Home / Gaya Hidup Sehat / Cara Menambah Tinggi Badan dengan Mudah

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Mudah

Berbicara tentang tinggi badan, manusia memiliki berbagai macam tinggi badan sehingga ada yang terlihat tinggi dan anda yang terlihat kurang tinggi. Tinggi badan juga mempengaruhi penampilan yang anda miliki. Oleh karena itu, tinggi badan biasanya akan mempengaruhi kepercayaan diri ataupun bisa dijadikan sebagai satu syarat untuk lolos tes. Jika anda yang minder dengan tinggi badan anda, maka akan disajikan untuk anda cara menambah tinggi badan sehingga anda tidak lagi minder dengan penampilan yang anda miliki lagi.

Cara menambah tinggi badan

Untuk meningkatkan tinggi badan terdapat berbagai macam faktor sehingga anda bisa menggunakan faktor tersebut untuk mencoba meningkatkan tinggi badan. Pada umumnya, tinggi badan setiap manusia bisa diusahakan sejak kecil. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki pertumbuhan hingga mencapai tahap tertentu. Namun jika anda masih ingin meninggikan badan anda di usia yang sekarang, maka inilah beberapa cara meningkatkan tinggi badan secara alami yang anda miliki.

7 Cara Menambah Tinggi Badan

Saat masa pertumbuhan, akan ada masa dimana manusia akan terus tumbuh tinggi hingga mencapai batasnya.

Untuk pertumbuhan tinggi pada pria dimulai dari umur 11 tahun dan puncaknya pada umur 13 tahun. Sedangkan untuk wanita, pertumbuhan tinggi dimulai sejak umur 9 tahun dan puncaknya pada umur 12 tahun.

Bagi anda yang sudah tidak berada umur untuk pertumbuhan tinggi, maka tetap bisa menggunakan solusi untuk meninggikan badan anda. Ini dia cara yang bisa anda gunakan,

  1. Olahraga

Cara yang satu ini mudah dilakukan dan mudah pula untuk dilaksanakan. Olahraga merupakan olah tubuh dengan menggunakan berbagai macam gerakan. Olahraga juga bisa meningkatkan tinggi anda sehingga anda bisa mencobanya. Salah satu contoh olahraga yang bisa anda lakukan adalah seperti sepak bola ataupun basket. Kedua olahraga ini memerlukan gerakan kaki yang lebih banyak dibandingkan dengan gerakan tangan sehingga hal ini akan memicu pertumbuhan tinggi badan.

Tidak hanya kedua olahraga tersebut, olahraga seperti berenang, lari, lompat tali, mengendarai sepeda dan lain – lain bisa anda lakukan. Lakukan olahraga ini secara rutin agar anda bisa meningkatkan tinggi badan anda. Semakin banyak usaha anda maka untuk mencapai tinggi badan semakin tinggi.

Berenang sebagai Cara menambah tinggi badan

Kemudian anda bisa juga melakukan olahraga yang dikhususkan untuk meningkatkan tinggi anda dengan olahraga khusus. Susunlah gerakan yang memicu pertumbuhan badan seperti skipping dengan total 100 kali, lalu latihan menendang, bergelantungan, dan lain – lain. Jika anda memiliki cukup banyak dana, maka anda bisa menggunakan latihan fitness untuk meningkatkan tinggi badan.

  1. Tidur yang cukup

Ternyata tidur memiliki andil yang cukup besar dalam pertumbuhan tinggi. anda hanya perlu melakukan tidur secukupnya. Oleh karena itu anda jangan tidur terlalu larut malam sehingga anda bisa meningkatkan tinggi badan anda. Cara menambah tinggi badan termasuk mudah untuk dilakukan namun pengaplikasiannya cukup sulit.

Alasan utama mengapa anda harus tidur cukup dikarenakan adanya hormon pertumbuhan atau HGH yang berproduksi saat anda tidur. Oleh karena itu disarankan tidur secukupnya agar anda bisa mendapatkan tinggi badan yang anda inginkan. Tentu saja cara ini perlu dikombinasikan dengan cara – cara lainnya.

  1. Minum Susu berkalsium

Tinggi badan tergantung juga pada pertumbuhan tulang. Anda bisa memanfaatkan vitamin D untuk meningkatkan tinggi badan. Berhubung vitamin D bisa didapatkan dari mineral yang bernama kalsium, maka susu adalah jawaban anda untuk meningkatkan tinggi badan. Mulailah secara teratur meminum dua kali sehari untuk meningkatkan pertumbuhan tulang anda. Sesuaikan jadwal meminum susu berkalsium tinggi sehingga anda bisa memaksimalkan cara menambah tinggi badan. Sebagai contoh minumlah susu kalsium tinggi saat akan tidur sehingga anda memaksimalkan cara meninggikan badan. Jika anda kombinasikan pula dengan olahraga yang teratur maka anda akan semakin cepat tubuh anda menjadi tinggi.

  1. Makan yang sehat dan bergizi

Berbicara soal makan, maka ini adalah kebutuhan yang wajib terpenuhi oleh tubuh. Makan berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anda. Tentu saja, salah satu pertumbuhan yang dimaksud adalah tinggi badan. Jika tadi tekah dijelaskan untuk mengonsumsi susu berkalsium, maka ada saatnya anda memenuhi vitamin D lewat bahan pangan. Berhenti untuk makan makanan seperti junk food sehingga makanan anda tidak hanya untuk meningkatkan masa lemak anda.

Sebagai contoh makanan yang memiliki tinggi kalsium atau tinggi vitamin D seperti susu, bayam, kubis, jamur, ikan, brokoli, dan lain – lain. Anda bisa mencari olahan bahan pangan yang anda sukai sehingga anda tidak bisa mengonsumsi makanan yang biasa saja. Selain vitamin D, makan makanan yang berprotein tinggi juga bisa membantu anda dalam meningkatkan tinggi badan anda. Contoh makanan yang berprotein tinggi adalah kacang kedelai, ikan , daging sapi, telur, dan lain – lain.

  1. Rajin minum air mineral

Meminum air merupakan suatu kewajiban karena tubuh membutuhkan air untuk hidup. Pemenuhan minum air minimal 8 gelas sehari. Sangat jelas jika air mineral memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi yang dapat membantu anda untuk meningkatkan tinggi anda. Sangat jelas jika anda mengonsumsinya secara rutin jelas mendapatkan berbagai macam keuntungan untuk tubuh anda. selain tinggi badan yang anda dapatkan tentu saja anda akan sehat.

  1. Menjaga posisi tubuh

Hal ini juga sepele dilakukan namun pengaplikasiannya cukup susah juga. Posisi tubuh juga salah satu indikator anda terlihat tinggi. bisa jadi sebenarnya anda cukup tinggi, namun posisi tubuh anda yang sedikit membungkuk menyebabkan anda terlihat tidak tinggi.

Adapun beberapa cara untuk mencegah agar anda tidak terlihat membungkuk seperti menjaga posisi anda saat duduk, menulis, ataupun berjalan. Kemudian jangan memberikan beban yang terlalu banyak pada punggung anda sehingga anda tidak terlihat membungkuk ke belakang. Posisi tubuh bisa anda perbaiki dengan menghindari kebiasaan anda yang kurang baik sehingga menyebabkan anda kurang tinggi.

  1. Menghentikan kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan

Cara menambah tinggi badan merupakan cara terakhir yang bisa anda lakukan. Jangan melakukan kebiasaan – kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan. Jika kesehatan yang anda memburuk, hal tersebut juga akan mempengaruhi hormon peninggi badan anda.

Hal – hal buruk yang memicu kurang baiknya kesehatan adalah mengonsumsi junk food, minum alkohol, merokok, dan lain – lain. Disarankan pula untuk anda agar mengurangi menggunakan suplemen peninggi badan karena kandungan steroid pada suplemen dapat menghambat pertumbuhan. Hindari juga kafein yang berlebihan karena kafein juga menyebabkan sulit tidur sehingga menghambat pula pertumbuhan yang dimiliki oleh anda.

Telah dijelaskan secara gamblang bagaimana cara menambah tinggi badan yang bisa anda gunakan. Hal tersebut mudah anda lakukan jika anda telaten dan rajin untuk melakukannya. Kapan lagi kalau bukan sekarang anda coba untuk mempraktekkan cara meninggikan badan. Usaha yang anda lakukan tidak akan sia – sia jika anda melakukannya dengan maksimal.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Secara Tradisional

Check Also

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *