yang baru pertama kali hamil pada usia diatas 30 tahun dan melahirkan ketika umurnya diatas 35 tahun memiliki resiko yang cukup tinggi untuk terkena kanker payudara. Oleh karena itu, sejak dini sebaiknya Anda memprogram kehamilan sebelum umur 30 tahun. Usahkanlah untuk melahirkan dibawah umur 35 tahun agar terhindar dari resiko terkena kanker payudara.

  1. Faktor penyebab lainnya

Selain ketiga faktor penyebab tersebut diatas, ada beberapa faktor lainnya yang juga merupakan salah satu faktor penyebab kanker payudara. Faktor tersebut diantaranya sudah pernah menderita kanker payudara sebelumnya, pernah mengalami kanker pada ovarium, memiliki payudara yang berjaringan padat atau pada masa kanak-kanak pernah terkena paparan sinar radiasi di bagian dada.

Mencegah kanker payudara

Meskipun faktor-faktor diatas merupakan jenis faktor yang hampir tidak dapat dihindari sama sekali. Dimana setiap wanita pernah hamil dan usianya terus bertambah setiap waktu. Dan wanita juga tidak bisa memilih dari keturunan mana dia dilahirkan. Namun sebagai wanita Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah resiko terkena kanker payudara. Hal-hal yang dapat dilakukan diantaranya seperti dibawah ini.

  1. Menjaga perubahan berat badan

Berat badan memiliki kaitan yang sangat erat dan kanker payudara. Dimana wanita yang mengalami pertambahan kenaikan berat badan hingga obesitas setelah manepause memiliki kemungkinan sebanyak 30% hingga 60% untuk terkena kanker payudara. Sedangkan wanita yang mengalami obesitas sebelum masa manepause memiliki kemungkinan sebanyak 20% hingga 40% terkena kanker payudara. Melihat hal tersebut, menjadikan menjaga berat badan tetap pada kondisi ideal menjadi sangat penting.

  1. Menjaga asupan makanan

Makanan berlemak seperti daging, mentega, sosis dan makanan berlemak lainnya merupakan jenis makanan yang perlu dihindari untuk mencegah resiko terkena kanker payudara. Usahakanlah untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya. Banyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan dan kurangi untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat yang mengandung banyak lemak.

  1. Rutin berolahraga
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

Wanita yang fisiknya aktif memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena kanker payudara. Namun sebaliknya, wanita dengan keadaan fisik yang tidak aktif dan jarang berolahraga akan memiliki resiko yang lebih besar. Minimal lakukanlah kegiatan olahraga satu minggu sekali selama 2 jam 30 menit. Jenis olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat cukup dengan bersepeda atau jalan cepat.

  1. Kurangi kebiasaan merokok

Menghentikan kebiasaan merokok  secara sekaligus memang tidak mudah, oleh karena itu mulailah untuk menguranginya sedikit demi-sedikit sejak sekarang. Wanita yang pernah merokok namun sudah berhenti memiliki resiko terkena kanker payudara sebanyak 13%. Resiko yang lebih besar tentunya akan dialami oleh wanita yang masih merokok, yaitu sebanyak 24%. Wanita yang sebelum kehamilan pertama masih terus merokok resiko bertambah sebanyak 21% yaitu menjadi 45%. Hal tersebut juga akan sama dialami wanita yang sudah merokok sejak usia dini. Oleh karena itu, mulai sekarang kurangilah kebiasaan merokok yang tidak baik bagi kesehatan.

  1. Hindari minuman beralkohol

Wanita yang terbiasa minum satu gelas minuman beralkohol setiap harinya memiliki resiko terkena kanker payudara sebesar 10% hingga 12%. Semakin banyak minuman beralkohol yang dikonsumsi maka resiko terkena kanker payudara pun semakin bertambah. Alkohol memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan hormon dalam darah. Hindarilah minuman beralkohol agar terhindar dari resiko terkena kanker payudara yang mematikan.

  1. Menyusui secara teratur

Susuilah bayi Anda secara teratur. Meskipun penurunan resikonya kecil hanya sekitar 4% namun hal ini akan sangat membantu Anda untuk terhindar dari resiko terkena kanker payudara.

  1. Menghindari paparan sinar radiasi

Cara mencegah kanker payudara berikutnya adalah menghindari paparan sinar matahari langsung. Ada beberapa keadaan dimana Anda harus terkena paparan sinar matahari dan tidak dapat menghindarinya. Misalnya ketika Anda harus melakukan CT Scan, bekerja di sarana medis yang menggunakan sinar radiasi, asap kendaraan lain sebagainya. Sebisa mungkin hindarilah untuk terlalu sering terkena sinar radiasi terutama pada bagian dada karena hal tersebut dapat menyebabkan Anda memiliki resiko terkena kanker payudara.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Hindari Gaya Hidup Yang Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Pada intinya jika ingin terhindar dari kanker payudara tarapkanlah pola hidup sehat, banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta rutin berolahraga. Akan lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena tidak semua kanker payudara dapat diobati. Beberapa wanita bahkan mengalami kematian karena kanker payudara. Jika bisa disembuhkan sekalipun, masa penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit. Jika sudah sembuh, kanker payudara juga memiliki kemungkinan untuk kambuh kembali. Jika tidak ingin mengalami hal yang demikian sebagai wanita, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan payudara. Pekalah terhadap setiap perubahan yang terjadi pada tubuh. Jika merasakan nyeri yang tidak berkesudahan pada bagian payudara segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Meskipun tidak mengalami gejala yang demikian ada baiknya juga jika Anda memeriksakan payudara. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melakukan pengecekan kondisi payudara dan memastikannya dalam keadaan sehat. Tidak perlu merasa khawatir atau malu untuk memeriksakan payudara. Pemeriksaan payudara juga dilakukan sebagai Cara mencegah kanker payudara.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Agar Senantiasa Sehat

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Manusia dibekali Tuhan untuk menunjang kehidupan sehari – harinya dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *