Home / Gaya Hidup Sehat / Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Ampuh – Siapa yang tak mau mempunyai gigi yang putih dan sehat? Sudah barang tentu semua orang mendambakannya, akan tetapi ada bermacam faktor yang dapat membuat gigi menjadi kuning dan hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Gigi berkilau dan putih dapat menjadikan senyum dan penampilan tampak menarik. Dari penelitian American Dental Association (ADA) yang mengikut serakan beberapa reaponden, 87% dari mereka mengungkapkan bila mereka merasa senang ketika melihat orang lain senyum terlebih bila mereka mempunyai gigi yang putih.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Walaupun perubahan warna gigi susah untuk dihindari, namun ada cara untuk mengatasi masalah ini. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk memutihkan gigi secara cepat di klinik kecantikan dan kesehatan. Namun, bila anda tidak mempunyai cukup uang untuk memutihkan gigi di klinik kecantikan atau kesehatan, cara dibawah ini dapat anda lakukan guna membantu memutihkan gigi, antara lain sebagai berikut :

  1. Arang kayu

Hal ini mungkin cukup asing di telinga anda karena arang memiliki warna yang hitam. Ternyata arang memiliki kandungan senyawa aktif karbon yang mampu mengikis noda di enamel gigi secara cepat. Tetapi, arang jangan dipakai untuk perawatan gigi secara rutin. Caranya yaitu, Tumbuk arang kayu sampai menjadi bubuk dan campur sedikit air, kemudian oleskanlah di area gigi sekitar 5 menit. Selanjutnya berkumurlah memakai air hangat hingga bersih. Gunakanlah cara ini sebanyak 2 bulan sekali saja, anda akan melihat perubahan yang signifikan pada gigi anda.

  1. Siwak

Siwak yang di kenal untuk memutihkan gigi yaitu bagian dahan atau pohonnya. Siwak sudah lama dipakai sebagai bahan alami guna memelihara keputihan dan kebersihan gigi. Sebuah penelitian arkeologis mengungkapkan bila siwak sudah dipakai dari zaman peradaban Mesir kuno. Caranya yaitu, pakailah siwak yang mempunyai tekstur lembut, yaitu pada bagian akar atau batangnya. Haluskanlah siwak tersebut hingga menjadi bubuk, lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta dan oleskanlah pasta tersebut di area gigi sampai merata. Terakhir berkumurlah menggunakan air hingga bersih. Lakukanlah perawatan ini 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

  1. Baking soda
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tips Agar Selalu Merasa Segar Dan Bugar di Pagi Hari

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang dipercaya mampu memutihkan gigi. Akan tetapi perlu di ingat, pemakaian baking soda yang berlebihan justru bisa merusak gigi. Oleh karena itu, pakailah baking soda paling tidak 1 atau 2 bulan sekali. Caranya yaitu, campurlah 2 sendok makan baking soda bersama 1 sendok air, lalu aduk hingga menyerupai pasta. Setelah itu oleskan pasta di area  gigi dan diamkan selama 3 menit. Terakhir berkumurlah menggunakan air hangat sampai bersih.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak nabati dari daging kelapa dan mempunyai  lemak yang dikenal unik karena memiliki banyak manfaat, hal ini karena semua lemak tersebut berasal dari MCTs (Medium Chain Triglycerides). Caranya yaitu, sediakan 1 sdm minyak kelapa, lalu oleskan pada gigi hingga merata dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya berkumurlah menggunakan air bersih.

  1. Garam Dan Lemon

Lemon dan garam adalah campuran yang ampuh untuk mengatasi warna gigi yang kuning. Garam adalah pengelupas alami yang dapat dipakai untuk mengikis noda di gigi, sedangkan lemon memiliki kandungan asam yang mampu melunturkan noda di lapisan enamel gigi. Caranya yaitu, Campurkan beberapa tetes lemon dan  1 sendok teh garam, lalu gosokkan ramuan ini pada gigi dan biarkan selama 5 menit. Terakhir berkumurlah menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

  1. Strawberry

Strawberry kaya akan vitamin C dan asam ellagic yang mampu untuk memutihkan gigi. Beberapa selebriti hollywood banyak yang memanfaatkan strawberry untuk memutihkan gigi mereka. Efek putih yang diperoleh dari strawberry ini bisa didapatkan dalam waktu yang relatif singkat. Caranya yaitu, anda dapat langsung menggosokannya pada gigi lalu diamkan sekitar 5 menit. Setelah itu, berkumurlah menggunakan air hangat. Lakukanlah cara ini sebanyak 2 kali seminggu.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Demikianlah artikel cara memutihkan gigi secara alami kali ini. Pakailah salah satu saja dari beberapa tips diatas dan tunggulah perubahannya selama beberapa minggu. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *